KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Etape Pertama Sprint Reli Kalsel Ditunda karena Hujan

Posted: 01 Dec 2012 02:21 PM PST

BINUANG, KOMPAS.com - Hujan deras memaksa panitia Kejuaraan Nasional Sprint Reli Kalsel Binuang 2012 menunda pelaksanaan etape pertama, Sabtu (1/12) di Sirkuit Kampil, Binuang, Tapin, Kalimantan Selatan. Hujan membuat lintasan menjadi licin dan berbahaya bagi sebagian pereli.

"Hujan deras membuat badan lintasan menjadi berlumpur dan menyulitkan para pereli dengan mobil berpenggerak dua roda. Di sisi lain, banyak lintasan berada di lereng bukit yang miring dan akan berbahaya jika sebuah mobil terhenti karena dapat terguling," kata Poedjo Oetojo, pimpinan lomba.

Sirkuit Kampil dibangun di perbukitan dan melintasi lembah dan sungai. Badan lintasan terbuat dari tanah yang mudah gembur dan menjadi lumpur jika diguyur hujan deras.

Glenn Nirwan, pereli dengan mobil berpenggerak dua roda, mengaku khawatir dengan kondisi lintasan itu saat hujan. Selain resiko kecelakaan, jalanan berlumpur juga bakal menyulitkannya bergerak.

Pereli nasional Subhan Aksa mengatakan, meskipun sangat beresiko saat hujan, Sirkuit Kampil dinilai memiliki lintasan yang sangat menantang untuk olah raga sprint reli.

Sprint reli adalah olah raga balap mobil di lintasan tanah, seperti reli, tetapi memiliki panjang lintasan yang lebih pendek sehingga semua pereli terpicu untuk memacu mobil dengan kecepatan sangat tinggi atau sprint.

Sprint reli sangat berguna bagi para pereli muda untuk melatih reaksi dan teknik mereka. Bagi para pereli senior, ajang ini juga disukai karena berbiaya rendah dan sangat menantang.

Kejurnas sprint reli di Sirkuit Kampil terdiri atas tiga etape khusus (special stage). Dengan ditundanya etape pertama pada Sabtu (1/12), lomba pada Hari Minggu (2/12/2012) akan dipadatkan, dari dua etape menjadi tiga etape. Pemenang pada seri kedua sangat berpeluang menjadi juara nasional. Seri terakhir Kejurnas Sprint Reli akan digelar pada Februari 2013 di Hambalang, Bogor.

Indonesia Siap Gelar Islamic Solidarity Games 2013

Posted: 01 Dec 2012 12:44 PM PST

Indonesia Siap Gelar Islamic Solidarity Games 2013

Penulis : Helena Fransisca Nababan | Sabtu, 1 Desember 2012 | 20:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia penyelenggara Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 terus bersiap. Panitia saat ini memfokuskan persiapan pada manajemen penyelenggaraan ISG.

"Manajemen penyelenggaraan ISG lebih kami prioritaskan karena fasilitas sarana dan prasarana semua sudah siap," ujar Gubernur Riau Rusli Zainal, Sabtu (1/12/2012). Hal itu ditegaskan dalam pertemuan panitia pusat, daerah, dan nasional, sehari sebelumnya.

Seluruh panitia berkoordinasi untuk memudahkan komunikasi selama masa persiapan dan penyelenggaraan kejuaraan yang diikuti 57 negara peserta anggota Organisasi Konfederasi Islam (OKI).

Besarnya pesta multicabang ini memang membuat panitia harus ekstra keras menyiapkan even yang akan mempertandingkan 17 cabang olahraga tersebut. Tujuannya untuk meminimalisasi kekurangan-kekurangan yang nantinya mungkin terjadi selama masa penyelenggaraan.

"ISG nanti bukan hanya soal pertandingan olahraga, melainkan juga ada invesment forum oleh kadin-kadin negara Islam yang bekerja sama dengan kadin dari wilayah Timur Tengah, malam kebudayaan, serta festival anggrek," kata Rusli menambahkan. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan