KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Kido, Nova, dan Pia Tampil di Denmark

Posted: 26 Dec 2011 11:04 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tiga pebulu tangkis Indonesia diundang tampil di turnamen Copenhagen Masters yang akan berlangsung di Denmark, 27-29 Desember 2011. Ketiga pemain tersebut, yakni Markis Kido, Nova Widiyanto dan Pia Zebadiah.

Copenhagen Masters merupakan event bulu tangkis yang diselenggarakan oleh Badminton Denmark. Turnamen ini tidak masuk dalam kalender Federasi Bulu Tangkis Dunia dan juga tidak menyediakan poin untuk penghitungan kualifikasi olimpiade. Meski demikian, ajang ini cukup bergengsi karena menghadirkan sejumlah pemain papan atas dunia, termasuk semua pemain Denmark. Selain itu, turnamen ini juga menyediakan hadiah sebesar 320.000 kroner Denmark.

Hanya empat nomor yang dipertandingkan pada turnamen ini, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran. Sistem pertandingan yang dilaksanakan untuk tunggal putra adalah Round Robin sedangkan tiga nomor lainnya dilaksanakan dengan menggunakan sistem eliminasi.

Markis Kido hanya turun pada ganda putra berpasangan dengan Nova Widiyanto. Sementara Nova, selain di ganda putra, juga akan turun di ganda campuran, berpasangan dengan Pia Zebadiah.

Dari hasil undian, di babak pertama, Markis/Nova langsung berhadapan dengan pasangan terbaik Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Sementara di ganda campuran, Nova/Pia akan menantang pasangan tuan rumah Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen.

"Karena sudah diundang, saya akan berusaha tampil sebaik mungkin walau dalam turnamen ini saya berpasangan dengan Nova. Sebelumnya, saya juga sudah pernah tampil di turnamen ini dan persaingannya juga sangat ketat," kata Markis Kido yang sudah berada Kopenhagen, Senin (26/12/2011).

Markis menambahkan, turnamen ini juga menjadi penutup musim 2011, sebelum bersiap lagi untuk musim 2012. Buat Markis, tahun 2011 menjadi musim yang kurang menguntungkan. Juara olimpiade Beijing yang berpasangan dengan Hendra Setiawan ini gagal meraih satu gelar pun di sepanjang tahun 2011. Posisi mereka juga kini agak terancam tidak bisa tampil di olimpiade 2012, jika tidak mampu memperbaiki posisi ke peringkat delapan besar dunia.

Tahun depan, sedikitnya masih ada sekitar 32 turnamen yang bisa diikuti untuk mendulang pengumpulan poin kualifikasi olimpiade yang akan ditutup akhir Mei mendatang. Markis/Hendra yang saat ini berada di peringkat 10 dunia, masih punya peluang untuk menembus posisi delapan besar dengan syarat meraih hasil bagus di sepuluh turnamen bergengsi.

"Untuk tembus kualifikasi olimpiade kami masih optimistis. Masih ada waktu buat kami meraih poin dan mudah-mudahan sesuai harapan," kata Markis.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen