Republika Online

sumber :-

Republika Online


Barca Hanya Butuh Imbang di Empat Laga Sisa

Posted: 01 May 2011 12:40 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SEBASTIAN - Pep Guardiola tidak resah meski Barcelona membuang peluang untuk
memperpanjang jarak dengan Real Madrid setelah ditundukan Real Sociedad, 2-1, di Stadion Anoeta, Ahad (1/5) dini hari WIB. Sebab, Barcelona hanya membutuhkan hasil imbang pada empat laga tersisa untuk memastikan mahkota juara setelah Madrid secara mengejutkan ditaklukan Real Zaragoza, 3-2, di Stadion Santiago Bernabue.

Guardiola mengatakan, kekalahan tandang pertama musim ini dari Zaragoza memberikan Barca pelajaran berharga. "Kami dapat memenangi pertandingan, tapi juga bisa kalah. Kami harus bermain dengan cerdas. Kami butuh empat angka dan harus meraihnya di laga lain," kata arsitek berusia 40 tahun ini seperti dilansir Reuters.

Saat ini, Barca bertengger di klasemen sementara dengan 88 poin atau unggul delapan angka dari Madrid di posisi runner up. Barca masih harus melakoni laga derby melawan Espanyol, Levante, Deportivo la Coruna, dan Malaga.

Guardiola memutuskan menurunkan pemain mudanya menghadapi Sociedad. Martin Montoya, Fontas, Thiago Alcantara, dan Jeffren Suarez diberi kepercayaan menjadi starter. Thiago berhasil membawa Barca unggul pada menit ke-29. Namun, Sociedad berhasil memecah kebuntuan melalui pemain pengganti, Diego Irfan, pada menit ke-71. Xabi Prieto menggandakan keunggulan tuan rumah melalui titik putih setelah David Zurutuza dilanggar Javier Mascherano.

Ini merupakan kekalahan kedua yang diderita raksasa Katalunya pada musim ini. Lionel Messi dan kawan-kawan menderita kekalahan pertama ketika menjamu Hercules di Nou Camp, pada 11 September silam. Guardiola pun meminta anak-anak asuhnya untuk mengalihkan perhatiannya melawan Madrid pada leg kedua Liga Champions, Rabu (4/5) waktu setempat.

Ia mengatakan, Barca harus kembali ke jalur kemenangan ketika menjamu Madrid. "Ini adalah semifinal Liga Champions. Memang akan lebih menyenangkan bila kami menang. Tapi, kami harus menganalisa kekalahan ini dan mempersiapkan laga melawan Madrid," ujar mantan pemain Brescia ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jadi Kampiun, Dortmund Akhiri Penantian Sembilan Tahun

Posted: 30 Apr 2011 10:34 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND - Pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp, kehabisan kata-kata setelah skuat mudanya mengakhiri penantian sembilan tahun the Black Yellows merengkuh gelar Bundesliga musim ini. Dortmund meraih gelar Liga Jerman setelah mengandaskan Nuremberg 2-0 di Signal Iduna Park, Sabtu (30/4) malam waktu setempat.

Meski Liga Jerman masih menyisakan dua laga, Dortmund dipastikan tidak terkejar setelah Bayer Leverkusen ditekuk Cologne, 0-2. Tambahan tiga angka itu membuat Dortmun mengoleksi 72 angka atau unggul delapan dari Leverkusen. Seandainya mampu memenangi laga tersisa, maksimal poin yang diraih Leverkusen hanya 68 poin.

Klopp pun memuji, timnya yang tetap mampu menampilkan permainan di level tertinggi meski tengah berada dalam tekanan. "Apa yang sudah dilakukan para pemain muda saya sangat sulit digambarkan dengan kata-kata. Mereka sudah menunjukan pekerjaan yang luar biasa di lapangan," ujar dia seperti dilansir Deutsche Welle.

Bagi Klopp, kesuksesan Dormund mengantongi gelar liga domestik yang ketujuh semakin terasa spesial. Sebab, Klopp yang menanangani Dortmund sejak 2008 silam memetik titel itu pada laga ke-100. "Saya sangat senang. Saya sempat berpikir bila ini akan terasa berbeda, lebih larut dalam euforia. Tapi, mungkin itu akan datang kemudian," ujar dia.

Dortmund yang terakhir memenangi titel 2002 silam memulai musim ini dengan kurang meyakinkan setelah menelan kekalahan di kandang dari Leverkusen. Pekan lalu, the Black Yellows secara mengejutkan menelan kekalahan dari Borussia Moenchengladbach. Namun, Dortmund mampu bangkit melalui Lucas Barrios dan Robert Lewandowski menundukan kiper Nuremberg, Raphael Schaefer, sebelum turun minum.

Pelatih Jerman, Joachim Leow, pun mengucapkan selamat atas keberhasilan Dormund. Menurutnya, the Black Yellows memang layak meraih gelar setelah tampil konsisten sepanjang musim. "Mereka memainkan sepak bola yang atraktif, displin. Pujian khusus untuk kolega saya, Juergen Klopp," kata dia.

Sementara itu, Bayern Muenchen menjaga peluang berlaga di Liga Champions musim depan setelah mengandaskan Schalke 04, 4-1. Thomas Muller menyumbang dua gol, ditambah Arjen Robben dan Mario Gomez. Sedangkan satu-satunya gol the Royal Blues merupakan gol bunuh diri Holger Badstuber.

Kekalahan ini bukan modal yang bagus bagi Schalke yang akan melawat ke Manchester United pada leg kedua Liga Champions, pekan ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen