Republika Online

sumber :-

Republika Online


Atlet Palestina Ini Bidik Emas Paralimpiade

Posted: 26 Aug 2012 12:55 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA, PALESTINA – Setelah memenangi medali beberapa kompetisi di tingkat Arab dan internasional, atlet Paralimpiade Gaza, Khamis Zaqout berharap mampu membuat rekor dunia baru saat bertanding di Paralimpiade London.

Zaqout (47) yang memiliki sembilan anak dan berasal dari kamp pengungsi Khan Yunis di selatan Gaza ini akan berlomba pada tiga cabang, yakni menembak, lempar cakram dan lempar lembing, setelah lolos kualifikasi awal tahun ini.

Pekerja konstruksi ini tertimpa kecelakaan fatal saat bekerja di Israel pada 1992 yang menyebabkan sebagian tubuhnya lumpuh dan harus menggunakan kursi roda.

Saat umurnya 20-an, ia dikirim ke Tepi Barat untuk diobati di Pusat Rehabilitasi Khalil Abu Raya di kota Tepi Barat, Ramallah, dimana dia menghabiskan beberapa tahun belajar bagaimana hidup dengan kecacatan. Di sana dia mulai belajar bermain basket dan renang.

"Saya mulai pada 1992 di Pusat Rehabilitasi Abu Raya di mana kami kemudian mulai melakukan olahraga bagi penyandang cacat fisik di Palestina," kata Zaqout, yang dengan cepat unggul pada bola basket kursi roda.

"Waktu itu saya luar biasa di antara para atlet dan kemudian menjadi kapten tim," katanya seperti dikutip AFP.

Dua tahun kemudian, Zaqout ambil bagian dalam kualifikasi Paralimpiade di Iran di mana timnya menempati posisi keenam bola basket kursi roda. Tahun berikutnya, Zaqout mengubah jalur setelah berdikusi dengan pelatihnya, dan beralih ke cabang menembak, lempar cakram dan lempar lembing.

Setelah hampir dua dekade pelatihan, di mana orang-orang Gaza mengambil bagian dalam beberapa kegiatan olahraga internasional, Zaqout akhirnya menggapi mimpinya yang telah lama ditunggu pada Maret selama kualifikasi Paralimpiade di Dubai.

"Saya mencetak rekor dunia baru dengan 11,4 meter," katanya dalam kompetisi yang membuatnya pulang dengan lima medali emas untuk cabang menembak, cakram dan lembing.

Dengan Paralimpaide London yang akan dimulai dalam beberapa hari, Zaqout sekarang mengincar trofi utama yakni emas Paralimpiade.

Atlet Palestina belum pernah memenangi medali Olimpiade, namun telah berhasil memenangi tiga medali di Paralimpiade, yakni perunggu pada cabang menembak di Paralimpiade Sydney 2000 dan dua lagi pada Paralimpiade Athena 2004: perak untuk menembak dan perunggu untuk lompat jauh.

Tahun ini, Zaqout, yang bersaing di kelas 55/56 untuk atlet kursi roda yang melempar dari posisi duduk. Dia adalah satu dari dua warga Palestina yang ambil bagian dalam Paralimpiade 2012 yang dimulai pada 29 Agustus mendatang.

Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Empat

Posted: 26 Aug 2012 09:20 AM PDT

Minggu, 26 Agustus 2012, 23:20 WIB

Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Empat

SPORTKU.COM - Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Satu

Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Dua

Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Tiga

Kehidupan Rookie Norris Cole di Miami Heat Part Empat

basket, indonesia, basket indonesia, sportku, Kehidupan, Rookie, norris, cole, di, miami, Heat, Part, empat

Redaktur: Redaksi SPORTKU

Sumber: basket.sportku.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan