Republika Online

sumber :-

Republika Online


Suporter Sepak Bola Italia Kibarkan Bendera Palestina

Posted: 19 Nov 2012 01:00 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, -- Solidaritas terhadap perjuangan Palestina melawan tentara Israel, ternyata mengundang simpati luas hingga ke tanah Italia. Bahkan pendukung kesebelasan Liga Italia yang bermain di Serie B, Livorno, memiliki simpati luas terhadap perjuangan Palestina. 

Dalam sebuah pertandingan Piala UEFA 29 November tahun 2006 contohnya, sekitar 20 ribu penonton Livorno menyayikan yel-yel dukungan bagi Palestina. 

Tidak hanya itu, para tifosi yang memadati stadion Armando Picchi membentangkan puluhan bendera kebangsaan Palestina di sisi Stadium. "Free Palestine!!" begitu yel-yel yang diteriakkan para tifosi Livorno di laga Piala UEFA tahun 2006 tersebut. 

Yang unik, aksi Livorno ini dilakukan di laga melawan klub Israel, Maccabi Haifa. Di pihak lain, para pemain Israel jadi sasaran kegeraman pendukung Livorno. 

Kendati para pemain Maccabi tidak ada kaitannya dengan tentara Israel, namun saat itu emosi para pendukung Livorno tidak terbendung. Walhasil, pesepakbola asal klub Israel itu harus menerima teror di kota Livorno, Italia, selama 90 menit laga.

Nil Fokus Benahi Kelemahan Timnas Garuda

Posted: 18 Nov 2012 10:58 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Nil Maizar terus membenahi kelemahan Timnas Garuda sebelum menjalani turnamen Piala AFF 2012 Grup B di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember.

Mantan pelatih Semen Padang itu pada latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (19/11), fokus dalam memperbaiki sektor pertahanan dan penyerangan timnas.

"Setelah melawan Kamerun ada yang hal harus dibenahi yaitu lini pertahanan. Makanya kami terus berupaya mencari jalan keluar agar pertahanan menjadi kuat," kata Nil Maizar usai memimpin latihan.

Pertandingan ujicoba terakhir melawan Kamerun, Sabtu (17/11), Elie Aiboy dan kawan-kawan memang mampu menahan imbang 0-0. Hanya saja tim lawan beberapa kali memperdayai barisan pertahanan sehingga mengancam gawang Endra Prasetya.

Beruntung, penjaga gawang Persebaya Surabaya itu bermain cemerlang sehingga mampu menggagalkan beberapa peluang yang seharusnya mampu membuahkan gol bagi lawan.

Pada pertandingan ujicoba itu pelatih Nil Maizar menurunkan pemain belakang Novan Setya, Wahyu Wijiasnanto, Hamdi Ramdan dan Nopendi. Hanya saja dibabak kedua Hamdi Ramdan harus digantikan Fachruddin karena mengalami cedera paha.

Nil Maizar mengaku selain barisan pertahanan yang menjadi sorotan adalah lini depan. Dari enam kali ujicoba terakhir, barisan penyerang yang ada belum maksimal. Baru Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas yang mampu menciptakan gol.

Sementara itu tiga penyerang lainnya yaitu Samsul Arif, M Rahmad dan pemain naturalisasi Johnny van Beukering hingga saat ini belum mampu menciptakan gol bagi timnas.

"Untuk barisan penyerang kami beri porsi latihan lebih terutama dalam finishing dan sistem membongkar pertahanan lawan," kata pria yang pernah mengenyam pendidikan kepelatihan di Jerman itu.

Sesuai dengan rencana Timnas Garuda akan bertolak ke Malaysia Rabu (21/11) dan akan menjalani pertandingan perdana melawan Laos, Ahad (25/11), melawan Singapura, Rabu (28/11) dan melawan tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan