KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Raikkonen Juara, Vettel Posisi Tiga

Posted: 04 Nov 2012 02:30 PM PST

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pebalap Lotus, Kimi Raikkonen menjuarai GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (4/11/2012), sementara Sebastian Vettel meski memulai lomba dari pitlane akhirnya bisa meraih juara ketiga.

Kemenangan ini adalah yang pertama bagi Raikkonen sejak dia menjuarai GP Belgia 2009. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi Lotus sejak juara GP Jepang 2008 lalu.

Saat lomba dimulai, Pebalap McLaren, Lewis Hamilton yang berada di posisi start paling depan nampaknya akan mendominasi balapan. Dia lolos dari kesalahan di tikungan pertama yang membuat Raikkonen sempat berada di sampingnya sebelum menjauh.

Di lap pertama Pastor Maldonado berada di peringkat ketiga. Sementara Fernando Alonso yang bisa melewati Mark Webber di tikungan ke-11 berada di peringkat keempat.

Sementara itu, Vettel sangat terbantu dengan kecelakaan di tikungan pertama antara mobil Force India dengan Bruno Senna, serta Nico Rosberg dan Romain Grosjean.

Nico Rosberg yang lolos dari kecelakaan di tikungan pertama, kemudian di putaran kesembilan menabrak mobil HRT yang dikemudikan Narain Karthikeyan. Akibatnya, safety car harus masuk sirkuit.

Saat itu, Vettel berada di peringkat ke-13 dan dia sempat keluar jalur karena menghindari Daniel Ricciardo  dan menyenggol papan petunjuk. Kejadian ini merusak sayap depan mobilnya yang sudah mengalami kerusakan saat bersenggolan dengan mobil Bruno Senna. Vettel akhirnya harus masuk pit untuk mengganti sayap depannya itu.

Di saat yang sama, Hamilton terlihat nyaman di posisi terdepan, namun tiba-tiba di putaran ke-19, mobil McLaren yang dikendarai pebalap Inggris itu melambat sebelum akhirnya benar-benar berhenti. Musibah yang menimpa Hamilton, membuat Raikkonen memimpin jalannya lomba.

Kecelakaan yang melibatkan Sergio Perez, Romain Grosjean dan Mark Webber, membuat persaingan tinggal antara Raikkonen, Alonso, Button dan Vettel di 12 putaran terakhir lomba.

Awalnya Jenson Button bisa menekan Alonso, namun dengan segera, pebalap Spanyol itu bisa melepaskan diri dari kejaran Button dan mendekati Raikkonen di posisi terdepan. Di saat bersamaan, Vettel semakin mendekati posisi Button.

Pada empat putaran terakhir, Vettel bisa merebut posisi ketiga, meski jarak dengan Alonso terlalu jauh. Akhirnya Raikkonen memenankan pertarungan disusul Fernando Alonso dan Sebastian Vettel.

Hasil di Abu Dhabi ini membuat selisih keunggulan Vettel dari Alonso tinggal 10 angka. Itu berarti pertarungan menuju gelar juara dunia masih akan ditentukan di dua sisa balapan.

Hasil lengkap GP Abu Dhabi

 1.  Raikkonen           Lotus-Renault              1h45:58.667
 2.  Alonso                 Ferrari                          +     0.852
 3.  Vettel                   Red Bull-Renault          +     4.163
 4.  Button                 McLaren-Mercedes       +     7.787
 5.  Maldonado          Williams-Renault           +    13.007
 6.  Kobayashi           Sauber-Ferrari              +    20.076
 7.  Massa                 Ferrari                           +    22.896
 8.  Senna                 Williams-Renault            +    23.542
 9.  Di Resta              Force India-Mercedes    +    24.160
10.  Ricciardo            Toro Rosso-Ferrari         +    27.400
11.  Schumacher       Mercedes                        +    28.000
12.  Vergne               Toro Rosso-Ferrari          +    34.900
13.  Kovalainen         Caterham-Renault           +    47.700
14.  Glock                 Marussia-Cosworth           +    56.400
15.  Perez                 Sauber-Ferrari                 +    56.700
16.  Petrov                Caterham-Renault            +  1:04.500
17.  De la Rosa         HRT-Cosworth                +    1:11.5

Fastest lap: Vettel, 1:43.964

Mobil Kehilangan Tenaga, Lewis Hamilton Keluar Lomba

Posted: 04 Nov 2012 01:30 PM PST

GP Abu Dhabi

Mobil Kehilangan Tenaga, Lewis Hamilton Keluar Lomba

Minggu, 4 November 2012 | 21:30 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pebalap McLaren, Lewis Hamilton yang memimpin sejak start GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (4/11/2012), harus menelan kekecewaaan. Pasalnya, juara GP Abu Dhabi musim lalu itu, harus keluar dari balapan pada lap ke-20.

Sejauh ini belum diketahui penyebab keluarnya Hamilton, namun tim McLaren hanya mengatakan mobil pebalap berusia 27 tahun itu kehilangan kekuatannya. Ini adalah kali kedua dalam lima balapan, Hamilton harus keluar lomba di saat tengah memimpin.

Di Singapura, September lalu, Hamilton juga meninggalkan balapan karena masalah dengan gearbox-nya. Kejadian ini kemudian terulang di Abu Dhabi, padahal di sinilah Hamilton meraih pole position untuk pertama kalinya sejak GP Singapura.

Dengan keluarnya Hamilton dari balapan ini, maka secara matematis peluangnya menjuarai musim balapan ini sudah habis. Pasalnya, saat GP Abu Dhabi dimulai, Hamilton tertinggal 75 angka di belakang Sebastian Vettel yang kini memimpin klasemen.

Padahal, musim balapan tahun ini tinggal tersisa dua seri lagi. Artinya kedua balapan itu hanya menyediakan maksimal angka 50 bagi Hamilton jika dia menjuarai kedua balapan terakhir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen