Republika Online

sumber :-

Republika Online


Akhirnya Gelar Ganda Campuran Milik Indonesia

Posted: 01 Dec 2012 04:39 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,MAKAU - Gelar juara ganda campuran turnamen bulu tangkis Makau Terbuka Grand Prix Gold 2012 menjadi milik Indonesia. Kepastian ini diperoleh usai pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengalahkan Tao Jiaming/Jinhua Tang 21-18 dan 21-18 pada babak semifinal di Makau Forum, Sabtu (1/12).

Akan terjadi All Indonesian Final di nomor ganda yang berlangsung pada Ahad (2/12) ini di Makau Forum. Sebab, pada semifinal lainnya, dua ganda Indonesia saling berhadapan, yakni Muhammad Rijal/Debby Susanto melawan Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Rijal/Debby keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan Riky/Richi 21-7 dan 21-16.

"Untuk besok (hari ini-Red), tidak masalah mau bertemu siapa, yang penting gelarnya untuk Indonesia. Kami inginnya bisa mempertahankan gelar," kata Tontowi seperti dikutip laman resmi PB PBSI.

Jika menang hari ini, Tontowi/Liliyana mencetak treble, meraih tiga gelar juara selama tiga tahun berurutan di Makau. Keduanya bertekad kembali menjadi yang terbaik setelah sebelumnya menjadi juara pada 2010 dan 2012.

Pada laga semifinal ini, Tontowi/Liliyana sempat ketinggalan 6-10 pada gim pertama. Tetapi, mereka berhasil mengejar ketertinggalan pada kedudukan 12-12 dan balik memimpin hingga merebut gim pertama.

Pada gim kedua, Tontowi/Liliyana kian percaya diri, mereka melaju hingga unggul 16-10 dan akhirnya memenangkan pertandingan. "Dari kemarin kami mainnya belum enak, tapi hari ini kami tampil cukup baik. Meskipun kami lebih diunggulkan, kami harus waspada melawan ganda Cina ini karena sekali saja fokus lepas maka mereka akan menekan balik," kata Tontowi yang kini menempati peringkat dua dunia bersama Liliyana.

Sayangnya, ini akan menjadi satu-satunya gelar yang bisa dibawa pulang Indonesia. Sebab, di ganda putri dan putra, Indonesia gagal mengirimkan wakil.

Dua pasangan putri Indonesia gagal melangkah ke babak final setelah diadang ganda putri Korea Selatan. Unggulan keempat, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, ditundukkan unggulan pertama, Eom Hye-won/Jang Ye-na, dengan skor 19-21, 14-21. Pada semifinal lainnya, Jenna Gozali/Komala Dewi dikalahkan Choi Hye-in/Kim So-young lewat pertarungan rubber gim 21-15, 11-21, dan 12-21. "Lawan pertahanannya rapat sekali, pada gim pertama serangan kami masih bisa menembus mereka. Tapi, gim kedua dan ketiga sulit sekali, fokus kami juga tak sebagus gim pertama" kata Jenna setelah pertandingannya.

Jenna sempat mengalami cedera pada engkel kanannya saat bertanding pada babak kedua. Berkat kegigihannya, ia mampu mengatasi hal tersebut dan melesat ke babak semifinal.

Sementara itu, di ganda putra Markis Kido/Alvent Yulianto gagal lolos ke babak final saat ditundukkan unggulan pertama dari Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov, 21-17, 10-21, 19-21.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan