KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Garudaku Sayang, Garudaku Malang

Posted: 29 Dec 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia menilai membanggakan permainan dan pencapaian kesebelasan nasional di Piala AFF 2010. Namun, ada juga yang mengaku kecewa.

Indonesia menutup Piala AFF 2010 sebagai runner-up, setelah kalah agregat 2-4 (0-3, 2-1) dari Malaysia di babak final, 26 dan 29 Desember 2010.

Pada pertandingan leg kedua, Indonesia berpeluang unggul lebih dulu ketika mendapat hadiah penalti, menyusul handsball  Mohd Sabre bin Mat Abu pada menit ke-18. Firman Utina yang dipercaya mengeksekusi bola mengirimnya secara akurat ke sudut kiri bawah gawang. Sayang, tendangan terlalu lemah sehingga bola mudah ditangkap Khairul Fahmi.

 Masalah itu belum selesai ketika Malaysia malah mampu unggul 1-0 berkat gol Mohd Safee pada menit ke-54. Dalam sebuah serangan balik, Safee berhasil menguasai sebuah umpan terobosan dan menggiringnya melewati duo Maman dan Hamka sebelum melepaskan tendangan keras dari tengah kotak penalti, yang mendesak jaring dalam gawang Markus Horison.

Indonesia akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1, berkat gol Muhammad Nasuha (menit ke-73) dan Muhammad Ridwan (85). 

Menurut Agung, meski gagal juara, Indonesia pantas dibanggakan karena menunjukkan semangat juang untuk bangkit, setelah terpukul kegagalan penalti Firman dan gol Safee.

"Saya kecewa banget, Mbak, awalnya saat melakukan tendangan penalti itu gagal. Saya kecewa sama Firman. Tadi itu banyak kesempatan, tapi finishing-nya enggak bagus," kata seorang suporter, Agung. 

Kecewa yang mendalam juga dirasakan Tamam, Toni, dan dua rekannya yang datang ke Jakarta dari hari Jumat ( 24/12/2010 ). Berbeda dari Agung, Temam hanya kepada hasil akhir, bukan kepada kinerja tim nasional.

"Saya sama teman-teman datang jauh-jauh dari Gresik, kepengennya Indonesia juara. Saya kecewanya waktu pertandingan di Malaysia kemarin. Itu membuat down. Saya bangga kok dengan permainan timnas sepanjang AFF," ucap Tamam.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Rajagopal: Jika Penalti Firman Gol, maka...

Posted: 29 Dec 2010 04:57 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Malaysia, Krishnasamy Rajagopal, menilai timnya belum tentu bisa menjuarai Piala AFF 2010, jika kapten Indonesia, Firman Utina, berhasil mengeksekusi penalti pada leg kedua final Piala AFF 2010, di Gelora Bung Karno, Rabu (29/12/2010). 

Indonesia mendapat penalti, menyusul handsball yang dilakukan Mohd Sabre bin Mat Abu pada menit ke-18. Firman Utina yang dipercaya mengeksekusi bola mengirimnya secara akurat ke sudut kiri bawah gawang. Sayangnya, tendangan terlalu lemah sehingga bola mudah ditangkap Khairul Fahmi.

Setelah itu, Indonesia malah tertinggal 0- akibat gol Mohd Safee pada menit ke-54. Dalam sebuah serangan balik, Safee berhasil menguasai sebuah umpan terobosan dan menggiringnya melewati duo Maman dan Hamka sebelum melepaskan tendangan keras dari tengah kotak penalti, yang mendesak jaring dalam gawang Markus Horison.

Indonesia akhirnya mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1 berkat gol dari Muhammad Nasuha (73) dan Muhammad Ridwan (85). Sayang, Indonesia tak menjadi juara, karena kalah 0-3 pada leg pertama, di Bukit Jalil, 26 Desember lalu.

"Kalau pun penaltinya masuk, saya tidak akan melakukan perubahan apa pun. Kami tetap akan coba mendapatkan gol. Jika usaha kami berhasil, Indonesia harus mencari lima gol dan ini pasti sulit bagi mereka," kata Rajagopal usai pertandingan.

"Saya tahu Indonesia akan main agresif untuk mencari gol di babak awal. Mereka akan menyerang kami bertubi-tubi. Lalu saya beritahu pemain saya untuk bermain dengan ketat. Karena kalau kami kasih napas, kami bisa memberi mereka peluang. Kalau mereka dapat gol di menit awal, Indonesia mungkin bangkit "

"Kami mendapatkan gol yang menurut saya enak dan cantik. Indonesia kemudian membalas dan mencetak gol kedua. Tapi, setelah itu tak ada lagi waktu mereka untuk mengejar," paparnya. (*)

Rajagopal: Jika Penalti Firman Gol, maka...

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan