KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Usaha Diana Nyad Akhirnya Gagal

Posted: 22 Aug 2012 04:09 PM PDT

Renang Marathon

Usaha Diana Nyad Akhirnya Gagal

Penulis : Emilius Caesar Alexey | Rabu, 22 Agustus 2012 | 23:09 WIB

KEY WEST, KOMPAS.com- Usaha Diana Nyad untuk menyeberangi Selat Florida, dari Havana di Kuba ke Florida akhirnya gagal pada Selasa (22/8/2012). Ubur-ubur dan terjangan arus laut yang sangat kuat membuat perenang veteran berusia 63 tahun itu terpaksa mengakhiri usahanya.

"Saya sangat kecewa. Saya memimpikan dapat menyeberangi selat ini selama 34 tahun dan gagal di usaha keempat. Saya juga kehilangan momen merayakan keberhasilan di usia ke-63," kata Nyad, yang berulang tahun ke-63 pada Rabu ini.

Nyad memulai usahanya Sabtu (18/8), berenang tanpa sangkar pelindung hiu dari Havana ke Florida sejauh 166 kilometer. Usahanya ini merupakan usaha yang keempat, bukan ketiga seperti yang ditulis sebelumnya.

Usaha yang pertama dilakukan pada 1978 dengan menggunakan sangkar tetapi gagal. Usahanya yang kedua dan ketiga dilakukan tanpa sangkar pada 2010 dan 2011 tetapi juga gagal. Nyad sudah berenang 41 jam 45 menit, dari perkiraan 72 jam.

Mark Sollinger, pemimpin tim yang menyertai Nyad mengatakan, perenang itu masih harus berenang 28 jam sampai 40 jam lagi untuk sampai ke darat. Sollinger mengatakan, tim yang mendampingi Nyad melihat sekumpulan ubur-ubur yang siap menghadang lajunya. Jika Nyad nekat terus berenang, nyawanya dapat melayang karena sengatan banyak ubur-ubur dalam waktu yang sama.

Editor :

Marcus Suprihadi

Panitia Ubah Titik Finis Etape Pertama

Posted: 22 Aug 2012 02:47 PM PDT

Tour de East Java 2012

Panitia Ubah Titik Finis Etape Pertama

Penulis : Helena Fransisca Nababan | Rabu, 22 Agustus 2012 | 21:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Panitia penyelenggara balapan sepeda Tour de East Java (TdEJ) 2012 mengubah rute dan jarak etape balapan kelas 2.2 itu. Dengan perubahan itu, jarak etape berkurang sekitar tujuh kilometer.

"Sengaja kami ubah untuk disesuaikan dengan konsep balapan tahun ini," ujar Ketua Yayasan TdEJ, Harijanto Tjondrokusumo dalam surat elektroniknya, Rabu (22/8/2012).

Menurut Harijanto, perubahan rute ini tidak lepas dari konsep awal yang diperkenalkan TdEJ. "Sejak awal kami ingin memperkenalkan wisata yang ada di Jawa Timur, dan dikemas dalam olahraga. Alasan itu yang mengubah jarak dan titik finis," lanjunya.

Semula, etape pertama TdEJ 2012 berawal dari Probolinggo dan berakhir di Malang sejauh 84 kilometer. Kemudian, panitia mengubah lintasan, etape menjadi berawal dari Probolinggo dan berakhir di Singosari, Kabupaten Malang.

Dengan perubahan itu, jarak tempuh diperkirakan berkurang menjadi sekitar 77 kilometer. Dari perubahan itu, para peserta balapan yang akan digelar 29 Agustus-2 September 2012 itu akan menghadapi jalan berliku sebelum memasuki kawasan purbakala Singosari.

Adu sprint dalam jarak pendek dan rapat adalah suguhan yang belum pernah ada dalam balapan ini sebelumnya. "Rute pendek dan flat, memberi tantangan bagi seluruh pebalap," pungkasnya.

Editor :

Marcus Suprihadi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan