KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Tujuh Gelar Armstrong Dicoret

Posted: 22 Oct 2012 03:45 PM PDT

JENEWA, KOMPAS.com - Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) bersuara atas skandal doping pebalap sepeda AS Lance Armstrong. UCI memastikan mencoret tujuh gelar kemenangan Lance Armstrong yang ia raih dalam tujuh kali gelaran Tour de France, pada periode 1999-2005.

Langkah itu diambil UCI, menyusul laporan doping Armstrong yang diungkap oleh Badan Anti Narkoba AS (USADA).

Presiden UCI Pat McQuaid, Senin (22/10/2012) dalam pernyataan pers, mengatakan, UCI menerima laporan hasil penyelidikan USADA, terhadap kegiatan doping yang dilakukan Armstrong semasa aktif sebagai pebalap bersama tim US Postal Service dan Discovery Channel.

Dari hasil penyelidikan tersebut, Armstrong terbukti memimpin rekan-rekan setimnya melakukan doping.

"UCI memutuskan mencoret seluruh gelar juara Armstrong, dan tidak akan naik banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," ujar Mcquaid.

Keputusan UCI itu memudahkan penyelenggara Tour de France, satu dari tiga balapan sepeda paling bergengsi dalam kalender balapan dunia UCI, untuk mencoret Armstrong dari catatan rekor. Perolehan gelar juara pada kurun waktu 1999-2005 dicoret dan tidak diakui.

Direktur balapan Tour de France, Christian Prudhomme, mengatakan, penyelenggara balapan akan melakukan keputusan yang diambil UCI.

Juga, dengan dicoretnya tujuh gelar Armstrong, Prudhomme menegaskan tidak akan ada pemenang resmi balapan dalam kurun waktu itu.

Sumber : AP

Evans Akui Pernah Bertemu Ferrari

Posted: 22 Oct 2012 03:42 PM PDT

Balap Sepeda

Evans Akui Pernah Bertemu Ferrari

Penulis : Helena Fransisca Nababan | Senin, 22 Oktober 2012 | 22:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap sepeda perebut gelar juara Tour de France 2011, Cadel Evans, mengakui pernah bertemu dengan Michele Ferrari, dokter asal Italia yang menjadi pusat dalam skandal doping Lance Armstrong, sekitar 12 tahun lalu.

Namun ia memastikan, pertemuan itu tidak membahas doping. Hal itu dipastikan Evans dalam pernyataan lewat e-mail yang dia kirimkan ke sebuah stasiun TV Australia, SBS.

Melalui e-mail itu dia menegaskan pertemuan dengan Michele Ferrari itu sama sekali tidak membahas doping.

"Waktu itu aku bertemu Ferrari, untuk mengetahui kemampuanku sebagai pebalap sepeda jalan raya. Saat itu, pendapat Ferrari amat dihargai oleh tim-tim dan manajer tim. Pendapatnya membantuku mendapat kesempatan membalap di balap sepeda jalan raya," ujar Evans, pebalap Australia pertama yang memenangi Tour de France, Senin (22/10/2012).

Dari hasil diskusi itu, Evans akhirnya berpindah dari disiplin sepeda gunung ke disiplin balap sepeda jalan raya. Ia kini bergabung dengan tim BMS Racing.

Ferrari sendiri mendapat sanksi tidak boleh terlibat di balap sepeda, setelah kasus Armstrong terungkap.

Sumber : REUTERS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen