KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Cantona: Ferguson Sulit Digantikan

Posted: 23 Feb 2011 05:36 PM PST

MANCHESTER, KOMPAS.com - Legenda Manchester United, Eric Cantona, mengingatkan timnya untuk mulai mencari kandidat pengganti manajer Alex Ferguson, untuk mengantisipasi kemungkinan penurunan prestasi, kapan pun Ferguson pensiun.

Ferguson sudah menukangi MU sejak 1986. Selama periode itu, Ferguson tak cuma memberikan gelar, tetapi membangun kultur dan tradisi juara.

Mengingat usia Ferguson sudah 69 tahun, Cantona menilai Ferguson sudah menjelang masa pensiun, meski Ferguson sendiri mengaku belum berpikir ke arah itu.

Cantona pun menilai, jika tak menyiapkan pengganti mulai sekarang dan memilih manajer baru setelah Ferguson pensiun, MU tidak akan menemukan orang yang mengerti dan mampu melanjutkan kerja Ferguson, terutama dalam menyatukan pemain berbeda generasi.

"Yang bisa saya katakan adalah Ferguson akan tetap menjadi manajer. Setelah itu, akan ada masalah lebih besar. Hari ini, ia seperti Mahatma Gandhi dalam sepak bola. Dengan Manchester, saya memilih mengatakan, berpikir, dan menyadari bahwa Ferguson adalah orang jenius," ujar Cantona.

"Ia mengalami begitu banyak pergantian generasi pemain. Ia akan berusia 70 tahun (Desember mendatang), bekerja dengan pemain berusia 18 tahun, tetapi mampu beradaptasi dengan semua generasi. Ini adalah hal yang menjadikannya sangat berbeda,"

"Dengan (Dimitar) Berbatov, (Ferguson) bekerja keras dan sabar karena ia tahu Berbatov adalah pemain bagus,"

"Ferguson bersikap keras dan bekerja dengan mereka secara psikologis. Ini sangat penting. Itu saya alami. Saya menerima segalanya karena ia memberikan kebebasan kepada saya di lapangan,"

"Ia memberikan saya kostum nomor tujuh dan itu menjadi penting bagi saya, sekalipun pada awalnya, saya tak mengerti. Saya tak pernah merasakan tekanan. Ia memiliki kepercayaan kepada saya ketika memberikan kostum nomor tujuh. Itu adalah kehormatan," tuturnya. (DM)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ferguson: MU Tiga Pekan dari Treble

Posted: 23 Feb 2011 05:17 PM PST

MARSEILLE, KOMPAS.com - Manajer Manchester United Alex Ferguson mengatakan enam pertandingan yang akan dilakoni timnya dalam tiga pekan ke depan akan menentukan keberhasilan mereka menutup musim dengan tiga gelar (treble).

Dalam tiga pekan mendatang, MU akan menghadapi pertandingan Premier League melawan Wigan Athletic, Chelsea, dan Liverpool, laga perempat final Piala FA melawan Leyton Orient atau Arsenal, dan duel 16 besar Liga Champions melawan Marseille (kandang-tandang).

Ferguson menilai, kegagalan memenangi salah satu dari pertandingan itu, terutama Piala FA, akan menghapus peluang MU menjuarai tiga gelar dan sebaliknya. Ia pun menilai, pasukannya mampu memenangi semuanya.

"Ini adalah waktunya untuk menikmati permainan dan yang terpenting dalam pertandingan besar. Pemain jarang mengecewakan kami," ujar Ferguson. (SUN)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan