KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Rossi Ingin Ubah Sedikit Gaya Balapnya

Posted: 03 Feb 2011 03:07 PM PST

SEPANG, Kompas.com - Valentino Rossi senang dengan perkembangan ketahanan fisiknya selama tampil di tiga hari tes resmi perdana MotoGP 2011 di Sepang, Malaysia. Pasalnya, dia terus menunjukkan kemajuan yang signifikan, yang berimbas pada catatan waktu yang dibikin.

Ya, pada hari ketiga tes pra-musim ini, Kamis (3/2/11), "The Doctor" terus meningkatkan jumlah lap yang bisa dilahap. Setelah hanya mampu menyelesaikan 30 lap di sesi pukul 14.00, juara dunia tujuh kali MotoGP ini bisa meningkatkannya menjadi 42 dan pada sesi penutup dia berhasil menyelesaikan 52 lap di Sirkuit Sepang. Ini adalah jumlah terbanyak yang mampu digapai pebalap Italia tersebut, sejak operasi bahu pada pertengahan November lalu.

"Saya sangat senang dengan bahuku ini, karena hari demi hari ada perbaikan, dan bahkan setelah melakukan tekanan maksimal ketika mengendarai motor MotoGP, saya tidak merasa ada persoalan: sekarang hanya tinggal pertanyaan mengenai kekuatan," ujar Rossi.

"Pergerakanku juga sudah banyak perkembangan, dan saya tak perlu banyak berpikir lagi tentang kondisi fisikku yang membuat saya kehilangan waktu satu detik; mungkin saya kehilangan 0,5 atau 0,6 detik, terutama saat pengereman dan memasuki tikungan."

Memang, selama tiga hari tes pra-musim ini, Rossi terus menunjukkan perbaikan dalam catatan waktunya. Pada hari ketiga, superstar Italia ini memangkas gap dari 1,791 detik menjadi 1,085 detik dari pebalap tercepat. Artinya, dia kini sudah mengalami kemajuan sekitar 0,10 detik.

Peraih sembilan gelar juara dunia balap motor ini juga mengungkapkan rasa puasnya dengan pekerjaan tim. Meskipun masih jauh dari sempurna, tetapi mereka terus menuju ke arah yang positif sesuai dengan apa yang diinginkan.

"Hari ini kami bekerja dengan baik dan bisa mengumpulkan banyak data serta memecahkan persoalan yang dihadapi," jelas mantan pebalap Yamaha ini. "Tentu saja masih ada banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi dibandingkan dengan hari pertama tes, kami sudah mendekati pengesetan yang diinginkan.

"Tak perlu ada perubahan pada karakter Desmosedici; kami perlu mengambil keuntungan dari karakter terbaiknya--stabilitas dan mesinnya--dan memperbaiki bagian-bagian lain, terutama untuk tikungan, sehingga membuatnya lebih baik lagi.

"Secara keseluruhan, evaluasi dari tes ini berjalan baik. Saya masih memerlukan lebih banyak kilometer supaya memahami aspek-aspek lain dari GP11, tetapi meskipun demikian saya harus sedikit mengubah gaya membalapku, saya sekarang mulai merasa lebih betah dengan Ducati."

Setelah menjalani tes resmi perdana ini, Rossi dan para pebalap lainnya akan beristirahat selama sekitar tiga minggu. Setelah itu, pada 22-24 Februari mendatang, mereka kembali menjalani latihan resmi kedua, juga di Sirkuit Sepang.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Vettel Isyaratkan Bertahan Lama di RBR

Posted: 03 Feb 2011 01:54 PM PST

Formula 1

Vettel Isyaratkan Bertahan Lama di RBR

Penulis: Aloysius Gonsaga AE | Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Kamis, 3 Februari 2011 | 21:54 WIB

VALENCIA, Kompas.com — Juara dunia Formula 1 2010, Sebastian Vettel, memberikan isyarat bakal tetap bersama Red Bull Racing untuk beberapa tahun ke depan. Jika demikian, pebalap Jerman ini menepis rumor yang menyebutkan bahwa dalam waktu dekat dia meninggalkan tim juara dunia tersebut.

Memang, dalam beberapa bulan terakhir, Vettel menjadi pusat pemberitaan media karena dia ditengarai akan hengkang. Apalagi, Ferrari juga selalu memasang radar sehingga kapan pun bisa menangkap sinyal kepergian pebalap berusia 23 tahun itu meskipun Red Bull dengan tegas mengatakan tak akan melepasnya.

Namun, sekarang Vettel memberikan kejelasan. Meskipun belum ada tindakan nyata berupa perpanjangan kontrak setelah digandeng hingga 2012, dia mengaku sudah punya pertimbangan untuk tetap di Red Bull paling tidak selama beberapa tahun ke depan.

"Saya merasa sangat bagus, baik secara kontrak maupun dengan keinginan sendiri, untuk beberapa tahun ke depan," ujar peraih 10 kemenangan grand prix tersebut kepada agen berita Jerman, SID. "Saat ini tak ada banyak hal yang harus dibicarakan, tetapi saya masih muda...," katanya.

Rumor perpindahan Vettel ini sempat menimbulkan polemik antara Ferrari dan Red Bull. Pasalnya, Ferrari pernah mengutarakan keinginan untuk menggaet Vettel, dan Red Bull membalasnya dengan mengatakan bahwa Vettel bertindak bodoh jika hengkang hanya karena ingin memperkuat Ferrari. Inilah yang membuat Ferrari kecewa dan mengatakan Red Bull tidak menunjukkan "moral" sebagai tim juara dunia.

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen