detikcom

sumber :-

detikcom


Messi Dua Gol, Barca Atasi Mallorca

Posted: 11 Nov 2012 10:43 AM PST

Mallorca - Barcelona meneruskan laju bagusnya di La Liga. Di pekan ke-11, El Barca meraup tiga poin setelah mengalahkan tuan rumah, Mallorca dengan skor akhir 4-2. Lionel Messi menyumbang dua gol di laga ini.

Hasil ini semakin memantapkan posisi tim besutan Tito Vilanova di puncak klasemen dengan perolehan 31 poin, unggul 11 poin dari seteru abadinya Real Madrid, yang baru akan bermain beberapa jam lagi.

Sementara bagi Mallorca, kekalahan ini membuat posisi mereka turun ke peringkat 15 denga koleksi 11 poin.

Bertanding di San Moix, Senin (12/11/2012) dinihari WIB, Barca langsung unggul jauh lewat gol-gol dari Xavi, Messi dan Cristian Tello yang menutup babak I.

Pasca restart, Mallorca menghidupkan asa dengan mencetak dua gol melalui Michael Perreira dan penalti Victor. Namun, setelahnya Messi kembali membuat gol sekaligus memastikan kemenangan Barca.

Jalannya Pertandingan
Pertandingan berjalan relatif datar di awal. Selama sekitar 20 menit belum ada peluang berarti yang tercipta.

Peluang bagus pertama akhirnya hadir di menit ke-22 yang diciptakan Mallorca. Bola yang dihalau Gerard Pique masuk ke kotak Barca dan Victor Valdes melakukan penyelamatan gemilang dengan tangan kiri untuk mematahkan sundulan Jose Luis Marti.

Gol! Barca memimpin 1-0 di menit 28. Berawal dari pelanggaran Marti, Barca memperoleh tendangan bebas. Eksekusi Xavi dari luar kotak berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang Mallorca.

Villa! Lima menit kemudian, David Villa membuang sebuah peluang emas untuk menciptakan gol kedua Barca usai menerima operan bagus dari Cristian Tello. Sayang sekali.

Dua menit menjelang babak pertama ditutup. Barca mampu menciptakan dua gol untuk memimpin 3-0.

Di menit 44, Messi melakukan tendangan dari luar kotak. Kiper Dudu Aouate gagal menangkap bola dan tembakan bomber Barca itu masuk.

Semenit berselang giliran Tello yang muncul di papan skor. Menusuk dari sisi kanan, pemain muda Barca ini melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh.

Gol! Mallorca memperkecil skor di menit 55. Dari sisi kanan pertahanan Barca, Victor melepas umpan silang. Michael Perreira tidak terkawal di dalam kotak dan dengan mudah menceploskan bola. Mallorca 1, Barca 3.

Penalti buat Mallorca akibat handball Sergio Busquets. Victor maju sebagai algojo, mengarahkan tendangannya ke tengah gawang dan gol. Mallorca kembali menipiskan jarak dari Barca 2-3 di menit ke-58.

Barcelona kembali menjauhkan diri dari Mallorca. Di menit ke-70, Messi mencetak gol keduanya untuk menambah keunggulan timnya menjadi 4-2 setelah menerima operan dari pemain pengganti Alexis Sanchez.

Dua menit menjelang waktu normal pertandingan habis, Messi nyaris menciptakan hat-trick. Sanchez memaksa Aouate ke pinggir gawang, bola dioperkan ke Messi dan saat berhadapan dengang gawang yang kosong tembakannya melambung tipis.

Susunan Pemain
MALLORCA: Aouate, Ximo Navarro (Fernandez 82), Geromel, Conceicao, Bigas, Marti (Fontas 73), N'Sue, Pina, Pereira, Victor, Hemed (Alfaro 46)

BARCELONA: Valdes, Pique, Alves, Mascherano (Bartra 84) Jordi Alba (Montoya 87), Busquets, Fabregas, Xavi, Villa (Sanchez 66), Messi, Tello

( rin / krs )

'Dzeko Bukan Super-sub'

Posted: 11 Nov 2012 10:19 AM PST

Manchester - Manchester City harus berterima kasih kepada Edin Dzeko yang kembali jadi bintang kemenangan mereka. Meski Dzeko sering bikin gol saat turun sebagai pemain pengganti, City tak menganggapnya sebagai super-sub.

Menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2012) malam WIB, City sempat tertinggal lebih dulu setelah gawang mereka dibobol Steven Caulker di babak pertama. Namun, mereka bisa menyamakan skor lewat kaki Kun Aguero di pertengahan babak kedua.

Demi memburu tiga angka, manajer Roberto Mancini memasukkan Dzeko dan menarik keluar Carlos Tevez. Langkah ini terbukti manjur. Dzeko bikin gol di menit-menit akhir dan memastikan The Citizens menang 2-1.

Ini bukan kali pertama Dzeko mencetak gol saat dia dipasang sebagai pemain pengganti. Dia juga melakukan hal serupa dalam laga melawan Southampton, Real Madrid, Fulham, dan West Bromwich Albion. Kalau dijumlahkan, Dzeko sudah mencetak enam gol pada musim ini saat turun tidak dari menit pertama.

Mancini mengungkapkan bahwa Dzeko sebenarnya tidak senang terus-terusan main sebagai pengganti dan lebih banyak duduk di bench.

"Dia tidak bahagia. Tidak ada pemain yang bahagia berada di bangku cadangan," ungkapnya.

Sementara itu, asisten manajer David Platt menegaskan timnya tidak menganggap Dzeko sebagai super-sub, meski pada kenyataannya si pemain lebih sering bikin gol saat main sebagai pemain pengganti.

"Kami punya banyak pemain yang mungkin bisa bergabung dengan tim Premier League mana pun -- dan Edin merupakan salah satunya -- tapi itulah kenapa kami harus merotasi skuat," jelas Platt di situs resmi klub.

"Kami tak melabelinya 'super-sub' seperti yang dilakukan orang lain dan tak ada yang bisa kami lakukan soal itu. Dia adalah anggota skuat kami yang berharga, seperti yang sudah berkali-kali saya katakan sebelumnya dan saya akan terus bilang begitu," katanya.


( mfi / krs )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen