detikcom

sumber :-

detikcom


City ke 16 Besar Usai Hancurkan Porto 4-0

Posted: 22 Feb 2012 10:58 AM PST

Manchester - Manchester City memetik kemenangan meyakinkan atas FC Porto di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Menundukkan sang juara bertahan dengan skor 4-0, The Citizens berhak melaju ke fase berikutnya.

Berbekal kemenangan 2-1 di laga tandang, City unggul cepat melalui Sergio Aguero saat pertandingan masih berusia 19 detik. Di Etihad Stadium, Kamis (23/2/2012) dinihari WIB, tiga gol City lainnya baru datang di babak kedua.

Edin Dzeko mengubah skor menjadi 2-0 di menit 76, sebelum David Silva menambah keunggulan anak didik Roberto Mancini jadi 3-0. Gol pamungkas dalam laga tersebut dilesakkan David Pizarro.

Kemenangan ini membuat City secara agregat menang 6-1 atas wakil Portugal yang sekaligus berstatus juara bertahan itu. Langkah The Citizens di babak berikutnya adalah menghadapi pemenang pertandingan antara Legia Warsaw kontra Sporting Lisbon.

Jalannya Pertandingan

Laga tepat menunjuk detik ke-19 saat Aguero sudah menjebol gawang Porto. Bermula dari kesalahan Nicols Otamendi yang justru mengumpan pada Nigel De Jong, bola langsung dioper oleh bek Belanda itu ke Yaya Toure.

Jeli melihat Aguero bergerak ke dalam kotak penalti, Toure langsung mengirim umpan pada rekannya itu. Berhasil membelah pertahanan Porto, Aguero juga sukses memperdaya kiper Helton. Gol dan City unggul 1-0.

Di menit 16 Toure nyaris memperbesar keunggulan timnya andai dia bisa melewati Helton dalam posisi satu lawan satu. Tak sampai satu menit gantian Porto mengancam melalui Varela, yang juga gagal berkat kesigapan Joe Hart di bawah gawang.

Sebuah kesalahan lain yang dibuat barisan belakang Porto membuat Aguero punya kans lain mencetak gol. Namun kali ini upayanya dihentikan mistar gawang, meski dia sudah berhasil melewati kiper Helton.

Porto sesungguhnya tidak menyerah meski dalam posisi tertinggal. Namun beberapa peluang yang dikreasikan selalu gagal dikonversi jadi gol. Alhasil, hingga turun minum skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Di awal babak kedua Porto kembali menunjukkan keuletannya setelah akhirnya bisa bikin gol. Namun sontekan James Rodriguez ke dalam gawang dibatalkan wasit karena dia dalam posisi offside.

City baru bisa mencetak gol keduanya di menit 76. Baru masuk lapangan menggantikan Nasri, Edin Dzeko membawa The Citizens unggul 2-0 setelah dapat umpan akurat dari Aguero.

Usai kemasukan dua gol nasih Porto tak bertambah baik karena mereka harus kehilangan Rolando yang dapat kartu merah dari wasit. Kondisi inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah untuk menambah jumlah gol di sisa pertandingan.

Di menit 83 Skor berubah jadi 3-0. Kembali bermula dari kesalahan bek Porto, David Silva dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang meneruskan bola yang dioper Pizarro. Gol pamungkas City gantian dibuat Pizarro, memanfaatkan celah di barisan belakang Porto.

Susunan Pemain

City: Hart; Richards, Kompany, Lescott, Clichy; De Jong, Barry ('58 Milner); Nasri ('69 Dzeko), Yaya Toure, Silva; Aguero ('80 Pizarro).

Porto: Helton, Maicon, Rolando, Alex Sandro, Otamendi ('63 Rodriguez), Gonzalez, Joao Moutinho, James Rodriguez ('81 Defour), Fernando, Varela ('63 Sapunaru), Hulk.

( din / mfi )

'Tanpa Guardiola, Barca Bukan Apa-apa'

Posted: 22 Feb 2012 10:37 AM PST

Barcelona - Dani Alves sangat berharap Pep Guardiola tak meninggalkan kursi pelatih Barcelona. Menurut Alves, tanpa entrenador berusia 41 tahun itu, The Catalans bukanlah apa-apa.

Sudah jadi rahasia umum bahwa Guardiola enggan diikat dengan kontrak jangka panjang. Dia lebih suka menandatangani kontrak baru tiap tahun demi menjaga antusiasmenya dalam bekerja.

Begitu juga pada musim ini, yang merupakan musim keempat Guardiola sebagai pelatih Barca. Dia belum memperpanjang kontrak dan memilih untuk menunggu waktu yang tepat.

"Saya pikir Guardiola akan menandatangani (kontrak baru) lagi karena tanpa dia kami bukan apa-apa," ungkap Alves seperti dikutip AFP.

"Tanpa dia, kami kehilangan jangkar kami dan kami akan hanyut dibawa arus. Guardiola sudah memberi kami stabilitas," sambungnya.

Sejak diangkat menjadi pelatih Barca pada tahun 2008, Guardiola telah melambungkan timnya ke puncak kesuksesan. Dia sudah memberikan 13 gelar di berbagai kompetisi untuk Los Cules.

"Kalau dia memutuskan untuk tidak tinggal, maka itu tak akan jadi pengkhianatan terhadap Barca. Anda membutuhkan media untuk bahagia dalam hidup," kata Alves.

"Kalau dia pergi, maka segala sesuatu yang telah dia lakukan untuk klub akan tetap ada," tandasnya.


( mfi / rin )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan