Republika Online

sumber :-

Republika Online


Tontowi/Liliyana Jadi Juara di Makau Terbuka

Posted: 02 Dec 2012 04:39 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID,MAKAU - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mengukir hattrick gelar juara di ajang Makau Terbuka Grand Prix Gold 2012. Ganda campuran andalan Indonesia itu meraih gelar semata wayang bagi tim Merah Putih usai melakoni laga All Indonesian Final melawan pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto.

Bermain di Makau Forum, Ahad (2/12), peraih gelar serupa pada 2010 dan 2011 itu membutuhkan waktu 50 menit untuk menyudahi pertarungan lewat rubber set, 21-16, 14-21, dan 21-16. Tak mudah bagi Tontowi/Liliyana mempertahankan gelarnya meski di atas kertas pasangan campuran nomor satu Indonesia ini lebih diunggulkan.

Tontowi/Liliyana memang unggul dan merebut gim pertama dengan skor 21-16. Kendati demikian, Rijal/Debby pun memiliki ambisi yang sama untuk merusak pesta rekan senegaranya tersebut. Pada set kedua, pasangan nonunggulan tersebut secara mengejutkan memaksa Tontowi/Liliyana untuk menjalani rubber set usai menyudahi set kedua dengan skor 21-14.

Pengalaman internasional yang lebih banyak membuat Tontowi/Liliyana tampil trengginas. Pada gim ketiga, pasangan yang di semifinal mengalahkan ganda campuran Cina, Tao Jiaming/Jinhua Tang, itu membuat Rijal/Debby harus menyerah dengan skor 21-16.

Bagi Indonesia, keberhasilan Tontowi/Liliyana memang menjadi satu-satunya gelar juara yang didapat di Makau GP Gold 2012. Lantaran, pada babak sebelumnya para penggawa Indonesia yang menjadi harapan terakhir di sejumlah nomor telah berguguran pada babak semifinal.

Sebelumnya, Indonesia bisa saja menempatkan wakilnya di nomor ganda putri kalau saja dua wakilnya, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta dan Komala Dewi/Jemma Gozali, tidak terhenti pada babak semifinal. Begitu juga dengan pasangan ganda putra Alvent Yulianto/Markis Kido yang mengalami nasib sama saat terhenti pada babak semifinal.

Pia/Rizki kalah dari pasangan Korea Selatan, Hye Won Eom/Ye Na Jang. Sedangkan, Dewi/Gozali juga tunduk dari pasangan Korea Selatan lainnya, Hye In Choi/So Young Kim. Sementara itu, di nomor ganda putra, Alvent/Kido harus mengakui keunggulan pasangan Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Beruntung, Indonesia masih menempatkan dua andalannya di final ganda campuran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan