detikcom

sumber :-

detikcom


Surat KONI dan Keputusan Jabar Lolos ke 6 Besar Sepakbola PON

Posted: 16 Sep 2012 10:30 AM PDT

Jakarta - Meski sempat mendiskualifikasi Jawa Barat, PB PON kemudian tetap meloloskan provinsi tersebut ke babak 6 besar cabang sepakbola PON. Diketahui kalau keputusan itu diambil setelah munculnya surat dari KONI Pusat.

Pernyataan soal adanya surat KONI dalam keputusan lolosnya Provinsi Jabar itu tersebut termuat dalam sebuah surat yang dikeluarkan Dewan Hakim PON XVIII.

Surat yang dikeluarkan oleh Dewan Hakim PON tersebut merupakan jawaban atas pernyataan keberatan yang ajukan Jawa Timur, setelah mereka tak lolos ke babak enam besar. Surat Dewan Hakim PON tersebut bertanggal 15 September 2012 dengan nomor 14/B/DH-PONXVIII/IX/2012 dan ditandatangani oleh Sudirman selaku ketua dewan hakim dan beredar di kalangan wartawan pada Minggu (16/9/2012).

Dalam suratnya itu, Dewan Hakim PON XVIII memberi dua penjelasan terkait keberatan Jawa Timur. Penjelasan pertama adalah bahwa keputusan mengenai kelolosan Jawa Barat ke babak enam besar PON bersifat final dan mengikat.

Sementara pada penjelasan poin kedua, Dewan Hakim PON XVIII menyebut kalau mereka menerima sebuah surat tugas dari Ketua Umum KONI Pusat bernomor 1307/UMM/IX/2012 tertanggal 12 September 2012. Surat tugas tersebut menyatakan bahwa Dewah Hakim PON XVIII tidak punya wewenang untuk menilai, memeriksa, dan mengadili surat itu.

Sebelumnya, penentuan tim yang lolos ke babak enam besar cabang sepakbola PON diwarnai kericuhan. Itu bermula saat Jabar (juara Grup B) dinyatakan didiskualifikasi dari PON, yang membuat Jawa Timur yang berstatus peringkat tiga Grup B berhak lolos.

Setelah menggelar techical meeting, Jabar akhirnya dinyatakan tetap lolos. Saat dihubungi terpisah, Ketua Bidang Hukum KONI Jabar, Agus Sihombing, mengatakan, lolosnya Jabar ke babak enam besar karena kualitas dan kemampuan menjuarai Grup B dengan menyisihkan juara bertahan Jatim.

Agus ketika itu membantah anggapan lolosnya Jabar karena intervensi pihak tertentu seperti adanya permintaan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

( din / mfi )

Spurs Petik Kemenangan Pertama

Posted: 16 Sep 2012 09:54 AM PDT

Reading - Tottenham Hotspur akhirnya bisa memetik kemenangan pertamanya di Premier League musim ini. Menghadapi Reading, tim asuhan Andre Villas-Boas itu menang dengan skor 3-1.

Di Madejski Stadium, Minggu (16/9/2012) malam WIB, Spurs membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-18. Diawali umpan terobosan Gylfi Sigurdsson ke Aaron Lennon, nama kedua kemudian langsung memberikan bola kepada Jermain Defoe. Dengan cerdik, Defoe melepaskan tendangan menyilang yang tak mampu dijangkau kiper Alex McCarthy.

Pada menit ke-31, McCarthy melakukan blunder yang nyaris saja berbuah gol kedua Spurs. Kontrol bolanya saat menerima back pass sangat buruk dan si kulit bundar berhasil direbut Defoe. Defoe kemudian mengoper ke Sigurdsson dan Sigurdsson menembak dari jarak dekat. Beruntung buat Reading, masih ada Alex Pearce yang membendung bola di atas garis gawang.

Spurs baru bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-71. Berawal dari penetrasi Kyle Walker di sisi kanan, bola diumpankan ke kotak penalti, dimana di sana ada Gareth Bale yang menyambutnya dengan tendangan kaki kanan mematikan.

Cuma berselang tiga menit, Spurs menjebol gawang tim tuan rumah lagi berkat gol Defoe. Defoe melakukan aksi individu dari tengah lapangan, meliuk-liuk mengalahkan dua bek lawan sebelum menyelesaikan aksinya dengan tendangan ke arah tiang jauh.

Di menit-menit akhir, Reading mencetak gol hiburan lewat Hal Robson-Kanu. Robson-Kanu berhasil mencocor umpan silang Adam Le Fondre tanpa bisa dicegah oleh Brad Friedel.

Dengan hasil ini, Spurs naik ke posisi kesepuluh klasemen sementara dengan lima poin dari empat pertandingan. Reading di posisi ke-19 dengan satu poin dari tiga partai.

Susunan pemain
Reading: McCarthy, Gunter, Harte, Gorkss, Pearce, Karacan (Le Fondre 45'), Leigertwood, Guthrie (Robson-Kanu 83'), McCleary, McAnuff, Pogrebnyak (Hunt 83')

Tottenham Hotspur: Friedel, Walker, Gallas, Vertonghen, Naughton, Sandro, Dembele, Sigurdsson (Huddlestone 72'), Bale (Dempsey 78'), Lennon (Townsend 88'), Defoe

( mfi / din )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen