KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Remis Lagi, Susanto Merosot ke Urutan Kesembilan

Posted: 18 Oct 2011 03:39 PM PDT

JAKARTA, Kompas.com - Pecatur terbaik Indonesia, GM Susanto Megaranto, kembali merosot ke posisi sembilan klasemen pada babak kedelapan Indonesia Open. Meskipun demikian, pecatur berusia 24 tahun ini menjadi satu-satunya pecatur Indonesia yang berada di sepuluh besar.

Posisi Susanto naik-turun pada klasemen sementara selama event ini. Tetapi dia selalu bertahan di kelompok sepuluh besar, di mana sebelumnya Susanto sempat naik ke posisi tujuh dari peringkat sembilan di babak keenam.

Pada babak kedelapan, Susanto ditahan remis oleh pecatur asal Filipina, IM Richard Bitoon. Permainan keduanya berhenti pada langkah ke-31 sehingga sampai klasemen babak delapan ini, mereka sama-sama memperoleh poin 5,5.

Sebelumnya, di babak ketujuh, Susanto juga ditahan remis oleh pecatur terbaik asal Filipina, GM Wesley So (18), pada langkah ke 30.

Sementara itu, WGM Irene Kharisma Sukandar, melesat ke posisi 29 dari sebelumnya di posisi 38. Pecatur wanita nomor satu di Indonesia itu mengakui permainannya tersendat-sendat di awal kejuaraan, tetapi pada dua babak terakhir ini ia dua kali menang sehingga berhasil mengumpulkan 4,5 poin.

"Penampilan saya agak tersendat-sendat, tetapi dua babak (terakhir) ini saya buat kemenangan. Semoga final besok bisa menang lagi," kata pecatur berusia 19 tahun ini seusai pertandingan babak kedelapan.

Irene, yang akan mengikuti liga lokal China pekan depan itu, mengakui bahwa turnamen ini memang cukup berat. Tetapi ia menyatakan bahwa turnamen ini sangat bagus untuk pemanasan sebelum menghadapi SEA Games XXVI.

Hasil klasemen sementara hingga babak kedelapan ini, Surya Shekhar Ganguly asal India berhasil melesat ke peringkat satu setelah mengalahkan pecatur asal Filipina, Oliver Barbosa, yang sempat memimpin di puncak pada babak sebelumnya.

Sementara itu, pemain dengan elo-rating tertinggi (2716), GM Wang Yue, yang menghadapi rekannya sendiri, GM Li Chao B, berhenti remis dan secara berturut-turut berada di posisi ketiga dan keempat.

GM Alexey Dreev yang sebelumnya berada diposisi sembilan melesat naik ke posisi kelima, setelah melumpuhkan IM Ebrahim Ahmadinia asal Iran.

Kejuaraan Indonesia Open, yang diikuti 80 pecatur, akan berlangsung sampai 19 Oktober menggunakan format pertandingan Sistem Swiss sembilan babak dan memperebutkan total hadiah senilai 55.500 dollar AS.

Full content generated by Get Full RSS.

Lorenzo Ucapkan Selamat kepada Stoner

Posted: 18 Oct 2011 02:58 PM PDT

KOMPAS.com - Jorge Lorenzo sukses menjalani operasi plastis di Australia. Kin, pebalap Yamaha yang baru saja kehilangan gelar juara dunia MotoGP tersebut sudah terbang kembali ke rumahnya di Barcelona, untuk menjalani masa-masa pemulihan.

Selamat kepada Casey, dia sudah menjadi yang terbaik pada tahun ini, dan pantas meraih gelar keduanya tersebut, prestasi yang diraihnya bersama pabrik berbeda

-- Jorge Lorenzo

Seperti yang sudah dikonfirmasi, mantan juara dunia dua kali kelas 250cc tersebut akan absen di GP Malaysia akhir pekan ini. Peluangnya untuk tampil pada seri terakhir di Valencia, 4-6 November, juga belum bisa dipastikan, karena keputusannya baru akan diambil dalam kurun waktu dua pekan ke depan, tergantung kemajuan proses recovery.

Akhir pekan lalu Lorenzo tak bisa tampil di GP Australia, akibat kecelakaan saat sesi pemanasan pada Minggu (16/10/11) pagi. Hal tersebut melicinkan jalan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, untuk merengkuh gelar juara dunia, setelah naik podium nomor satu pada balapan di depan publik sendiri.

Atas keberhasilan rivalnya tersebut, Lorenzo tak lupa memberikan ucapan selamat. Setelah itu, dia berbicara tentang cedera yang menimpanya.

"Casey mengalami musim yang luar biasa, dengan sangat sedikit melakukan kesalahan. Dia selalu sangat kuat dan konsisten, sehingga sulit untuk mengalahkannya. Selamat kepadanya, dia sudah menjadi yang terbaik pada tahun ini, dan pantas meraih gelar keduanya tersebut, prestasi yang diraihnya bersama pabrik berbeda (Ducati dan Honda)," ujar Lorenzo.

"Saya ingin bertarung sampai akhir musim, mungkin sampai Valencia, tetapi kecelakaan pada hari Minggu membuatnya menjadi tak mungkin. Saya sangat bangga dengan timku, atas semua kerja keras mereka, sehingga berada di posisi kedua klasemen. Sekarang kami harus berpikir tentang tahun depan, dan kerja keras sebisa mungkin untuk kembali menang.

"Setelah kecelakaan, saya sangat khawatir tak bisa merasakan lagi apa-apa pada jariku. Setelah menerima pengobatan yang luar biasa, saya merasa yakin bisa memiliki rasa yang sempurna pada syaraf dan otot. Ini memberikanku kepercayaan diri yang baik; Saya tak sabar untuk kembali duduk di atas M1-ku lagi!"

Memang, akibat kecelakaan tersebut, jari manis kiri Lorenzo terputus pada ruas pertama. Tetapi pada operasi, jari tersebut bisa disambung lagi, dan syarat serta ototnya bisa berfungsi dengan baik. Jari tengah pun mengalami luka, meskipun hanya kehilangan kulit, dan sudah ditutup dengan SSG yang diambil dari hypothenar (kelompok tiga otot telapak tangan yang mengontrol gerakan jari kelingking).

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen