KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Tindakan Marshal Sudah Aman dan Tepat

Posted: 29 Apr 2011 03:45 PM PDT

Insiden Rossi-Stoner di Jerez

Tindakan Marshal Sudah Aman dan Tepat

Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Jumat, 29 April 2011 | 22:45 WIB

KOMPAS.com - Federasi Motor Internasional, FIM, menyatakan bahwa tindakan para marshal saat berlangsungnya GP Spanyol pada 3 April lalu, sudah "aman dan tepat". Ini menjadi jawaban atas keberatan yang diajukan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner.

Setelah lihat video mengenai kecelakaan antara Rossi dan Stoner dalam balapan GP Spanyol dan mendengarkan penjelasan dari Juan Alvarez, direktur Sirkuit Jerez, direksi balapan putuskan bahwa tindakan marshal sudah aman dan tepat

Stoner mengalami kecelakaan setelah disenggol pebalap Ducati, Valentino Rossi, yang berusaha menyalibnya. Waktu itu, mereka terlibat dalam pertarungan memperebutkan posisi kedua, tetapi motor Rossi tergelincir sehingga ikut menyeret motor Stoner keluar dari lintasan.

Saat kecelakaan tersebut, para marshal bergerak cepat untuk menolong. Tetapi, Rossi yang pertama kali mendapat bantuan sehingga "The Doctor" bisa ikut lagi balapan (akhirnya finis di posisi lima), sedangkan Stoner terpaksa harus meninggalkan arena balapan.

Inilah yang membuat Stoner melakukan komplain atas tindakan marshal. Menurutnya, ada ketidakadilan dalam memberikan bantuan tersebut.

Mendengar hal tersebut, FIM mengumumkan pada awal bulan ini bahwa mereka akan segera meninjau lagi prosedur kerja para marshal. Hasilnya, mereka mengumumkan bahwa para marshal di Jerez tidak melakukan hal yang salah, meskipun sudah direkomendasikan agar aturan ditinjau lagi untuk memperbaiki situasi.

"Setelah melihat berbagai video mengenai kecelakaan antara Valentino Rossi dan Casey Stoner dalam balapan GP Spanyol tanggal 3 April 2011 dan mendengarkan penjelasan dari Juan Alvarez, direktur Sirkuit Jerez, direksi balapan memutuskan bahwa tindakan marshal di trek itu sudah aman dan tepat," ujar FIM dalam sebuah pernyataannya.

"Direksi balapan merekomendasikan bahwa aturan Komisi Grand Prix ditinjau lagi untuk mempelajari kemungkinan jalan keluar yang bisa menghasilkan prosedur yang lebih baik."

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pengurus Takut Dianggap Gagal

Posted: 29 Apr 2011 03:12 PM PDT

Pengurus Takut Dianggap Gagal

A. Tjahjo Sasongko | Jumat, 29 April 2011 | 22:12 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Pelatih senior Pelatnas Cipayung, Christian Hadinata, menyebut kemerosotan prestasi bulu tangkis Indonesia antara lain disebabkan oleh ketakutan pengurus.

Dalam diskusi di acara Djarum Badminton All Stars di Malang, Jumat (29/4/2011), Christian menyebutkan, dalam setiap masa jabatan, pengurus ingin dikatakan berhasil. "Karena itu, mereka selalu memprioritaskan pengiriman pemain senior, dengan harapan mereka akan terus menang," ujar Christian.

Akibat kebijakan ini, menurut Christian, para pemain muda kemudian jarang diberi kesempatan untuk bertanding ke luar negeri. "Akibatnya, kemampuan teknis mereka yang tinggi tidak ditunjang mental bertanding yang terasah."

Kebijakan ini justru menguntungkan para pebulu tangkis muda dari negara di luar Indonesia. "Mereka mampu mengetahui kelemahan para pemain utama kita. Para pemain muda negara lain memanfaatkan kesempatan untuk bertanding dengan para atlet senior kita, seperti Taufik Hidayat atau ganda Markis Kido/Hendra Setiawan," lanjut Christian.

Pada awalnya para pemain senior kita masih mampu mengalahkan pemain muda negara lain. Namun, mereka memanfaatkan terus kesempatan bertemu pemain senior kita ini. Pada saatnya nanti para pemain senior kita harus mengakui keunggulan pemain muda negara lain. "Ini sesuatu yang alami. Secara teknis dan stamina, mereka menjadi lebih unggul," kata Christian.

Menurut Christian, para pemain muda mutlak diberi kesempatan untuk menimba pengalaman dengan bertanding di luar negeri. "Ya, harus berani memulai. Kalau tidak, kita akan semakin ketinggalan dari negara-negara kecil."

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen