KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Kaltim Rebut Emas Sepakbola

Posted: 19 Sep 2012 03:46 PM PDT

PON XVIII

Kaltim Rebut Emas Sepakbola

Rabu, 19 September 2012 | 22:46 WIB

Google Images

Logo PON XVIII/2012

PEKANBARU, Kompas.com - Tim sepak bola Kalimantan Timur merebut medali emas PON XVIII Riau setelah mengalahkan Sumatera Utara 1-0 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Riau, Rabu malam.
     
Gol kemenangan anak asuh Rudy William Keeltjes itu tercipta lewat tendangan keras Loudry Mailana pada akhir babak perpanjangan waktu pertama.
     
Dengan hasil itu, Kalimantan Timur dinobatkan sebagai juara baru kejuaraan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.
     
Di pertandingan final itu, kedua tim langsung menerapkan permainan terbuka dan mengandalkan serangan dari sayap. Kondisi itu membuat kedua tim saling bergantian dalam melakukan penetrasi.
     
Akan tetapi, pelan tapi pasti Tim Kalimantan Timur mulai menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang langsung didapat yang salah satunya melalui Radiansyah. Hanya saja peluang itu gagal dimanfaatkan.
     
Begitu juga dengan anak asuh Rudi Saari. Meski terus ditekan, sesekali tim yang berkostum kuning-kuning-kuning juga melakukan serangan yang langsung mengarah ke gawang Kalimantan Timur.
     
Pertandingan semakin sengit menjelang akhir babak pertama. Tim Sumatera Utara yang sesekali melakukan tekanan banyak menciptakan peluang meski demikian selalu terhambat pertahanan lawan. Babak pertama itu berakhir dengan kedudukan 0-0.
     
Memasuki babak kedua, giliran Sumatera Utara yang menguasai jalannya pertandingan.  Kerja sama yang bagus antara Safri Koto dengan Zukifli sering mengancam gawang Dwi Yuda Pratama. Begitu juga sebaliknya, pemain Kalimantan Timur Lerby Eliandry juga beberapa kali mengancam gawang Ahmad Fauzi.
     
Belum terciptanya gol membuat tempo "jual beli" serangan terus meningkat. Kedua tim secara bergantian melakukan serangan yang terorganisasir. Meski dalam kondisi kelelahan, mereka tak henti-hentinya mencari gol kemenangan.
     
Saat masa "injury time", kedua tim berusaha menciptakan peluang, hanya saja upaya untuk menciptakan gol gagal tercipta sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.
     
Pada babak pertama perpanjangan waktu, Tim Kalimantan Timur terlihat lebih dominan, namun Tim Sumatera Utara tak tinggal diam. Terbukti Muhammad Irfan mampu menerobos pertahanan lawan bahkan sundulannya nyaris membuat gol jika tidak membentur mistar gawang.
     
Anak asuh Rudy William Keeltjes itu langsung membalas serangan lawan. Bahkan membuat bola terus berada di daerah lawan. Akhirnya Sandy mampu memecah kebuntuan melalui tendangan jarak jauhnya sehingga mambuat timnya unggul 1-0 atas Sumatera Utara.
     
Gempuran pasukan muda Kalimantan Timur tidak terhenti begitu saja. Saat babak kedua perpanjangan waktu, tekanan demi tekanan terus dilakukan agar tidak bisa disamakan oleh lawan.
     
Tim Sumatera Utara yang tertinggal, terlihat bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit, kedudukan tetap 1-0 untuk Kalimantan Timur. Provinsi itu berhak medali emas, sedangkan Sumatera Utara mendapatkan perak.
     
Medali perunggu direbut oleh Tim Jawa Tengah setelah pada pertandingan sebelumnya, di tempat yang sama, mampu mengalahkan Tim Papua dengan skor tipis 1-0.

Editor :

A. Tjahjo Sasongko

DKI Dominasi Terbang Layang

Posted: 19 Sep 2012 03:08 PM PDT

PON XVIII

DKI Dominasi Terbang Layang

Rabu, 19 September 2012 | 22:08 WIB

PEKANBARU, Kompas.com - Kontingen DKI mendominasi perolehan medali cabang olahraga dirgantara terbang layang PON XVIII yang berlangsung di Bandara Tuanku Tambusai, Kabupaten Rokam Hulu, Riau.
    
Data dari pusat media PON XVIII di Pekanbaru, Rabu, menyebutkan, DKI mengantongi total delapan medali emas, tujuh perak dan lima perunggu.    DKI jauh mengungguli peserta lainnya dalam cabang terbang layang ini.
    
Tuan rumah Riau meraih dua medali emas, sedangkan Jateng, DI Yogyakarta, dan Banten masing-masing mendapat satu perunggu.
    
Perolehan emas dari cabang terbang layang memberi kontribusi yang cukup besar bagi DKI yang tengah memburu gelar juara umum pada PON XVIII/2012.
    
Berikut hasil final cabang terbang layang PON XVIII, Rabu.
Precision landing dual seater putra:
1. Darmansyah Sahureka (DKI),
2. Dadang Kurniadi (DKI),
3. Wawan Rubianto (Bali).
    
Precision landing dual seater putri:
1. Lilis Khrisnawati (DIY),
2. Monica Gondohusono (DKI),
3. Lilik Endang Jarwati (Riau).
    
Duration flight single seater putra:
1. Wiwin Anggono (DKI),
2. Charles Daud (Papua),
3. Utomon Raharjo (DKI).
    
Duration flight single seater putri:
1. Aditya Widyaningrum (DKI),
2. Dewi Saryaningsih (Jateng),
3. Monica Gondohusono (DKI).
   
Mix double precision landing:
1. Lilik Endang Jarwati/Dani Agus (Riau),
2. Samuel Hans/Deby Vivi (Papua),
3. Iffan Aviananda/Asha Ramathana (DKI).
    
Mix double duration flight:
1. Adhinta Surya/Irene Puella (DKI),
2. Samuel Hans/Deby Vivi (Papua),
3. Iffan Aviananda/Melati Dewi (DKI).
    
Duration flight dual seater putri:
1. Chaty Anggraini (DKI),
2. Tri Ratna (Jatim),
3. Ari Widiawati (Jatim).
    
Duration flight dual seater beregu putri:
1. DKI,
2. Jatim,
3. Riau.
    
Goal and race:
1. Utomo Raharjo (DKI),
2. Sugianto (Jatim),
3. Paul (Papua).
    
Free distance putra:
1. Wiwin Anggono (DKI),
2. Sugianto (Jatim),
3. Gunadi (Jabar).

Editor :

A. Tjahjo Sasongko

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan