KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Yamaha Fokus Perbaiki Grip Belakang

Posted: 31 Jan 2011 02:52 PM PST

MotoGP

Yamaha Fokus Perbaiki Grip Belakang

Penulis: Aloysius Gonsaga AE | Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Senin, 31 Januari 2011 | 22:52 WIB

KOMPAS.com - Yamaha fokus untuk menyelesaikan persoalan grip (daya cengkeram) ketika melakoni tes musim dingin. Tim asal Jepang tersebut bertekad untuk mempertahankan dominasi mereka di arena MotoGP, meskipun mulai musim 2011 ini tak diperkuat superstar Valentino Rossi, yang hengkang ke Ducati.

Rossi dan juara dunia 2010, Jorge Lorenzo, sudah mengemukakan titik lemah Yamaha sepanjang musim lalu. Motor YZR-M1 memiliki kelehaman pada grip belakang, meskipun memenangi total 11 balapan dan  berhasil menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Lorenzo dan rekan setimnya yang baru, Ben Spies, akan mendapat kesempatan pertama untuk mengetes motor YZR-M1 di Sepang, Selasa (1/2/11), ketika tes resmi perdana MotoGP dimulai di Malaysia. Dua pebalap itu berharap, grip belakang sudah diperbaiki sehingga mereka bisa bersaing ketat dengan Rossi di Ducati serta Casey Stoner di Honda.

Bos Lorenzo di tim Yamaha, Wilco Zeelenburg mengatakan kepada MCN: "Kami sudah jelas dengan beberapa persoalan yang harus diperbaiki dan itu dimulai dari grip. Tentu saja kami juga sedikit memperbaiki performa mesin.

"Di bagian lagi pun ada sedikit, tetapi tak menjadi persoalan besar. Kami semua membalap dengan ban yang sama, sehingga jika kami bisa membuatnya lebih baik maka kami memiliki keuntungan besar."

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Stoner Terinspirasi Mick Doohan

Posted: 31 Jan 2011 01:41 PM PST

KOMPAS.com Casey Stoner untuk pertama kalinya tampil dengan warna kebesaran tim Repsol Honda MotoGP dalam acara peluncuran di Pan Pacific Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (31/1/11) malam. Juara dunia 2007 tersebut mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari tim Jepang itu.

Namun, ada satu hal yang membuat Stoner merasa sangat spesial ketika mengenakan seragam Honda. Pebalap Australia ini ingin mengikuti jejak kompatriotnya yang merupakan legenda MotoGP, Mick Doohan, yang pernah lima kali menjadi juara dunia bersama Honda. Doohan menjadi pebalap terakhir dari Australia yang memperkuat Honda pada 1994-1998.

"Menjadi sebuah impian saya untuk berada di tim ini dan mengikuti jejak Mick Doohan," ujar Stoner yang memutuskan hengkang ke Honda setelah empat musim membela Ducati.

"Bahkan tiga pebalap (2011) tim akan kembali ke hari-hari Doohan, Criville, dan Okada. Karena itu, ada sedikit sejarah dan semoga kami semua bisa berada di depan, saling menekan, dan saya pikir memiliki dua teman yang tangguh (Pedrosa dan Dovizioso) adalah hal yang menakjubkan."

"Bagi saya (menggapai apa yang Doohan lakukan) tidak mungkin," Stoner menegaskan.

"Nomor satu, saya sudah mengatasi cedera yang sama sepertinya. Saya pikir, itulah sesuatu yang orang lihat ketika mereka membandingkannya dengan para pebalap lain."

"Saya tidak mengatakan itu hanya karena dia adalah pebalap senegara, tetapi karena karier yang dimilikinya dan apa yang dia raih. Determinasi Doohan dan gaya tidak pernah menyerah adalah apa yang sedang saya usahakan supaya bisa menirunya dalam karier saya. Dia telah menjadi inspirator saya."

Stoner secara resmi akan menggunakan kostum Repsol pada tes resmi perdana MotoGP di Sepang, Malaysia, Selasa besok. Sebelumnya, dia sudah melakukan debutnya dengan RC212V pada tes post-season di Valencia, Spanyol, pada awal November lalu. Namun, saat itu Honda masih dalam balutan warna putih. Pada hari terakhir latihan itu Stoner menjadi yang tercepat.

"Valencia adalah waktu yang paling menyenangkan bagi saya karena akhirnya bisa menunggang motor," ujar Stoner. "Tentu saja tidak ada motor yang sempurna untuk setiap pebalap, tetapi kami tidak ada pertanyaan terlalu banyak dari hasil tes pertama."

"Kami memiliki perasaan yang luar biasa dari motor dan saya memiliki waktu yang bagus. Sekarang saya menantikan waktu (menunggang) itu lagi," ujarnya.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan