KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Rossi dan Lorenzo Pindah ke Aragon

Posted: 13 Nov 2012 03:11 PM PST

VALENCIA, Kompas.com - Hari pertama uji coba MotoGP pasca-musim di Valencia, Selasa (13/11/2012), berlangsung dalam kondisi yang sangat tidak ideal. Hujan yang terus mengguyur membuat lintasan tak pernah kering, sehingga para pebalap tidak bisa tampil secara maksimal.

Karena itu, tim Yamaha Factory memantapkan rencana mereka untuk tidak ambil bagian pada hari kedua, yang merupakan hari terakhir uji coba pasca-musim tersebut. Yamaha memilih untuk pindah ke Aragon pada latihan terakhir, Rabu (14/11).

Pada latihan hari pertama ini, juara dunia MotoGP 2012 Jorge Lorenzo memilih untuk hanya duduk di garasi. Sementara itu Valentino Rossi, yang untuk pertama kalinya kembali duduk di atas sadel Yamaha YZR-M1, ambil bagian dan hanya menempati peringkat keenam -- Alvaro Bautista menjadi yang tercepat.

Namun pada Selasa malam ini, baik Lorenzo maupun Rossi (bersama tim Yamaha) akan meninggalkan Valencia. Mereka berangkat menuju sirkuit lain di Spanyol, Aragon, untuk menjalani uji coba pasca-musim di sana pada Rabu (14/11). Menurut prakiraan cuaca, Aragon akan lebih baik dari Valencia meskipun tetap ada kemungkinan turun hujan.

Bagi Rossi, uji coba ini merupakan debutnya bersama Yamaha, yang ditinggalkannya pada akhir musim 2010. Dalam comeback-nya ini, Rossi berhasil menyelesaikan total 28 lap dalam kondisi trek basah.

Meskipun Yamaha sudah mengonfirmasi bakal pindah ke Aragon, dua tim pabrik lainnya, Honda dan Ducati, tampaknya bertahan di Valencia untuk menyelesaikan uji coba hari kedua. Dalam tes hari pertama ini, duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden, ikut ambil bagian di mana Dovizioso ada di peringkat ketiga dan Hayden peringkat kelima, sedangkan duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, tak ikut.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Doni Tata Susul Topan ke Moto2

Posted: 13 Nov 2012 03:10 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap motor Indonesia, Doni Tata Pradita, menyusul jejak rekan yuniornya, Rafid Topan Sucipto ke ajang Moto2. Kedua pebalap nasional itu akan mulai berlaga di Moto2 selama satu musim penuh pada tahun 2013.    

"Doni Tata akan menjadi anggota tim Federal Oil Gresini Moto2. Dia diajak bergabung oleh pabrikan oli Indonesia, Federal Oil, yang menjadi sponsor bagi tim Gresini Moto2," kata Bambang Gunardi, Ketua Bidang Olah raga Roda Dua, Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia, Selasa (13/11) di Jakarta.     

Menurut Bambang, langkah Federal Oil merekrut Doni sangat membanggakan. Sebagai perusahaan yang berbasis di Indonesia, sudah sepantasnya mendukung pebalap Indonesia berlaga di tingkat dunia.    

Berdasarkan situs resmi MotoGP, Doni Tata mengikuti tes resmi Moto2 di Valencia untuk tim Federal Oil Gresini Moto2, pada Senin (12/11). Selain tes untuk para pebalap yang akan berlaga di musim 2013, ajang tes resmi itu digelar untuk menguji sepeda motor yang dikembangkan untuk musim depan.      

Pada musim 2012, tim Federal Oil Gresini Moto2 memiliki satu pebalap, yaitu Gino Rea. Pada musim 2012, Rea hanya menempati posisi 21 klasemen akhir dengan 21 poin.     

Belum diketahui dengan pasti, apakah Doni Tata akan mengganti Gino Rea atau menjadi rekan satu timnya.     

Di ajang Moto2, tim Gresini  menggunakan chasis Suter. Chasis Suter digunakan oleh banyak pebalap Moto2, termasuk Marc Marquez yang menjadi juara dunia di musim ini dan akan pindah ke tim Repsol Honda  di ajang MotoGP musim depan. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen