ANTARA - Olahraga

sumber :-

ANTARA - Olahraga


Samaras akhiri derita pertandingan tandang Celtic

Posted: 02 Oct 2012 12:59 PM PDT

Moskow (ANTARA News) - Gol di menit terakhir yang dicetak Giorgos Samaras memberi Celtic kemenangan tandang pertama mereka sepanjang 21 pertandingan Liga Champions, pada Selasa (Rabu WIB), ketika mereka mengalahkan Spartak Moscow dengan skor 3-2.

Tandukan pemain internasional Yunani ini mengunci kemenangan bagi juara Liga Skotlandia tersebut - yang mengakhiri penderitaan menelan 11 kekalahan berturut-turut saat melakukan pertandingan tandang di Liga Champions sejak menahan imbang Barcelona pada 2004 - melengkapi kebangkitan hebat pada babak kedua, lapor AFP.

Mereka sempat tertinggal 1-2 - berkat dua gol Emmanuel Emmenika - namun kemudian wasit asal Prancis, Tony Chapron, mengusir bek Spartak, Juan Insaurralde, pada menit ke-60 karena melanggar Gary Hooper, yang mencetak gol untuk membuat Celtic lebih dulu unggul pada awal babak pertama.

"Tentu saja diusirnya Insaurralde merupakan momen kunci pertandingan ini," kata pemain sayap Spartak, Aiden Mcgeady, yang bermain melawan bekas timnya.

"Kami unggul 2-1 namun setelah (jumlah pemain) kami berkurang menjadi sepuluh pemain, kami tidak bermain baik, dan membiarkan Celtic mencetak dua gol mudah, karena kekacauan pada pertahanan kami."

"Kami membuat tugas kami untuk mencapai fase gugur menjadi benar-benar sulit, sebab kami hanya memiliki nol poin setelah dua pertandingan, sedangkan Celtic sudah memiliki empat (poin). Namun bagaimanapun, kami akan berjuang sampai akhir."

Celtic - yang terakhir kali meraih kemenangan tandang di Eropa pada 1986, saat mereka mengalahkan tim Irlandia, Shamrock Rovers - memecah kebuntuan melalui serangan pertama mereka di pertandingan itu, setelah ditekan oleh tuan rumah pada sepuluh menit pertama.

Victor Wanyama memenangi perebutan bola melalui tekel brilian di lapangan tengah, dan bintang Kenya itu memberi umpan pada pemain internasional Swedia, Mikael Lustig, di sisi kiri, yang kemudian menaklukkan seorang pemain bertahan sebelum mengirim umpan silang mendatar sempurna untuk diselesaikan Hooper.

Hooper - yang mencetak gol ke-60nya dari 99 pertandingan untuk Celtic sejak pindah dari klub tak ternama Inggris, Scunthorpe - kembali mencetak gol pada menit ke-24, namun ia berada dalam posisi offside saat menerima umpan silang Samaras.

Celtic mendapat pukulan ketika Wanyama mendapat kartu kuning, yang membuat dia dipastikan absen saat tim bertandang ke markas Barcelona untuk menjalani pertandingan fase grup selanjutnya.

Spartak berhasil menyamakan kedudukan sebelum turun minum, ketika umpan panjang brilian dari Kim Kallstorm diteruskan pemain Brazil, Ari, ke dalam kotak penalti untuk dituntaskan Emenike, dan ia tidak melakukan kesalahan saat melepaskan sepakan untuk menaklukkan Fraser Foster.

Celtic mendapatkan awal yang buruk pada babak kedua, ketika kombinasi Ari dan Emenike menghasilkan gol kedua, di mana gol tersebut lahir sebagian besar disebabkan kesalahan Foster.

Tembakan Emenike dari luar kotak penalti setelah membentur Kelvin Wilson terlihat akan melebar, namun Foster memilih untuk mengejarnya, namun ia hanya mampu menepis bola tersebut yang kemudian jatuh ke penguasaan Ari, yang kemudian memberikan umpan pada Emenike, dan tanpa kesulitan ia memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Keadaan pertandingan menjadi berbalik menguntungkan Celtic ketika Carpon, setelah berkonsultasi dengan asistennya, memberi kartu merah pada Insaurralde.

Setelah itu, manajer Celtic, Neil Lennon, melakukan pergantian pemain yang sangat tepat, ia mengeluarkan Wanyama dan memasukkan James Forrest, yang tembakan ke gawang pertamanya setelah melakukan pergerakan bagus dapat diselamatkan kiper Spartak, namun bola itu membentur bek Dmitri Kombarov dan masuk ke gawang sendiri pada menit ke-71. (RF/S012)

FIFA jatuhkan sanksi pada ajudan Bin Hammam

Posted: 02 Oct 2012 12:50 PM PDT

Presiden FIFA Sepp Blatter (REUTERS/Maxim Shemetov)

....Sanksi ini segera efektif dan akan berlaku selama dua bulan atau sampai Chirakal bekerja sama dengan proses penyelidikan seperti yang diminta, tergantung yang mana yang lebih dulu (dilakukan)."

Berita Terkait

Laussane (ANTARA News) - FIFA pada Rabu menjatuhkan sanksi pada Najeeb Chikaral, ajudan mantan ketua Federasi Sepak Bola Asia, Mohamed Bin Hammam, karena lalai bekerja sama pada penyelidikan FIFA terhadap pria asal Qatar tersebut.

Chirakal, menurut FIFA, merupakan "ofisial sepak bola dan terikat Kode Etik FIFA 2012," lapor AFP

Ia dijatuhi "sanksi oleh Komite Etika FIFA sehingga dilarang ambil bagian dalam kegiatan yang terkait sepak bola, di semua level, karena kurangnya kerja sama pada proses investigasi terhadap Mohamed Bin Hammam."

"Kelalaian untuk bekerja sama dengan konstitusi merupakan pelanggaran terhadap Kode Etik FIFA. Sanksi ini segera efektif dan akan berlaku selama dua bulan atau sampai Chirakal bekerja sama dengan proses penyelidikan seperti yang diminta, tergantung yang mana yang lebih dulu (dilakukan)," tambah FIFA.

Chirakal tidak merespon setelah dihubungi Komite Etik FIFA, yang memintanya memberi sejumlah dokumen dan informasi.

Bin Hammam, telah menjalahi sanksi larangan melakukan aktifitas terkait sepak bola selama lebih dari satu tahun, setelah Komite Etik FIFA menyatakan dirinya bersalah karena melakukan penyuapan saat berkampanye dalam pemilihan presiden FIFA.

Kasus penyuapan ini memberi secercah sinar terhadap praktek-praktek kotor yang terdapat di FIFA, dan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru mengenai kesuksesan Qatar yang memenangi hak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, di mana Bin Hammam memainkan perannya. Proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia tersebut, serta sejumlah hal lain, saat ini sedang diselidiki.

Bagaimanapun pada Juli, hukuman larangan terlibat aktifitas sepak bola dibatalkan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga, karena kurangnya bukti.

Pria kaya raya asal Qatar ini untuk sementara masih belum menjalani hukuman dari FIFA dan Federasi Sepak Bola Asia (di mana ia merupakan presidennya), karena masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap keuangan di tubuh AFC. (RF/S012)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan