Republika Online

sumber :-

Republika Online


Djokovic Pesimis Kalahkan Murray di Final AS Terbuka

Posted: 09 Sep 2012 05:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Novak Djokovic mengaku senang bisa menuntaskan semifinal AS Terbuka melawan David Ferrer. Laga tersebut tuntas, Senin (10/9) dini hari WIB, setelah sebelumnya sempat tertunda karena cuaca buruk.

"Sangat melegakan akhirnya bisa menuntaskan pertarungan ini dengan empat set," kata juara bertahan Djokovic menyusul kemenangan 2-6 6-1 6-4 6-2 atas unggulan sepuluh dari Spanyol itu.

Kemenangan ini mengantarkan petenis Serbia itu menantang unggulan ketiga, Andy Murray di partai final yang digelar , Selasa (11/9) pagi WIB. Sejatinya, laga tersebut berlangsung Ahad (9/9) kemarin, tapi saat kedudukan 5-2 untuk keunggulan Djokovic, cuaca tidak mendukung untuk melanjutkan pertandingan.

Untuk kelima kalinya secara beruntun, final tunggal putra AS Terbuka dilangsungkan hari Senin, bukan Ahad seperti biasanya, karena gangguan cuaca buruk. Murray yang berusaha menjadi petenis Inggris pertama yang memenangi Grand Slam sejak Fred Perry pada 1936, maju ke final setelah mengalahkan petenis Ceko Tomas Berdych, Sabtu lalu.

Murray untung sehari istirahat dibandingkan Djokovic. "Saya tidak yakin pada laga Super-Saturday," kata Djokovic seperti dikutip Reuters. "Saya sungguh berharap turnamen ini dipertimbangkan diubah tahun depan. Saya kira saya tidak berbicara untuk saya sendiri.  Saya pikira semua petenis akan setuju."

Direktur turnamen AS Terbuka David Brewer setuju perubahan itu mulai 2013, sehingga ada perbedaan sehari antara laga semifinal dan final. Tapi Djokovic merasa itu tak membantunya dalam mengulang suksesnya pada AS Terbuka seperti dicapainya tahun lalu. "Saya kira dari perspektif pemain, itu aneh," ujarnya pesimis dalam mempertahankan gelar AS Terbuka.

Penyelenggara AS Terbuka dipaksa mengubah aturan setelah lapangan pada Australia Terbuka dan Wimbledon memiliki atap darurat, sedangkan penyelenggara Prancis Terbuka telah menyatakan akan melindungi lapangan Roland Garros (dari cuaca buruk).

Djokovic Tantang Murray di Final AS Terbuka

Posted: 09 Sep 2012 05:17 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Novak Djokovic melaju ke partai puncak AS Terbuka usai menyingkirkan David Federer di babak empat besar. Di partai final, ia akan menantang Andy Murray, Selasa (11/9) pagi WIB.

Laga antara Djokovic kontra Federer sempat tertunda karena cuaca buruk. Sejatinya, laga tersebut berlangsung Ahad (9/9) kemarin, tapi saat kedudukan 5-2 untuk keunggulan Djokovic, cuaca tidak mendukung untuk melanjutkan pertandingan.

Meski kalah di set pertama, petenis asal Serbia itu merebut tiga set berikutnya sebelum menang dan menggenggam tiket ke final. Diwarnai hembusan angin yang cukup kuat, Djokovic sukses membukukan kemenangan dengan skor 2-6, 6-1, 6-4 dan 6-2.

Awalnya, Ferrer mampu memanfaatkan kondisi ini dan mengungguli lawannya dengan 6-2 di set pertama. Tapi Djokovic sanggup bangkit untuk merebut set kedua. Kali ini gantian ia yang unggul cepat dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah unggul 6-1. Djokovic semakin di atas angin setelah menang 6-4 di set ketiga. Di set keempat Djokovic kembali unggul 6-2.

Kemenang itu mengantarkan Djokovic tinggal selangkah lagi mempertahankan gelar juara AS terbuka. Tapi, sebelum itu petenis 25 tahun itu wajib menjungkal Murray di final. Unggulan ketiga itu sudah lolos lebih dulu setelah menang atas Tomas Berdych dengan 5-7, 6-2, 6-1 dan 7-9 (9-7).

"Kami berdua berdoa anginnya tak banyak hari ini. Dia mengatasi angin dengan cara lebih baik dibanding saya. Saya datang ke pertandingan ini sebagai pemaon yang berbeda," sahut Djokovic usai pertandingan seperti diberitakan abcnews.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan