Republika Online

sumber :-

Republika Online


Menangi GP Bahrain, Vettel Puncaki Klasemen

Posted: 22 Apr 2012 06:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BAHRAIN -- Pebalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel berhasil merebut kemenangan di Grand Prix F1 Bahrain. Juara dunia F1 bertahan itu mencatatkan waktu terbaik 1 jam 35 menit 10.990 detik di Sirkuit Sakhir Internasional, Ahad (22/4).

Vettel yang memulai balapan dari posisi terdepan ini berhasil menggagalkan ambisi duo pebalap Lotus-Renault, Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean menjadi raja di Sirkuit Sakhir. Kedua pebalap Lotus-Renault tersebut hanya mampu menempati podium kedua dan ketiga di GP Bahrain.

Bagi Vettel ini adalah podium pertama perdananya di musim balapan F1 2012. Di tiga seri balapan sebelumnya, GP Australia, Malaysia dan Cina, pebalap Jerman tersebut belum mampu naik ke podium pertama.

"Balapan yang menakjubkan, sangat ketat. Kimi dan Romain sangat cepat, tetapi strategi yang diterapkan Red Bull sepertinya bekerja sempurna," ujar Vettel usai kemenangannya di GP Bahrain seperti dikutip laman PlanetF1.com.

Sebelum memenangkan balapan di Sirkuit Sakhir, Vettel harus menghadapi persaingan sengit dengan Kimi. The Iceman, julukan pebalap Lotus-Renault itu, terus membayangi Vettel di lintasan.

Namun, Vettel mampu tampil konsisten saat balapan, meski ditekan terus oleh Kimi. Ketatnya persaingan kedua pebalap tersebut terjadi hingga jelang garis finish. Persaingan resmi dimenangkan Vettel, juara dunia 2011 ini finish tiga detik lebih cepat dari Kimi.

Kimi mengaku kecewa dengan hasil balapan di Sirkuit Sakhir ini. "Saya sedikit kecewa tidak bisa memenangkan balapan di Bahrain," keluhnya kepada Sky Sports. Namun, pebalap Finlandia itu meyakini kecepatan mobil Lotus akan tampil maksimal di musim balapan jet darat 2012.

Rekan setim Vettel, Mark Webber finish di urutan ke empat dengan catatan waktu 38.700 detik di belakangnya. Nico Roseberg yang sempat tampil maksimal di sesi latihan bebas hanya mampu diurutan kelima.

Sedangkan duo pebalap McLaren-Mercedes, Lewis Hamilton dan Jenson Button tidak mampu berbicara banyak di Sirkuit Sakhir. Hamilton hanya mampu finish di urutan ke delapan, sedangkan Button lebih naas harus menyudahi balapan di urutan ke-18.

Dengan kemenangan di Sirkuit Sakhir, Vettel untuk sementara waktu berhasil menduduki puncak klasmen pebalap F1 dengan 53 poin. Di urutan kedua ditempati Hamilton dengan 49 poin, sedangkan rekan setim Vettel, Webber menempati urutan ketiga dengan 48 poin.

Kalahkan Djokovic, Nadal Juara Monte Carlo Masters

Posted: 22 Apr 2012 05:31 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, MONTE CARLO -- Rafael Nadal akhirnya mampu membalas kekalahannya atas Novak Djokovic pada partai final Australia Terbuka awal tahun ini. Nadal berhasil menundukkan petenis nomor satu dunia, Djokovic, di partai pamungkas Monte carlo Masters, Ahad (22/4), dengan skor 6-3, 6-1.

Ini adalah kali ke delapan petenis asal Spanyol itu merebut trofi Monte Carlo Masters sepanjang perjalanan karirnya. Secara beruntun sejak tahun 2005, Nadal mengukuhkan diri sebagai raja tenis nomor satu di lapangan tanah liat.

Nadal membutuhkan waktu 78 menit untuk mengalahkan Nole, begitu Djokovic akrab disapa. Selama pertandingan Nadal yang saat ini menduduki peringkat kedua dunia ini mampu mendominasi jalannya pertandingan.

"Monte Carlo Masters adalah turnamen tenis favorit saya di dunia. Sungguh menakjubkan mampu memenangi turnamen ini," kata Nadal usai memenangkan final Monte Carlo Masters seperti dikutip Reuters.

Kemenangan Nadal di final Monte Carlo Masters ini adalah kemenangan pertamanya atas Djokovic. Sebelumnya, petenis Spanyol tersebut selalu kalah dan menjadi bulan-bulanan Djokovic pada tujuh partai final turnamen tenis. Termasuk dua laga di Madrid Masters dan Roma Masters yang nota bene menggunakan lapangan tanah liat.

Namun, kali ini Djokovic yang baru saja ditinggal meninggal kakek tercintanya, tidak berkutik menghadapi perlawanan Nadal. Petenis asal Serbia yang masih dirundung sedih tersebut gagal memperpanjang rekor kemenangan atas Nadal di partai final.

Kemenangan Nadal di Monte Carlo Masters ini menambah koleksi kemenangan ATP Tour petenis berusia 25 tahun itu menjadi 47 gelar. Saat ini Nadal juga mencatatkan diri sebagai petenis dunia pertama yang mampu meraih 20 gelar Masters.

Kekalahan yang diterima Djokovic di final Monte Carlo Masters ini membuyarkan ambisinya untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan di tahun 2012. Setelah berhasil merebut trofi juara Australia Terbuka 2012 dan Sony Ericsson Open 2012, petenis berusia 24 tahun ini sejatinya membidik kemenangan di Monte Carlo Masters.

Buruknya permainan Djokovic dalam menghadapi perlawanan Nadal di partai pamungkas Monte Carlo Masters, alhasil mengubur ambisinya tersebut. Penampilan memukau Nadal di final Monte Carlo Masters ini pun diakui Djokovic.

"Nadal adalah petenis yang bagus. Penampilan dia impresif dan fantastis," ujar Djokovic. Kepergian kakeknya, diakui Nole membawa dampak negatif terhadap performanya di final Monte Carlo Masters. "Seakan tidak ada energi yang tersisa pada diri saya," kata Djokovic seperti dikutip Assocciated Press.

Sebetulnya, Djokovic memiliki motivasi sendiri untuk mematahkan dominasi Nadal di Monte Carlo Maters, karena di kota itulah petenis asal Serbia itu menetap. Monte Carlo seperti rumah kedua bagi Djokovic karena disanalah ia memulai karirnya pada usia 16 tahun, ketika dia mengalahkan mantan juara Perancis Terbuka, Albert Costa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan