Republika Online

sumber :-

Republika Online


Ecclestone Dukung London Gelar F1

Posted: 27 Jun 2012 07:13 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bos Formula Satu (F1) Bernie Ecclestone menawarkan pengelolaan dana sebesar 35 juta pound (54.5 juta dolar) untuk menyelenggarakan perlombaan grand prix F1 di jalan umum yang terkenal di London, demikian dilaporkan Times, Kamis.

Jalanan sepanjang 3,2 mil (5,1 kilometer) akan dipresentasikan kemudian, tapi kemungkinan akan melewati Buckingham Palace dan Trafalgar Square, demikian laporan koran itu.

Panitia memperhitungkan akan datang 120.000 penonton untuk menyaksikan event itu -- sehingga bisa jadi merupakan lomba terbesar dalam tur F1 -- dan berharap uang yang diinvestasikan lebih dari investasi untuk menyelenggarakan event F1.

"Pikirkan apa yang akan terjadi dari sisi turisme," kata Ecclestone seperti diberitakan media massa.

"Ini akan menjadi perlombaan fantastik, bagus untuk London, bagus untuk Inggris - malah lebih bagus dari Olimpiade," katanya.

Bahasa Indonesia pun Bergema di Olimpiade

Posted: 27 Jun 2012 06:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Para atlet maupun masyarakat dari berbagai negara yang ingin mendapatkan informasi seputar Olimpiade 2012 London tidak perlu menghadapi kendala bahasa termasuk Bahasa Indonesia dengan diluncurkannya "U-STAR" di London.

Peluncuran aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara untuk 23 Bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan 17 diantaranya dengan input suara dilakukan sebulan menjelang penyelenggaraan pesta olahraga dunia yang akan memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mendapatkan informasi seputar olimpiade.

Dr Chiori Hori dari Konsorsium Riset Internasional U-STAR mengatakan lembaga riset berkedudukan di Jepang beranggotakan 26 institusi dari 23 negara termasuk Dr Oskar Riandi dari BPPT meluncurkan 'VoiceTra4U-M', sebuah aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara .

"VoiceTra4U-M dapat menjadi solusi praktis bagi banyak orang yang ingin mengatasi masalah komunikasi karena keterbatasan kemampuan berbahasa asing," ujar Oskar Riandi .

"U-STAR yang telah merilis 'VoiceTra4U-M' untuk iPhone dan melakukan eksperimen secara global diharapkan masyarakat luas akan menggunakan 'VoiceTra4U-M' dalam berbagai kesempatan ketika layanan penerjemahan dan interpretasi dibutuhkan pada Olimpiade London yang akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang.

Aplikasi yang dapat di download bagi pemegang iphone ini akan memudahkan masyarakat dari berbagai negara berkomunikasi langsung yang dapat digunakan oleh 95 persen populasi dunia dan memungkinkan lima pengguna untuk berkomunikasi secara simultan.

Menurut Dr Chiori Hori dari Jepang, seluruh anggota U-STAR telah melakukan kerja sama dalam mengembangkan sistem penerjemahan wicara multibahasa untuk menyediakan layanan penerjemahan melalui suatu aplikasi yang diteliti sejak tahun 2006.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan