ANTARA - Olahraga

sumber :-

ANTARA - Olahraga


Palembang gelar Sriwijaya Internasional Expo meriahkan SEAG

Posted: 12 Nov 2011 11:45 AM PST

Palembang (ANTARA) - Palembang yang menjadi tuan rumah Sea Games XXVI menggelar pameran Sriwijaya International Expo untuk memeriahkan ajang olah raga tersebut sekaligus menjaring potensi investasi dan perluasan jejaring pasar di tingkat regional.

"Sriwijaya International Expo diharapkan dapat memperkenalkan peluang investasi dan potensi daya tarik kita," kata Ketua Panitia Sriwijaya International Expo 2011, Tony Panggarbesi, dalam pembukaan acara tersebut di Palembang, Sabtu malam.

Acara tersebut berkonsep industri kecil dan menengah, industri dan investasi, serta gelar budaya dan seni.

Jumlah peserta pameran tercatat 476 peserta dengan delapan di antaranya peserta dari luar negeri, 326 pelaku usaha nasional, dan 142 peserta lokal.

"Ajang ini sekaligus untuk mencari mitra usaha baru, memperkenalkan keanekaragaman seni dan budaya negara-negara anggota ASEAN serta Indonesia khususnya," katanya.

Pihaknya juga berharap ajang itu mampu mendorong kebangkitan industri kreatif disamping memberikan rekreasi dan hiburan kepada para delegasi dan peserta Sea Games sekaligus masyarakat Sumatra Selatan.

"Kami harapkan acara ini dapat mendorong terjalinnya lebih banyak hubungan bisnis, perdagangan, dan investasi," katanya.

Sriwijaya International Expo tahun ini merupakan pagelaran yang ke-20 di Komplek Dekranasda, Jakabaring-Palembang pada 12-20 November 2011.

Tahun lalu ajang serupa mampu membukukan kontrak dagang senilai Rp35 miliar dan tahun ini diharapkan meningkat menjadi di atas Rp40 miliar hingga Rp45 miliar melalui berbagai produk kreatif yang ditawarkan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, saat membuka acara Sriwijaya International Expo, mengatakan, acara tersebut diharapkan mampu memeriahkan penyelenggaraan SEA Games yang memberikan nilai tambah yang luas bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi delegasi dan masyarakat karena SEA Games banyak memberikan dampak termasuk kunjungan wisatawan yang semakin meningkat," katanya.

Ia berharap semua pihak dapat mengambil momentum kedatangan tamu dan delegasi SEA Games sehingga mampu mengembangkan potensi daerah Palembang dan sekitarnya.

Menurut dia, banyaknya peserta yang turut serta dalam pameran menjadi indikator atau pertanda potensi yang luar biasa dari Palembang khususnya untuk bisa dikembangkan lebih jauh.

"Kami menargetkan ke depan Palembang bisa menjadi kota tujuan MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition)," ujarnya.

Dengan menjadi kota tujuan MICE, diharapkan masyarakat dapat menikmati dampak positif yang menyejahterakan.

Acara Sriwijaya International Expo 2011 yang bertema "The Spirit of Prameswara" dirangkai dengan Pekan Budaya Seni dan Film yang mengambil tema Melalui Seni dan Budaya Membangun Karakter Bangsa.

Pekan Budaya Seni dan Film digelar pada 12-16 November 2011 di Benteng Kuto Besak, Palembang. (H016/I016)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Perahu motor hias ramaikan Festival Musi

Posted: 12 Nov 2011 11:02 AM PST

Palembang (ANTARA News) - Lomba perahu motor hias dan bidar prestasi meramaikan rangkaian Festival Musi yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palembang, dan telah menjadi agenda tahunan di daerah itu.

Kepala Bidang Objek dan Daya Tarik Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang, Ahmad Zazuli, di Palembang, Sabtu, mengatakan, festival itu menjadi agenda wisata tahunan yang biasanya diselenggarakan dua kali dalam setahun.

Kegiatan ini merupakan upaya menjadikan Palembang sebagai kota wisata yang bernuansakan hiburan tradisional, kata dia.

Menurut dia, kegiatan itu menjadi alternatif hiburan dan wisata bagi warga Palembang maupun wisatawan.

Setiap kali penyelenggaraan lomba ini, sejumlah turis biasanya menyaksikan langsung dari Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), ujar dia.

Ia mengatakan, lomba perahu hias dengan menggunakan perahu berukuran besar atau biasa disebut jukung, dihiasi beragam tema tetapi tetap diwajibkan mengunakan ornamen-ornamen khas Palembang.

Biasanya perahu hias itu akan didominasi warna kuning emas dan merah, kata dia lagi.

Ana (30), wisatawan yang berasal dari Jakarta merasa senang bisa menyaksian perahu hias dan bidar wisata di Kota Palembang ini.

Rangkaian kegiatan Festival Musi sangat memukau, termasuk nyanyian dan tarian yang ditampilkan, ujar dia.

Dia menambahkan, bersama puluhan pendukung kontingen Indonesia pada SEA Games ke-26 di Palembang yang berasal dari Jakarta, menyempatkan untuk menonton perahu hias dan bidar.

Perlombaan tersebut sangat unik dan sulit ditemukan di daerah lain, dengan perahu hias yang sebagian besar bertema Kesultanan Palembang Darussalam hilir mudik di Perairan Sungai Musi. (ANT-037/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen