Republika Online

sumber :-

Republika Online


Tiga Raksasa Serie A Berburu Bintang (1)

Posted: 22 May 2012 11:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Abdullah Sammy (Wartawan Olahraga Republika)

Liga Italia Serie A musim 2011/2012 telah rampung dengan keberhasilan Juventus merebut scudetto ke 28. Keberhasilan Juventus juara tanpa terkalahkan dan kenyataan gagalnya duo Milan merebut juara, jadi pamungkas kompetisi yang akan memasuki masa rehat hingga tiga bulan kedepan.

Walau begitu, bukan berarti pertarungan klub Serie A akan terhenti di masa jeda kompetisi. Sebaliknya, persaingan baru akan tercipta dengan melibatkan tiga tim raksasa, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan, di bursa transfer musim panas. Inilah pertarungan yang akan melibatkan Direktur Umum Juventus, Giuseppe Marotta, wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, dan Direktur Inter Milan, Marco Branca.

Kendati tampil sebagai juara, Marotta justru yang mengambil langkah paling awal dalam melancarkan strategi di bursa transfer. Eks petinggi Sampdoria itu langsung memimpin delegasi Juventus bernegosiasi dengan Real Madrid dan Pescara.

Dua nama jadi buruan utama Juventus yakni penyerang El Real, Gonzalo Higuain dan Marco Verratti. "Untuk Higuain, saya rasa semua klub menginginkannya. Tapi kami akan sabar dalam melakukan proses negoisasi dengan Real Madrid," ujar Marotta seperti dikutip Tuttosport.

Untuk mendatangkan Higuain, Juventus telah mengajukan tawaran senilai 20 juta euro (sekitar Rp 200 miliar) kepada kubu Real Madrid. Higuain sendiri merupakan pilihan utama dari pelatih Antonio Conte untuk melengkapi formasi 4-3-3 Juventus.

Demi mendatangkan Higuain, Conte sampai rela tidak memperpanjang kontrak legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Juventus juga dikabarkan siap melego Alessandro Matri guna memberi Higuain tempat utama di lini depan Juventus musim depan.

Selain Higuain, nama Verratti juga jadi buruan nomor satu si Nyonya Tua. Verratti diproyeksikan jadi pelapis Andrea Pirlo di lini tengah Juventus. "Verratti sangat ingin bermain di Juventus yang merupakan yang merupakan mimpinya sejak kecil," ujar agen pemain asal Pescara itu, Donato Di Campli seperti dikutip Goal.com.

Namun proses transfer Verratti semakin rumit mengingat nama pemain berusia 19 tahun itu yang tengah melejit. Verratti bahkan terpilih sebagai 30 pemain yang akan ikut seleksi timnas Italia di Piala Eropa 2012. Demi Verratti, Juventus siap mengeluarkan kocek hingga 8 juta euro ( sekitar Rp 80 miliar). Jumlah ini terpaut 4 juta euro dari bandrol yang diberi Pescara. 

Satu target lain yang diincar Juventus adalah si anak hilang, Sebastian Giovinco. Pemain jebolan akademi Juventus itu siap didatangkan sebagai pewaris kostum 10 yang ditinggal Del Piero. "Misi kami di bursa transfer ini adalah untuk melengkapi tim yang akian bermain di Liga Champions musim depan," ungkap Marotta.

PSSI Nilai Timnas Telah Maksimal di Palestina

Posted: 22 May 2012 11:22 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI menilai timnas Indonesia telah bermain maksimal di turnamen An-Nakbah di Palestina. Sekalipun kalah dari tim tuan rumah Palestina, perjuangan Irfan Bachdim cs tetap diapresiasi.

"Kalau melihat dari target yang dicanangkan yakni lolos ke semifinal, anak-anak berhasil menuntaskannya. Memang pada akhirnya di semifinal kita harus kalah," ujar penanggungjawab timnas Bernahrd Limbong.
Namun Limbong memandang kekalahan timnas diliputi faktor ketidak-beruntungan. Krisis pemain dijadikannya sebagai salah satu penyebab timnas kalah.

"Kemarin kita tidak bisa memainkan banyak pemain karena cidera. Praktis hanya ada satu pemain cadangan. Tapi kita tetap memberi apresiasi pada penampilan Palestina yang bermain penuh semangat," terangnya.

Timnas dibawah asuhan Nil Maizar harus mengakui keunggulan tuan rumah Palestina 1-2 dalam laga semifinal An-Nakbah di Palestina, meski permainan tim merah putih cukup ekspresif. Tim Merah Putih unggul lebih dulu ketika Irfan Bachdim berhasil mencuri bola dan melepaskan tendangan di menit 13. Namun di menit 38 Palestina berhasil menyamakan kedudukan lewat titik putih.

Di babak kedua, Palestina yang tampil di hadapan publiknya sendiri terus menggempur pertahanan Indonesia. Hasilnya Roberto Kettlun pada menit ke-66 mampu menjebol gawang Endra Prasetya sehingga membuat Palestina unggul menjadi 2-1. Skor ini tetap bertahan hingga pluit tanda babak kedua berakhir dibunyikan.

Kedepannya, lanjut Limbong, timnas tetap akan dipersiapkan untuk melakoni sejumlah uji coba. Agenda terdekat adalah laga pemanasan Piala AFF melawan Filipina di Manila pada 5 Juni mendatang.

"Kami harapkan kedepannya setiap pemain diperkenankan untuk memperkuat klub tanpa dipersulit oleh pihak manapun," pungkasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen