KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Yamaha Bantah Dekati Marquez untuk MotoGP 2012

Posted: 11 Oct 2011 03:51 PM PDT

Yamaha Bantah Dekati Marquez untuk MotoGP 2012

| Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Selasa, 11 Oktober 2011 | 22:51 WIB

KOMPAS.com — Yamaha mengeluarkan bantahan bahwa mereka telah melakukan pendekatan kepada pebalap Spanyol, Marc Marquez, yang sangat berpeluang besar jadi skuad rival sesama tim Jepang, Honda. Juara dunia kelas 125cc tersebut dikabarkan akan memperkuat Honda di kelas MotoGP pada musim 2012 jika berhasil menjadi juara dunia Moto2 pada musim 2011 ini.

Baru-baru ini, bos Marquez di tim Moto2, Emilio Alzamora, memberikan indikasi bahwa Yamaha sangat tertarik menggaet pebalapnya tersebut. Kepada MCN Alzamora mengatakan, "Honda sangat tertarik kepada Marc untuk masa depan, dan saya tidak jika itu untuk musim depan atau tidak. Yamaha juga menginginkan Marc sehingga belum ada yang diputuskan."

HRC menegaskan bahwa mereka tidak bisa menawarkan Marquez sebuah motor sampai tahun 2013 meskipun sumber di Honda memberikan konfirmasi kepada MCN bahwa sebuah permintaan telah diajukan untuk menyewa RC213V pada musim depan, jika dia berhasil menyabet gelar juara dunia MotoGP. Tetapi di sisi lain, ada kabar bahwa Marquez mendapat tawaran menggiurkan dari Yamaha, di mana dia lebih dulu menjadi tandem Cal Cruthlow di Monster Yamaha Tech 3, sebelum pindah ke tim pabrik Yamaha pada 2013--karena aturan mengharuskan seorang rookie MotoGP harus lebih dulu memperkuat tim satelit. Akan tetapi, pindah ke Tech 3 tampaknya tak bisa terwujud, karena Andrea Dovizioso sudah sepakat dengan kontrak semusim yang disodorkan tim satelit itu.

Bos Tech 3, Herve Poncharal, mengatakan kepada MCN: "Jelas sekali bahwa Yamaha tidak ingin memproduksi lebih dari empat motor, dan jujur, ??saya tidak pernah berbicara dengan Marquez atau orang-orangnya. Jika dia menjadi juara Moto2 tahun ini, saya pikir itu akan menjadi langkah yang baik dan bagus untuk pindah ke MotoGP. Tapi Marquez sangat terkait dengan Repsol, yang sudah sangat terikat dengan Honda, dan saya pikir ketertarikan mereka untuk masuk MotoGP lebih kepada bagian dari keluarga Honda."

Full content generated by Get Full RSS.

Rossi Optimistis Bisa Raih Hasil Bagus

Posted: 11 Oct 2011 02:59 PM PDT

KOMPAS.com — Valentino Rossi menyadari peluangnya untuk memperpanjang rekor kemenangan fenomenal Ducati di Sirkuit Phillip Island pada akhir pekan ini sangat tipis. Meskipun demikian, "The Doctor"  tetap yakin bisa mendapat hasil yang bagus di GP Australia nanti.

Ducati memiliki rekor fantastis di Phillis Island pada era 800cc. Di bawah kendali Casey Stoner, tim yang bermarkas di Bologna tersebut selalu merajai balapan di sana sejak musim 2007.

Namun, pada musim 2011 ini Ducati mengalami kesulitan yang sangat besar. Dalam debutnya dengan tim ini, Rossi belum mampu menunjukkan performa menjanjikan. Inilah yang membuat mereka dipastikan sulit memperpanjang dominasinya di trek tersebut.

Sejak awal musim, Rossi dan rekan setimnya, Nicky Hayden, sama-sama baru satu kali naik podium. Lebih tragis lagi, mereka tidak pernah bisa bersaing untuk memperebutkan kemenangan selama 15 seri yang sudah dilakoni.

Meskipun demikian, Rossi masih yakin dia bisa kompetitif di Phillip Island, tempat di mana dia tak pernah meraih kemenangan sejak 2005.

"Phillip Island tidak terlalu buruk bagi motor kami, sehingga saya berharap bisa cepat dan mencoba untuk meraih hasil bagus. Saya pikir Ducati cepat di Phillip Island karena juga Loris (Capirossi) dan Nicky tidak terlalu buruk di sana," ujar Rossi kepada MCN.

"Tetapi Stoner membuat banyak perbedaan pada balapan di rumahnya, dan Phillip Island bagi Stoner seperti Mugello bagiku. Saya tidak tahu jika ada kemungkinan bertarung untuk meraih kemenangan, karena Honda dan Yamaha sangat cepat. Tetapi kami berharap bisa memiliki rasa yang bagus dengan motor seperti di Jepang, dan berusaha finis di posisi yang bagus."

Pada balapan  di Jepang 2 Oktober lalu, Rossi sebenarnya optimistis dengan performa Ducati GP11.1 tunggangannya. Sayang, juara dunia sembilan kali grand prix ini tak bisa mewujudkan ekspektasinya untuk meraih hasil bagus, karena dia sudah terlempar dari persaingan sejak lap pertama. Akibat senggolan dengan Jorge Lorenzo, Rossi jatuh dan terseret hingga gravel, sehingga gagal melanjutkan lomba.

Kecelakaan tersebut membuat Rossi mengalami cedera pada kelingking tangan kirinya, sehingga dia absen pada tes mesin GP12. Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut merasa cedera tersebut bukanlah rintangan untuk tampil maksimal di Australia. 

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan