Republika Online

sumber :-

Republika Online


JK Optimistis Indonesia Bungkam Malaysia 1-0

Posted: 01 Dec 2012 12:18 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merasa yakin Timnas Indonesia akan mengalahkan Malaysia pada Piala AFF dengan skor tipis 1-0. "Indonesia akan menang 1-0," kata JK di Pekanbaru, Sabtu (1/12).

Ia mengakui, pertandingan Tim Garuda melawan "Harimau Malaya" sebagai tuan rumah tidak akan mudah. Namun, ia yakin dengan kerjasama tim dan ketenangan mental adalah modal utama untuk mengalahkan lawan.

JK juga sangat menyesalkan adanya berbagai insiden seperti pemukulan terhadap suporter Indonesia dan lagu penghinaan terhadap Indonesia yang dilakukan supoter fanatik Malaysia. Sebab itu, ia berharap Andik dkk. bisa tetap tampil dengan tenang dan jangan terpancing segala provokasi yang berpotensi datang dari luar lapangan.

"Saya menyesalkan ada insiden itu, tapi semoga anak-anak tidak terpancing emosi di lapangan," ujarnya.

Karena itu, JK menilai kemenangan tipis satu gol tanpa balas sudah cukup untuk mengunci kemenangan bagi Timnas Indonesia. Pertandingan tim besutan Nil Maizar melawan Malaysia menjadi penentuan untuk memastikan langkah Indonesia lolos dari fase grup. Sebabnya, Indonesia berada pada peringkat puncak klasmen dengan empat poin.

Hasil itu diraih berkat main imbang 2-2 melawan Laos, dan kemenangan 1-0 lawan Singapura. Timnas hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke fase berikutnya. Sedangkan, kekalahan dari Malaysia akan memupus harapan bagi Timnas Garuda.

Gita Wiryawan Yakin Indonesia Benamkan Malaysia

Posted: 30 Nov 2012 11:40 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang juga pecinta sepakbola merasa optimistis timnas Indonesia mampu membungkam "Harimau Malaya".

Pertandingan antara skuad "Garuda" dan "Harimau Malaya" selalu menarik untuk ditonton, kata Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam pernyataan persnya di Jakarta, Sabtu (1/12). 

Meski kedua negara bertetangga dan serumpun, namun setiap pertandingan digelar selalu menyimpan rivalitas, baik di dalam maupun di luar lapangan, katanya.

Gita yang hobi bermusik juga masih ingat bagaimana sambutan masyarakat Indonesia saat final Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011. Stadion begitu penuh sesak dan itu menunjukkan jika pertandingan kedua tim ini selalu mendapat respons dari masyarakat ke dua negara. 

"Apalagi saat ini kekuatan kita dan Malaysia berimbang. Malaysia kalah oleh Singapura dan kita menang melawan Singapura. Itu akan menjadi modal bagus untuk timnas kita," ujarnya memprediksi laga penyisihan Piala AFF 2012 antara Indonesia dan Malaysia yang digelar di stadion Bukit Jalil, Sabtu (1/12) malam.

Meski begitu, Gita berharap Andik Vermansyah dkk tak lengah dan harus fokus bermain selama 90 menit penuh. Dia juga percaya skuad "Merah-Putih" mampu mengatasi tekanan yang dilancarkan oleh suporter fanatik tuan rumah.

"Modalnya sabar, tidak emosi dan fokus. Jangan lakukan kesalahan sekecil apapun apalagi di area pertahanan sendiri. Harus bermain terbuka dan taktis," katanya.

Ia yakin Andik cs mampu menunjukkan kelasnya sebagai anak bangsa yang terbaik dan pasti mereka ingin mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan