Republika Online

sumber :-

Republika Online


Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia

Posted: 15 Nov 2011 09:18 AM PST

SPORTKU.COM - Penyisihan grup B 26th Sea Games 2011 timnas basket putra Indonesia vs Malaysia. Lihat jadwal lengkap dan hasil pertandingan timnas basket putra dan putri Indonesia di Sea Games XXVI di sini. Untuk melihat roster lengkap susunan pemain timnas basket putra klik di sini. Pertandingan akan berjalan selama empat quarter @ 10 menit.

Partai pembuka Indonesia di Sea Games XXVI adalah melawan Myanmar. Di posisi starter, coach Rastafari menurunkan Xaverius[SG], Mario Wuysang [PG], Koming [PF], Rony G. [C], Amin [SF].

Xaverius yang baru dijadikan starter pada game ini mencetak point pertama untuk membuka pertandingan. Pertahanan Malaysia yang dipimpin oleh Yoong King Kwwaan #14 memblok serangan Koming dua kali di menit awal pertandingan. Kurangnya rebound dan serangan di offense, membuat coach Ito memasukkan Dodo untuk menggantikan Koming.

Masuknya Dodo membuat pertahanan Indonesia semakin bagus dan membuka ruang untuk Aconk di offense mendapatkan offensive rebound dan memasukkan three points. Selain itu center Malaysia, Kwan jadi tertarik keluar karena Dodo bisa menembak dari garis tiga angka.

Xaverius yang menembak three points kedua untuk Indonesia, harus ditarik keluar oleh sang pelatih karena terkena dua foul di lima menit awal kuarter pertama. 13 dari 15 points pertama Indonesia semuanya berasal dari outside shot [2 point berasal dari fast break]. Indonesia memimpin dengan skor 15-9 pada akhir quarter pertama.

Pemain cadangan seperti Iyus, Dodo, dan Batam yang bermain bagus di kuarter pertama, dipertahankan untuk bermain di kuarter kedua bersama Wuysang dan Koming menjadi lineup di kuarter kedua. Iyus dan Dodo membuka kuarter kedua dengan outside shot, yang membuat pelatih Malaysia memanggil timeout.

Jagoan utama Malaysia, Batumalai #10 dijaga habis oleh Wuysang sehingga tidak mencetak point di 14 menit pertama pertandingan. Setelah Dodo melakukan offensive rebound dan putback points yang membuat Indonesia unggul 25-11, Malaysia dengan aneh mengganti empat pemain intinya sekaligus dan mempertahankan Batumalai #10 di lapangan.

Selepas Indonesia memanggil timeout, pemain Indonesia pun memasukkan dua three points [dari Wuysang dan Amin] dan satu outside shot [Batam] melawan empat pemain cadangan Malaysia. Skor 30-11 untukk keunggulan Indonesia.

Permainan Malaysia sungguh tidak berkembang dengan berbagai turnover dan outside shooting mereka yang tidak berjalan di kuarter kedua, dan hanya mampu menambah dua points di enam menit jalannya kuarter kedua.

Defense solid Indonesia yang dipimpin oleh Welly menambah semangat juang timnas Indonesia. Sementara itu Wuysang melakukan dua no look pass/assists yang indah kepada Rony Gunawan. Di empat menit terakhir kuarter kedua, Malaysia baru bangkit dengan menambah enam points. Skor sebelum half time 39-17 untuk keunggulan Indonesia.

Pada quarter ketiga Malaysia mencoba menutup usaha dari tim Indonesia dengan transisi defense ke offense menggunakan full court press. Pertahanan half court Malaysia cukup membuat Indonesia kalang kabut. Namun pada tiga menit jalannya kuarter ketiga, akhirnya Xaverius berhasil memecah kebuntuan Indonesia dengan aksi three point. 

Wong #8 yang menjadi top skor sementara untuk Malaysia sampai kuarter ketiga, tampil gemilang dengan mencetak 10 points.

Pertahanan Malaysia semakin menguat pada menit ke delapan. Lau #5 PG Malaysia-pun mampu membuat Faisal melakukan dua kali turnover, dan berakibat keuntungan bagi Malaysia. Defense kuat di kuarter ketiga ini membuat Indonesia mengalami stagnasi angka.

Pada menit-menit akhir kuarter ketiga Batam #5 tampil cerdik di lini bawah Malaysia. Batam berhasil menghasilkan point dari muntahan bola Rony #13 yang gagal melakukan aksi sky hook.

Indonesia yang sempat unggul sampai 24 points di kuarter kedua, bermain kendor di kuarter keempat. Keunggulan Indonesia berhasil dipangkas Malaysia sampai tinggal 12 points di jalannya dua setengah menit pertandingan di kuarter keempat. Coach Ito memberi instruksi untuk bermain di post area atau menerobos masuk ke dalam.

Strategi itu berbuah manis dengan memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 17 points. Skor 58-39 untuk keunggulan Indonesia dan waktu menunujukkan sisa empat menit di kuarter keempat. Walaupun Indonesia memimpin, namun lini bawah tim Indonesia sempat dibuat kewalahan, karena Malaysia memaksa Dodo #15 melakukan dua kali foul.

Pertandingan di tiga menit akhir kuarter keempat berjalan ketat. Persaingan angka antara kedua tim memanas sehingga memaksa Malaysia meminta timeout. Rebound emas disusul dengan fast break tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh Faisal. Ary dan Dimas memasuki pertandingan di sisa dua menit terakhir, yang menandakan kepercayaan diri pelatih Indonesia untuk memenangkan pertandingan.

Skor akhir pada menit akhir kuarter keempat adalah 45 - 59. Indonesia membuktikan bahwa mereka masih berada satu level di atas lawannya, Malaysia. Rotasi timnas basket Indonesia: PG Wuysang/Faisal, SG Xaverius/Amin, SF Amin/Batam, PF Koming/Acong, C Acong/Dodo.

Sebenarnya Malaysia adalah tim yang baik, namun karena permainan buruk mereka di dua kuarter awal [Indo 39 - 17 Malaysia di babak pertama, Indo 20 - 28 Malaysia di babak kedua], membuat mereka tidak bisa menebus kesalahan mereka sampai akhir pertandingan. Top skor tim Malaysia adalah Wong #8 dengan 12 points.

Empat pemain Indonesia mencetak double digit points [Batam, Iyus, Amin, Aconk]. Amin kembali menjadi top scorer Indonesia selama dua pertandingan terakhir di Sea Games [12 points dan 5 rebounds vs Malaysia]. Malaysia gagal memasukkan semua usaha three pointsnya [0-12 3FG]. Batam menjadi bintang lapangan Indonesia hari ini dengan 11 points dan 11 rebounds 1 block,assist, dan steal [4 TO].

Dengan kemenangan ini, Indonesia berpeluang besar untuk menjadi juara grup dan lolos ke semifinal. Indonesia menjadi juara sementara di grup B dengan empat points [lihat klasemen basket 26th Sea Games 2011 di sini].

Sampai jumpa di penyisihan grup B 26th Sea Games 2011 antara timnas basket putra Indonesia vs Singapura besok [hari Rabu, 16 November 2011].

                      Q1   Q2   Q3   Q4

Indonesia    15   39    48     59

Malaysia        9   17     33     45

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Pemain andalan Malaysia Guganeswaran Batumalai #10

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Pemain andalan Malaysia Guganeswaran Batumalai #10

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Xaverius

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Xaverius

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Koming under ring

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Koming under ring

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Wuysang dan Batam

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Wuysang dan Batam

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Tim Malaysia

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Tim Malaysia

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Koming challenge shot

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Malaysia - Koming challenge shot

Full content generated by Get Full RSS.

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik

Posted: 15 Nov 2011 09:17 AM PST

SPORTKU.COM - Pau Gasol siap untuk membuktikan bahwa Lakers masih yang terbaik. Memang, Los Angeles Lakers disapu bersih oleh Dallas Mavericks di final wilayah Barat playoffs 2011.

Gasol sendiri hanya mencetak 13.1 points dengan FG 42% dalam 10 pertandingan playoff melawan Dallas dan New Orleans. Walaupun Gasol tidak berperforma baik pada playoffs tahun 2011 lalu, pemain yang pernah menjadi All-Star empat kali tersebut merasa tidak khawatir.

Gasol sadar dengan kritik dari semua orang dan bertanggung jawab atas permainannya yang buruk tahun lalu. Namun Gasol bertekad untuk melanjutkan hidupnya.

"Terima kasih untuk kepercayaan yang telah diberikan kepada saya. Itu saja yang bisa saya katakan. Saya tidak bisa memusatkan perhatian terhadap hal-hal negatif. Itu bukan saya yang sesungguhnya. Dan sepanjang karir saya, saya tidak pernah seperti itu. Jika anda mengenal saya, maka - tunggu dan lihat saja," ujar Pau kepada ESPNLosAngeles.com.

Gasol berkata bahwa ia benar-benar dalam kondisi kesehatan yang baik dan percaya bahwa ia bisa membuktikan diri kepada orang-orang yang meragukannya kalau mereka salah. "Kita tunggu saja ya," ujar Gasol. "Itulah sebabnya hidup ini sungguh menarik. Saya tidak sabar untuk segera membuktikan omongan saya."

Gasol juga optimis dengan tim Lakers sendiri. Minggu lalu, pelatih Mike Brown memberi tahu kepada sekelompok kecil repoter di pusat latihan Lakers [El Segundo] bahwa ia tidak merasa perlu ada perubahan besar dalam susunan pemain di tim Lakers agar mereka bisa juara.

"Saya tidak merasa kita perlu mengubah terlalu banyak dari apa yang sudah ada, karena kita sudah mempunyai culture untuk menang di Lakers," ujar Mike Brown. Gasol pun setuju dengan pendapat Mike tersebut, namun ia merasa timnya harus berperforma dalam level yang lebih tinggi daripada tahun lalu

"Bukan berarti kita harus mengubah identitas tim kami. Kita hanya perlu memastikan bahwa kita bekerja sekeras tim lain di NBA, atau mungkin bekerja paling keras. Kami harus punya keinginan kuat untuk menjadi juara, minimal sama seperti tim lain, atau mempunyai keinginan yang paling kuat, itu saja," ujar Pau. "Itu adalah tiga hal dasar dari sebuah kesuksesan, baik sebagai seorang juara dan menjadi calon juara."

Ketika Lakers kalah 2-0 dari Mavericks di playoffs 2011, center Lakers Andrew Bynum mengatakan bahwa timnya tidak saling percaya satu sama lain. "Saya rasa hal itu tidak akan menjadi masalah sama sekali," ujar Pau. "Saya rasa grup kami - dengan apa yang sudah kita lalui bersama, dan bukan hanya dengan apa yang kami lalui tahun lalu - kami sudah siap untuk bekerja dan memperbaiki performa kami."

"Sebagai sebuah grup, kita harus berpikir positif, bersatu dan melupakan semua komentar buruk tentang kami. Kadang-kadang kami akan tampil baik, kadang-kadang mungkin kami tidak bisa tampil baik. Namun kita harus membuktikannya. Lebih baik beraksi daripada berbicara. Kami tidak sabar untuk segera beraksi," ujar Gasol.

"Situasi yang kami alami adalah sebuah tantangan yang sangat sulit. Kami harus melakukan sesuatu yang sangat sulit dicapai, yaitu memenangkan tiga gelar NBA berturut-turut," ujar Pau. "Yang terjadi tahun lalu, biarlah berlalu, dan kami harus belajar dari pengalaman."

Kredit text: http://espn.go.com/los-angeles/nba/story/_/id/7162332/pau-gasol-win-los-angeles-lakers-work-hardest

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau menjadi juara di Lakers. Sumber foto: http://goo.gl/13CtH

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau menjadi juara di Lakers. Sumber foto: http://goo.gl/13CtH

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau dan Marc sang adik. Sumber foto: http://goo.gl/RZOc4

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau dan Marc sang adik. Sumber foto: http://goo.gl/RZOc4

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau dengan kostum negaranya. Sumber foto: http://goo.gl/8gs1o

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau dengan kostum negaranya. Sumber foto: http://goo.gl/8gs1o

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Odom, Kobe, dan Gasol. Sumber foto: http://goo.gl/zoZT8

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Odom, Kobe, dan Gasol. Sumber foto: http://goo.gl/zoZT8

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau di Memphis. Sumber foto: http://goo.gl/I1Hap

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau di Memphis. Sumber foto: http://goo.gl/I1Hap

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau di tim Spanyol. Sumber foto: http://goo.gl/5oqhD

Pau Gasol Siap Untuk Membuktikan Bahwa Lakers Masih Yang Terbaik - Pau di tim Spanyol. Sumber foto: http://goo.gl/5oqhD

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan