Sindikasi sport.okezone.com

sumber :-

Sindikasi sport.okezone.com


Angga/ Ryan Tumbang, Gelar Terakhir Lepas

Posted: 07 Oct 2012 02:15 AM PDT

TAIPEI - Pasangan ganda putra Angga Pratama/ Ryan Agung gagal mempersembahkan gelar terakhir bagi Indonesia pada ajang Chinese Taipei Open 2012. Di final, mereka kalah dari pasangan Malaysia, Mohd Zakry Abdul Latif/ Fairuzizuan Mohd Tazazari.

Pada awal game pertama, Angga/ Ryan sebenarnya sempat memberi perlawanan dan menekan perolehan angka pasangan Malaysia. Namun, saat kedudukan 16-12, mereka tak mampu berbuat banyak sehingga harus menutup game dengan kekalahan 12-21.

Memasuki game kedua, Angga/ Ryan sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan, dan sempat tertinggal jauh 1-11. Setelah sempat memberikan perlawanan, Angga/ Ryan akhirnya harus mengakui keunggulan Abdul Latif/ Tazari dengan kedudukan akhir 14-21.

Kekalahan ini juga menutup perjuangan putra-putri Indonesia di ajang Chinese Taipei Open. Dua gelar berhasil diraih pada nomor ganda campuran dan ganda putri, melalui Muhammad Rijal/ Debby Susanto dan Pia Zebadiah/ Rizki Amelia.

Sementara itu, pada final tunggal putra -nomor di mana Indonesia gagal menempatkan wakilnya, pebulutangkis Hong Kong, Tien Minh Nguyen berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Tien Chen Chou dengan 21-11 21-17. (fit)

Aspek Komersil Masih Menghambat Karate

Posted: 07 Oct 2012 01:10 AM PDT

MAGELANG - International Olympic Committee (IOC) belum memberi lampu hijau kepada cabang olahraga karate untuk masuk dalam agenda Olimpiade 2012. Salah satu faktor kegagalan menembus Olimpiade yaitu aspek komersil.

Karate, menurut Ketua Bidang Hubungan Internasional PB Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI), belum dianggap olahraga yang menguntungkan dari aspek komersil.

"Itu menjadi pertimbangan dari IOC," kata Iwan Setiawan, usai acara The Karate Day dengan tema "The K is on The Way" yang digelar PB Forki di pelataran Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Minggu (7/10/2012).

Dalam memberi penilaian, IOC juga mempertimbangkan empat aspek lainnya yaitu  exellence, respect, pembinaan, dan fairplay.

Saat voting yang diambil IOC di Kopenhagen, 2009 lalu, karate termasuk satu dari lima cabang olahraga yang tidak mendapat dukungan suara yang dibutuhkan, yaitu 66%  untuk lolos ke Olimpiade 2016.IOC hanya meloloskan rugby dan golf.

"Rugby pemainnya sedikit, penontonnya banyak dan mungkin punya nilai jual untuk televisi. Tapi karate pertandingannya banyak, penontonnya sedikit," imbuhnya.

Tapi, peluang untuk karate pada 2020 cukup besar. Untuk itu, Federasi Karate Dunia (WKF) terus menggalakan kampanye, seperti dengan memiliki program TV yang mendunia. Karate juga sudah memiliki event internasional sangat penting seperti kejuaraan dunia WKF dan kejuaraan Premier League yang juga digelar di Indonesia sejak tahun ini.

Dengan kebulatan tekad dan upaya keras yang terus menerus, diharapkan karate bisa segera mentas di ajang elite itu, menyusul keberhasilan judo, tinju dan taekwondo, yang sudah lebih dulu masuk ke Olimpiade.    

Hari Karate
Sementara itu, acara latihan bersama di pelataran Candi Borobudur ini diikuti sekitar 5 ribuan ribuan karateka dari berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, serta sekitar 15 perguruan. PB Forki juga memboyong ratusan karateka dari Jakarta dengan menggunakan 7 bus.

Kegiatan itu juga untuk menjawab keputusan Federasi Karate Dunia (WKF) yang telah melaunching 7 Oktober 2012 sebagai Hari Karate (The Karate Day). Diperkirakan, lebih dari 100 juta karateka dan praktisi karate di seluruh dunia menggelar aksi sama di negara masing-masing. Apalagi, kegiatan itu merupakan anjuran WKF yang meminta 185 federasi karate sedunia merayakan The Karate Day dengan berbagai cara.

PB Forki menggelar pemanasan dan latihan bersama sebagai simbol persatuan dan kesatuan karate Indonesia. Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji langsung memimpin acara tersebut. Kegiatan itu pun sempat menjadi perhatian para turis dan wisatawan lokal yang berkunjung ke candi yang masuk tujuh keajaiban dunia tersebut.

"Acara semacam ini juga digelar di 33 provinsi dan sekira 500 kabupaten dan kota," kata Hendardji. (fit)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan