Republika Online

sumber :-

Republika Online


Ibra Kena Kartu Merah, PSG Dikalahkan Saint Etienne

Posted: 03 Nov 2012 08:43 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pierre-Erick Aubameyang masuk sebagai pemain pengganti untuk menginspirasi Saint-Etienne menang 2-1 atas pemuncak klasemen Liga Prancis Paris Saint Germain di Parc des Princes pada Sabtu, pada hari yang memberi nasib yang bertolak belakang bagi penyerang-penyerang tersubur di liga.

Aubameyang, yang dianggap hanya cukup bugar untuk menjadi pemain cadangan, membuat Mamadou Sakho membelokkan bola ke arah gawangnya sendiri 10 menit menjelang turun minum, sebelum mencetak gol atas namanya sendiri pada menit ke-73, ketika Zlatan Ibrahimovic mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran keras terhadap kiper Stephane Ruffier.

Guillaume Hoarau memberikan gol hiburan bagi PSG, namun itu dapat menghindarkan pasukan Carlo Ancelotti mengalami kekalahan perdana di liga musim ini.

Kemenangan bagi Saint-Etienne membuat mereka naik ke peringkat keempat di klasemen, dengan koleksi poin yang sama dengan Lyon, sedangkan PSG tetap memimpin klasemen dengan keunggulan tuga poin atas Toulouse dan Marseille, di mana kedua pesaingnya itu baru akan bermain pada Ahad (4/11).

Ruffier merupakan kiper yang lebih sibuk pada babak pertama, di mana ia harus menepis umpan silang Gregory van der Wiel sebelum memblok sepakan Ibrahimovic.

Saint-Etienne hanya mampu mengalahkan PSG dua kali dari 32 pertandingan di Paris, dan Les Verts hanya mendapat sedikit peluang di babak pertama ketika Salvatore Sirigu meninju tendangan bebas melengkung Romain Hamouma.

Javier Pastore melepaskan tandukan melebar dari umpan Maxwell ketika PSG memulai babak kedua dengan lebih agresif, namun masuknya Aubameyang di menit ke-52 membuat arah pertandingan berubah.

Hanya beberapa menit setelah ia masuk, bintang Gabon itu bekerja sama dengan baik dengan Fabien Lemoine, sebelum merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan mendatar yang masuk ke bagian atas gawang Sirigu karena mengenai tulang kering Sakho.

Malam ini berubah menjadi lebih buruk bagi tuan rumah ketika penyerang mereka Ibrahimovic diberi kartu merah oleh wasit Laurent Duhamel, setelah melanggar Ruffier ketika berupaya untuk mengejar umpan panjang.

Saint-Etienne memaksimalkan keunggulan jumlah pemain mereka ketika Alejandro Alonso menaklukkan Mathier Bodmer di lapangan tengah sebelum memberi umpan pada Aubameyang, yang dengan tenang mencetak gol kedua untuk menggandakan keunggulan timnya.

Hoarau membuang sejumlah peluang untuk memperkecil ketinggalan sebelum akhirnya menemukan target pada dua menit sebelum pertandingan usai, namun gol perdananya di liga musim ini tidak dapat menggagalkan Saint-Etienne meraih kemenangan perdana di ibukota Prancis sejak Februari 2007. 

Ditahan Imbang Swansea, Chelsea Jadi 'Yang Kedua'

Posted: 03 Nov 2012 08:12 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SWANSEA - Chelsea mengakhiri pekan yang kontroversial ini dengan rasa frustrasi, ketika mereka gagal merebut kembali posisi puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah Pablo Hernandez membuat Swansea mendapat hasil imbang 1-1 melalui gol penyama kedudukannya di menit ke-88.

Gol pertama Victor Moses di Liga untuk Si Biru terlihat akan mengamankan kemenangan tandang di Stadion Liberty pada Sabtu, sebelum Hernandez meneruskan kebangkitan Swansea di bawah asuhan Michael Laudrup melalui sepakan hebat.

Chelsea hanya meraup satu poin dari dua pertandingan liga terakhir mereka, setelah dikalahkan Manchester United pada akhir pekan silam. Mereka sekarang terpaut satu poin dari pemuncak klasemen United, menyusul kemenangan 2-1 Setan Merah atas Arsenal di Old Trafford pada Sabtu sore.

Meski pertandingan ini tidak memiliki kontroversi sebanyak pertandingan terakhir, John Obi Mikel dicemooh oleh sebagian penonton pada fase awal pertandingan.

Hal itu kelihatannya berkaitan dengan keputusan Si Biru untuk mengajukan keluhan resmi terhadap FA, atas dugaan Mark Clattenburg menggunakan "bahasa yang tidak layak" kepada gelandang Nigeria itu pada pertandingan melawan United - tudingan itu sendiri dibantah oleh sang wasit.

Tim tamu nyaris kemasukan pada menit ketiga ketika Angel Rangel melesak dari sisi kanan, namun Branislav Ivanovic masih mampu memotong umpan silangnya yang ditujukan untuk Michu. 

Pasukan Laudrup harus berterima kasih pada Leon Britton ketika ia menggagalkan tandukan Fernando Torres sebelum melintasi garis gawang pada menit ke-12.

Namun segera setelah itu tuan rumah kembali mengancam, ketika Hernandez mencungkil bola melewati pertahanan Si Biru, bagaimanapun Michu tidak mampu menyambar bola meski ia telah merentangkan kakinya.

Moses, yang merupakan pemain terbaik di pertandingan tengah pekan saat Chelsea menang 5-4 atas United di Piala Liga, terlihat hidup kembali dan sundulan Torres masih dapat dijinakkan tangan Gerhard Tremmel setelah kiper Swansea itu menghalau umpan silang pemain internasional Nigeria itu ke arah Torres.

Mikel menjadi penyelamat Chelsea ketika ia menghalau peluang Ki Sung Yueng setelah ia mendapat umpan dari Wayne Routledge, sedangkan beberapa saat sebelum turun minum Ashley Williams bertindak tepat untuk menggagalkan Torres memberi umpan pada Eden Hazard, saat Si Biru melakukan serangan balik.

Meski peluang sempurna merupakan hal langka di babak pertama, namun ini merupakan babak yang menghibur, dan sang juara Eropa, yang menggantikan Oriol Romeu dengan Ramires pada babak kedua, kemudian memperketat genggaman mereka.

Tremmel harus menepis tendangan bebas Hazard yang berbuah tendangan sudut, namun Chelsea kemudian mendapatkan gol mereka. Oscar memberi umpan ke mulut gawang untuk disambar Gary Cahill dan Moses, di dalam kotak penalti, melepaskan tandukan yang masuk lewat bagian bawah tiang gawang.

Ini merupakan gol kedua Moses sejak didatangkan dari Wigan pada musim panas, satu gol lagi dicetaknya saat melawan Wolverhampton di Piala Liga, dan ia menerima tepuk tangan meriah dari para pendukung Chelsea ketika digantikan oleh Daniel Sturridgedi menit ke-72.

Turunnya hujan es menyulitkan kedua kubu dan kiper Chelsea Petr Cech hampir ditaklukkan sepakan cungkil pemain pengganti Swansea Nathan Dyer pada menit ke-75.

Saat Si Biru terlihat akan membawa pulang tiga poin, Hernandez memiliki ide lain saat ia bertukar operan dengan pemain pengganti Itay Schechter sebelum melepaskan sepakan rendah ke sudut kanan bawah gawang Chelsea yang tidak dapat dijangkau Cech. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan