KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Timor Leste Diuntungkan Lokasi di Indonesia

Posted: 07 Nov 2011 03:46 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com Pelatih Timnas U-23 Timor Leste, Antonio Carlos Veira, menyatakan pihaknya merasa beruntung dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games XXVI 2011. Mengingat lokasinya dianggap tidak terlalu jauh dari Timor Leste, suporter mereka bisa datang ke Jakarta untuk memberikan dukungan saat pemain negara itu menjalani laga-laga sepak bola.

Hal itu dikemukakan Veira kepada wartawan, setelah para pemain asuhannya memukul Filipina 2-1 (1-1) pada lanjutan penyisihan Grup B cabang sepak bola SEA Games di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Senin (7/11/2011). Itu kemenangan kedua Timor Leste, setelah memukul Brunei Darussalam 2-1 pada laga perdana.

"Bertanding di Indonesia memberi keuntungan karena suporter kami bisa datang ke sini. Jakarta tidak terlalu jauh dari Timor Leste," katanya.

Dua gol Timor Leste dicetak striker Murilo Ribeiro de Almeida pada menit ke-18. Filipina sempat menyamakan 1-1 melalui sontekan Jose Elmer Porteira pada menit ke-37. Namun, tiga menit setelah turun minum, bek kanan, Diogo Santos Rangel, membuat gol yang menjadi penentu kemenangan Timor Leste.

Selama laga berlangsung, Stadion Lebak Bulus praktis seperti dikuasai suporter Timor Leste. Mereka tidak henti-hentinya meneriakkan sorak-sorai sebagai dukungan. Setiap kali suporter Filipina yang duduk di sisi kanan tribun barat mengelu-elukan timnas mereka dengan teriakan "Philippinos! Philippinos! Philiipinos!" suporter Timor Leste langsung merespons dengan sorak-sorai senada, "Timor Leste, yes! Philippines, no!"

"Kami begitu gembira. Ini laga yang benar-benar sulit. Dibandingkan dengan laga pertama, permainan kami lebih baik," ujar Veira.

"Kini kami punya kesempatan bagus untuk lolos ke semifinal. Namun, kami harus menghadapi Vietnam yang bakal lebih sulit, dan menjadi laga krusial untuk berpeluang lolos," tambah Veira.

Pada babak pertama, menurut Veira, timnya bermain lebih bagus, tetapi posisinya bisa disamakan. Pada babak kedua, Filipina bermain lebih bagus dari Timor Leste. Namun, pada menit-menit awal babak kedua, Timor Leste berusaha memanfaatkan kelengahan konsentrasi Filipina.

Pada laga berikutnya, Rabu (9/11/2011), Timor Leste akan menantang Vietnam, yang dalam kondisi segar bugar karena istirahat tiga hari. Sementara itu, pemain Timor Leste hanya memiliki waktu istirahat sehari.

Full content generated by Get Full RSS.

Ini yang Harus Dibenahi Timnas U-23

Posted: 07 Nov 2011 03:42 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim sepak bola nasional U-23 Indonesia tampil memukau pada laga awal penyisihan Grup A SEA Games XXVI melawan Kamboja, Senin (7/11/2011). Bermain cepat sejak awal, timnas mampu menang telak dengan skor 6-0 atas Kamboja.

Pelatih Timnas U-23, Rahmad Darmawan, mengaku senang atas penampilan pasukannya. Namun, ada beberapa catatan yang perlu dibenahi oleh timnas U-23. Yang jadi perhatian Rahmad adalah gagalnya timnas U-23 dalam mengatur tempo pada awal babak pertama.

"Kami memang bermain cepat. Namun, pemain terlalu banyak mendribel bola. Lalu, saya minta pemain untuk bermain lebih efektif, sirkulasi umpan mulai jalan, dan situasinya bisa lebih enak kalau kita mau dengan terbuka. Saya minta mereka untuk bersabar dalam memberikan umpan, bukan penetrasi atau dribbling bola," kata Rahmad.

Sebenarnya lini pertahanan Indonesia juga harus dievaluasi. Beberapa kali pertahanan "Garuda Muda" berhasil diterobos oleh pemain Kamboja. Bahkan salah satunya berhasil menggetarkan gawang Kurnie Meiga, meski akhirnya dianulir wasit karena pemain Kamboja sudah terlebih dulu offside.

"Praktis Kamboja punya tiga peluang emas. Namun, itu tidak semuanya kesalahan bek. Gol Kamboja yang dianulir itu murni kesalahan pemain tengah yang terlalu cepat melakukan tekel dan dia kehilangan posisi. Seharusnya dia tidak melakukan itu," ungkap Rahmad.

Secara keseluruhan, Rahmad puas dengan permainan keempat pemain belakangnya. Pertahanan Indonesia mampu mencegah tembakan-tembakan lawan. Pertahanan ini masih harus diuji melawan pemain dengan pergerakan lebih cepat. Ini yang akan dibenahi oleh Rahmad.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan