Republika Online

sumber :-

Republika Online


Timnas Pakemkan Formasi 4-4-2

Posted: 20 Nov 2012 12:42 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Timnas Indonesia menggelar latihan terakhir Selasa (20/11) sebelum bertolak ke Malaysia besok Rabu (21/11). Pelatih Nil Maizar dan asisten Fabio Oliveira membagi dua tim untuk simulasi game besar.

Dalam simulasi yang terlihat, Nil mematangkan strategi permainan dengan formasi 4-4-2. Penekanan tetap diberikan kepada dua sayap Indonesia untuk penyerangan dengan dua target man sejajar.

"Kita tetap akan menggunakan formasi utama 4-4-2. Namun tidak menutup kemungkinan ada perubahan tergantung situasi pertandingan nanti," ungkap Nil setelah latihan digelar.

Andik Vermansyah dan Okto Maniani mendapat porsi lebih untuk bertugas mengirimkan umpan-umpan ke jantung pertahanan lawan. Duo sayap mungil yang sama-sama memiliki kecepatan ini diproyeksikan menempati skuat inti dibandingkan memainkan kapten timnas Elie Aiboy yang sudah termakan usia.

Kerangka inti timnas piala AFF pun sudah terlihat dari gim besar yang dimainkan pagi. Skuat tim hijau diperkuat nama-nama yang menjadi starter selama pertandingan uji coba diantaranya duet striker Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim.

Kuartet gelandang diisi oleh Andik, Okto, Tony Cussel dan Taufiq. Sedang komposisi lini belakang tak banyak berubah dengan Wahyu Wijiastanto, Handi Ramdhan, Nopendi dan Novan Setya. Hanya kiper Endra Prasetya yang diganti Wahyu Tri di tim hijau.

Sedangkan tim oranye dipekuat Endra Prasetya, Valentino, Rasyid Bakri, Arthur Irawan, Van Beukering, Vendry Mofu, Elie aiboy, M. Rahmat, Cornelius Gedy, Samsul Arif, dan Fachrudin.

Paspor Belum Selesai, Maitimo Terancam Tercoret

Posted: 19 Nov 2012 11:23 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain naturalisasi Raphael Maitimo belum juga mengantongi paspor Indonesia. Padahal, tim nasional Indonesia sudah akan bertolak ke Malaysia pada Rabu (21/11) pagi untuk mengikuti ajang Piala AFF 2012.

Hal itu diungkapkan pelatih timnas Nil Maizar sesuai memimpin latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11). "Paspor Maitimo memang belum selesai. Tapi sekarang prosesnya sudah sampai di Sekretariat Negara (Setneg). Mudah-mudahan hari ini selesai," ungkap Nil.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat itu berharap betul Maitimo dapat segera mengantongi paspor. Pasalnya, Maitimo merupakan salah satu pemain yang diharapkan Nil dapat membela timnas di Piala AFF 2012.

"Saya tentu menginginkan Maitimo untuk masuk dalam skuat. Dia menunjukkan adaptasi yang bagus selama dua minggu menjalani pemusatan latihan," ucap Nil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen