Republika Online

sumber :-

Republika Online


Tanggal Ini, Debut Internasional Si Aerophobia Bergkamp

Posted: 26 Sep 2011 01:00 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,AMSTERDAM - Dennis Bergkamp melakoni debut internasionalnya untuk Belanda pada laga persahabatan melawan Italia, di Stadion Renzo Barbera, 26 September 1990 atau hari ini 21 tahun lalu.

Bergkamp memulai kariernya sebagai penyerang lubang bersama Ajax. Ia memenangi Piala Winners dan Piala KNVB pada 1987. Ia turut mengantar klub asal Amsterdam tersebut memenangi Eredivisie pada 1990. Penampilannya musim tersebut mengantarnya meraih penghargaan 'Pemain Paling Bertalenta Belanda' dan tampil kali pertama untuk Der Oranje.

Belanda menelan kekalahan 0-1 pada laga persahabatan melawan Italia di Palermo. Tapi, Bergkamp dalam perjalanannya masuk jajaran pencetak gol terbaik tim nasional Belanda.

Pemain yang mengidap aerophobia atau takut menumpang pesawat terbang ini memang gagal memenangi piala bersama Der Oranje. Namun, ia meraih sepatu emas pada Piala Eropa 1992.

Sepanjang kariernya bersama timnas Belanda, Bergkamp melesakan 37 gol dalam 79 penampilan internasional. Jumlah tersebut menjadikannya top skor Belanda ketika pensiun pada 2000 sebelum dipatahkan oleh Patrick Kluivert.

Bergkamp juga memenangi penghargaan ketika hengkang ke Inter Milan dan Arsenal. Bersama Nerazzurri, pria berusia 42 tahun ini memenangi Piala UEFA pada 1994. Khususnya dengan Arsenal, Bergkamp meraih tiga gelar Liga Primer dan empat Piala FA pada kurun 1995 hingga 2006.

Kini, ia dihubung-hubungkan akan kemballi bergabung dengan the Gunners. Bergkamp disebut-sebut bakal mengisi posisi dalam staf kepelatihan Arsene Wenger.

Sore Ini PSSI Umumkan Peserta Liga Super

Posted: 25 Sep 2011 10:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - PSSI berencana mengumumkan daftar klub yang akan mengikuti Liga Super Indonesia, Senin (26/9) sore nanti. Klub yang lolos adalah yang telah lulus verifikasi syarat klub profesional versi PSSI. Hingga kini PSSI masih menyaring 24 klub yang masuk daftar calon peserta Liga Super.

Jumlah klub apakah tetap 24? "Belum bisa dipastikan. Yang jelas kemungkinan akan ada yang tidak lolos dari 24 klub itu," ujar Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, ketika dihubungi, Senin (26/9). ''Tapi, semuanya bisa berubah. Itu tergantung klub apakah bisa melengkapi berkas hingga siang ini. Setelah terkumpul semua berkas, kita tabulasi dan putusakan siapa yang lolos dan tidak.''

Dia menjelaskan ada beberapa tim besar Indonesia yang masih belum memenuhi sejumlah syarat. Namun, sejumlah klub itu berjanji akan melengkapi segala kekurangan administrasi pada Senin ini. Di luar itu, Sihar mengaku ada beberapa klub yang kesulitan mengikuti kompetisi.

Menurut sumber di PSSI, terdapat sedikitnya empat klub yang bakal terlempar dari Liga Super Indonesia. Keempat tim itu terdiri dari satu tim asal Jawa Timur dan tiga dari wilayah Indonesia bagian timur.

Sihar pun mengomentari soal enam tim yang mendapat 'hadiah' cuma-cuma mengikuti Liga Super. Dari keenam klub itu (Persebaya, Bontang FC, PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, PSMS Medan, dan Persema Malang), ada beberapa yang kemungkinan gagal melenggang. Namun, bakal ada beberapa tim itu yang lolos.

"Pokoknya kita tunggu saja hingga sore nanti. Kita usahakan rampung semua proses dan langsung diumumkan," pungkasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan