Republika Online

sumber :-

Republika Online


Persipura Ancam Gugat PSSI ke Pengadilan

Posted: 08 Dec 2011 12:10 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Didiskualifikasinya Persipura dari ajang Liga Champions Asia membuat pendukung Persipura berang. Ratusan pendukung Klub Persipura Jayapura mendatangi Kantor PSSI di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (18/12).

David Kanakaimu dari perwakilan pengunjuk rasa mengatakan, PSSI yang dimpin oleh Djohar Arifin telah membuat kecewa masyarakat Papua dengan tidak mendaftarkan Persipura untuk mengikuti Liga Champions Asia. Padahal, klub berjuluk Mutiara Hitam memiliki hak tersebut sebagai juara Liga Super Indonesia (LSI) musim lalu.

David menyatakan bahwa pihaknya tidak segan untuk membawa PSSI ke meja hijau. "Satu-satunya jalan ambil jalur hukum. Tindakan ini sedang diproses. Kebenaran harus ditemukan dan tidak boleh dianggap berlalu," kata dia.

Fans yang melakukan unjuk rasa tersebut tergabung dalam Komunitas Suporter Pecinta Persipura Jakarta, Ogut Persipura Mania (OPM) Jakarta, dan Masyarakat Papua se-Jawa-Bali. "Olahraga adalah satu-satunya pintu menyatukan Papua dengan NKRI. Dengan ini, PSSI telah menutup pintu," kata David.

Pendukung klub yang menjadi kampiun Liga Super Indonesia (LSI) musim lalu tersebut juga mendesak Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husein, untuk meminta maaf kepada masyarakat Papua dan mundur dari jabatannya.

Tuntutan serupa juga diarahkan kepada Ketua Komisi Disiplin, Bernard Limbong; Ketua Komite PSSI, Sihar Sitorus; Deputi Sekretaris Jendral PSSI, Saleh Mukadar, CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto; dan Usman Fakubun.

Para pendukung klub berjuluk Mutiara Hitam ini juga menyerukan kepada anggota PSSI untuk melakukan Kongres Luar Biasa untuk menyelamatkan induk organisasi olah raga paling popular di Idnonesia tersebut.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Roberto Rouw, mengatakan, tindakan yang dilakukan PSSI dengan tidak mendaftarkan Persipura tidak dapat dibenarkan. Sebab, Mutiara Hitam mewakili Indonesia pada ajang internasional tersebut. "Hak Persipura diabaikan oleh Ketua Umum," kata dia.

Selain itu, Roberto juga menilai, Djohar dan kawan-kawan telah melakukan kebohongan publik dengan menyatakan Persipura yang bersalah dalam hal ini. Pengurus selalu mengatakan, AFC mencoret Persipura karena mengikuti kompetisi yang tidak diselenggarakan oleh PSSI.

Padahal, Roberto menuturkan, PSSI yang tidak ingin mendaftarkan Persipura yang memilih berlaga pada LSI musim ini. PSSI justru mendaftarkan Arema Indonesia dan Persija Jakarta. "Tapi, saya tidak tahu Arema atau Persija yang mana yang didaftarkan," kata dia. AFC pun menolaknya usulan tersebut karena hak berlaga di Liga Champions milik Persipura.

Roberto pun mendukung upaya untuk membawa pengurus PSSI ke jalur hukum. Selain itu, Roberto akan menggunakan haknya sebagai anggota komite eksekutif untuk mengirim surat kepada AFC dan FIFA mengenai masalah ini.

Full content generated by Get Full RSS.

Anelka Hijrah ke Liga Cina?

Posted: 07 Dec 2011 11:40 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Shanghai Shenhua, Kamis, mengumumkan bahwa mereka sedang membicarakan soal kontrak dengan penyerang Chelsea Nicolas Anelka yang hasilnya kabarnya akan diumumkan dalam beberapa hari ini.

Kontrak ini akan mengubah wajah sepakbola China. Seorang pejabat klub Shanghai itu tidak membantah laporan yang menyebutkan kontrak itu akan berumur tiga tahun, tapi sang pejabat menyatakan pembicaraan terus dilakukan dengan pemain asal Prancis yang berusia 32 tahun itu.

Anelka mengajukan pindah dari Chelsea yang adalah raksasa Liga Premier Inggris.

Klub China itu juga kabarnya sedang mendekati pelatih Prancis Jean Tigana. Dan ini menunjukkan Liga Super China sedang diguyur uang.

"Saya tak tahu apa yang media asing laporkan dan sumber-sumber mana yang mereka gunakan.  Saya hanya tahu pembicaraan tengah berlangsung,"  seorang juru bicara klus yang meminta jati dirinya dirahasiakan, kepada AFP, merujuk pembicaraan kontrak dengan Anelka.

"Hasilnya akan didapt dalam lima hari ini."

Anelka akan menjadi pemain paling terkenal di Liga Super China yang posturnya terus membesar itu.

Juli lalu, pemain tengah Argentina Dario Conca menjadi pemain paling mahal di Liga China bahkan disebut salah satu pemain berbayaran paling mahal di dunia ketika dia mengikat kontrak senilai 10 juta dolar AS dengan Guangzhou Evergrande.

Juara liga China ini juga telah menggelontorkan 7,5 juta dolar AS untuk mendapatkan dua penyerang Brazil  Cleo and Muriqui untuk bercokol di puncak klasemen.

Legiun asing China juga termasuk Leandro Netto de Macedo yang bermain untuk Henan Construction' dan pemain Shanghai', Luis Salmeron, sementara pemain Rumania Christian Danalache dan pemain asal Serbia Aleksander Jevtic bermain untuk Jiangsu Sainty.

Juli lalu, sepak bola China diguyur dana besar-besaran ketika konglomerat Wang Jianlin, kepada perusahaan real estat Dalian Wande, memberikan dana hibah 77 juta dolar AS kepada  Asosiasi Sepakbola China untuk program pelatihan.

Musim lalu, Shanghai Shenhua berada di urutan 11, sedangkan Anelka sebelumnya bermain untuki  Paris Saint Germain, Arsenal, Real Madrid, Liverpool, Manchester City, Bolton dan klub Turki Fenerbahce.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan