KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Yang Kedelapan dari Lewandowski

Posted: 08 Jun 2012 05:23 PM PDT

WARSAWA, KOMPAS.com - Robert Lewandowski sukses menjadi pencetak gol pertama Euro 2012. Tahukah Anda rekor yang ditorehkan dalam laga pembuka Piala Eropa kali ini?

* Lewandowski adalah pemain kedelapan yang mencetak gol di kota kelahirannya sepanjang sejarah Euro.

* Terakhir yang mencetak menciptakan gol di kota kelahirannya sendiri adalah Bart Goor pada Euro 2000 saat memperkuat Belgia yang bertanding melawan Swedia.

* Polandia selalu kalah dalam tiga pertandingan terakhir dalam sebuah kompetisi (semuanya laga kualifikasi Piala Dunia). Kemenangan terakhir partai kompetitif Polandia adalah saat menyikat San Marino 10-0 pada April 2009.

* Polandia tak pernah kebobolan dalam 5 pertandingan terakhir (rekor nasional). Itu juga menjadi rekor clean sheet terpanjang di dunia.

* Kartu merah Sokratis Papastathopoulos adalah yang tercepat sepanjang sejarah Euro. Kartu merah itu adalah yang keempat di partai pembuka Piala Eropa.

Feminis Ukraina Aksi "Topless" di Luar Stadion

Posted: 08 Jun 2012 04:59 PM PDT

WARSAWA, KOMPAS.com - Jelang pembukaan Euro 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Polandia, Jumat (8/6/2012) sempat diwarnai insiden kecil.

Di luar stadion, tiba-tiba dari arah kerumunan suporter ada empat perempuan yang melepas jaketnya sehingga bertelanjang dada. Mereka kemudian mencuri perhatian dengan berteriak-teriak sambil menyemprotkan busa.

Rupanya mereka adalah para aktivis Femen, organisasi feminis asal Ukraina yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Kali ini aksi mereka memprotes pelaksanaan Euro 2012 di dua negara yang dituding pasti memicu naiknya angka prostitusi selama gelaran akbar tersebut.

"Politisi menghabiskan uang untuk membangun stadion namun mereka tidak melakukan hal apapun untuk mengatasi masalah lain termasuk prostitusi di kedua negara," kata salah satu aktivis.

Tubuh mereka ditulisi cat dengan kata-kata yang mengutuk pelaksanaan Euro 2012 baik di dada maupun punggungnya. Kontan aksi nyeleh perempuan-perempuan muda berkulit putih itu pun menarik perhatian massa dan termasuk fotografer yang akan mengabadikannya.

Insiden tersebut tak berlangsung lama karena aparat keamanan segera mengamankan para pemrotes itu. Aksi ini bukanlah yang pertama kali. Selama tiga tahun terakhir, Femen telah menggalang 300 orang anggota untuk melakukan aksi serupa di Ukraina yang selama ini dikenal dengan tingkat prostitusi yang tinggi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen