Sindikasi sport.okezone.com

sumber :-

Sindikasi sport.okezone.com


Jabar Ingin Tingkatkan Pastisipasi Wanita di Olahraga

Posted: 26 May 2012 02:19 AM PDT

BANDUNG- Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jabar akan berupaya tingkatkan pertisipasi olahraga masyarakat kaum wanita hingga mencapai 50 persen. Pasalnya sampai saat ini tingkat partisipasi olahraga masyarakat Indonesia belum mencapai angka 15 persen, begitu juga dengan kondisi di Provinsi Jawa Barat.
 
"Menurut kajian di Kemenpora, tingkat partisipasi olahraga masyarakat saat ini, belum mencapai 15 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Begitu juga di Jabar," ungkap Deputi Kementrian Pemuda dan Olahraga Bidang IPTEK, Agus Mahendra saat ditemui HATTRICK seusai membuka Lomba senam bugar Indonesia yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Perwosi Pengprov Jabar yang ke-45 kemarin.
 
Sampai tahun 2014, Perwosi diharapkan bisa meningkatkan pertisipasi masyarakat terutama kaum wanita terhadap olahraga sampai angka 50persen.
 
Agus menilai, Perwosi memimiliki peran strategis dalam upaya peletakan olahraga nasional. Sehingga dengan begitu, semakin banyak masyarakat kaum wanita yang melakukan olahraga.
 
Menurutnya, Perwosi merupakan penggerak wanita olahraga indonesia dan pendamping pemerintah dalam memajukan olahraga. Alhasil bisa berhasil memperlihatkan peran wanita yang menanamkan olahraga wanita sampai berkembang. Untuk itu masyarakat diminta untuk lebih aktif dan menyadari peran penting olahraga.
 
Peranannya tidak langsung dalam pembinaan prestasi.
Dalam undang-undang keolahragaan mengenal tiga runag lingkup keolahragaan, yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi. Perwosi sendiri berperan dalam dua ruang lingkup olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi..
 
" Untuk meningkatkan partisipasi tersebut, juga tergantung daya dukung dan peran serta masyarakat dalam budaya olahraga yang dinilai masih kurang," kata Agus.
 
Sehingga untuk itu, dalam memajukan partisipasi masyarakat dari tiap lapisan terhadap olahraga sangatlah diperlukan.
 
" Karena kelemahan olahraga di kita, baik federasi maupun asosiasi olahraganya lebih konsentrasi pada olahraga prestasi dan melupakan dasar yang lainnya,sehingga menyebabkan sisi partisipasi olahraga masyarakat masih rendah,"tegasnya.
 
Ketua Pengda Perwosi Jabar, Shendy Yusuf menambahkan, dengan lebih meningkatnya partisipasi olahraga dari masyarakat diharapkan menjadi embrio kebangkitan olahraga indonesia terutama Jawa Barat.
 
Dirinya juga berpendapat, bahwa Perwosi tidak secara langsung mencetak atlet, namun menciptakan peningkatan partisipasi masyarakat kaum wanita terhadap olahraga.
 
"Kami tidak secara langsung mencetak atlet, namun meningkatkan partisipasi wanita dan olahraga,"kata Shendy kemarin.
 
Dalam upaya meningkatkan partisipasi olahraga masyarakat, Perwosi secara rutin menggelar event bulanan dan juga mingguan dengan merangkul masyarakat terutama kaum wanita untuk berolahraga.
 
"Salah satu upaya mencapai tujuan, kami secara rutin membuat event besar setiap bulannya dan evnt mingguan, baik itu mengadakan senam bugar berama, jalan sehat, senam aerobik, dance dan sbagainya," tegasnya.
 
Yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi jumlah wanita untuk berolahraga, serta mendorong dan menjadi penggerak kiprah olahraga masyarakat.
(Panji Qadhafi/Koran SI/auz)

650 Ribu Dollar AS Siap Diperebutkan

Posted: 26 May 2012 01:45 AM PDT

JAKARTA – Semenjak naik kelas menjadi Superseries Premier, Djarum Indonesia Open 2012 menjanjikan kompetisi yang lebih menarik dan ketat. Bahkan, hadiah yang akan diberikan pada kali ini jauh lebih besar, dengan kualitas penyelenggaraan tingkat internasional.

Dalam turnamen ini, penghuni rangking 10 besar dunia wajib hadir dan memberikan permainan terbaiknya, demi meraih gelar juara dan memperebutkan hadiah sebesar 650 ribu dolar Amerika Serikat.

Djarum Indonesia Open (DIO) Premier Superseries tahun ini sendiri akan berlangsung pada tanggal 12-17 Juni mendatang. Serangkaian acara menarik pun akan digelar di ruang publik untuk menyambut kejuaraan bulutangkis Internasional yang digadang-gadang sebagai turnamen bergengsi diantara kejuaraan lainnya di Indonesia.

Rangkaian acara tersebut bakal digelar di Jakarta dan Bandung, dimulai dari Matrix Badminton, lalu DIO Action, Badminton Freak, dan terakhir Celebrity Smash.

Seperti tahun sebelumnya, Celebrity Smash akan mengundang pebulutangkis nasional, legenda bulutangkis, serta sederetan selebritis untuk bermain bulutangkis bersama di tengah mal.

Hari ini, Sabtu (26/5/2012), Gandaria City Mall menjadi tempat kemeriahan itu. Para legenda bulutangkis seperti Sigit Budiarto, Haryanto Arbi, dan Chandra Wijaya akan hadir.

Ada pula pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, juga sejumlah selebritis seperti Gading Marten, Arumi Bachsin, Denny Sumargo, Sylvia Fulli, dan Chantal Della Conchetta.
(auz)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan