Republika Online

sumber :-

Republika Online


Perbasi: SEA Games 2011 Titik Kebangkitan Basket Putri

Posted: 04 May 2011 03:05 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Agus Mauro, berharap penampilan skuat putri di SEA Games 2011 menjadi awal kebangkitan basket wanita di Indonesia. Basket wanita di tanah air seolah tertidur setelah tidak ada lagi kompetisi resmi sejak 2008 silam.

Karena itu, Agus mengatakan timnas putri diharapkan mampu meraih medali perak. "Target dari KONI memang perunggu. Tapi, kerja keras yang skuat tunjukan sepertinya mampu membawa pulang perak," kata Agus.

Agus mengatakan Filipina yang diperkuat empat pemain naturalisasi itu akan menjadi lawan paling tangguh. Indonesia akan bersaing dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura untuk memperebutkan posisi runner-up. Namun, Thailand kemungkinan akan absen karena dikenai sanksi dari FIBA. "Kalaupun Thailand main, fokus mereka kemungkinan terpecah untuk Pra-Olimpiade," ujar Agus.

Wulan Ayu Ningrum mengatakan target medali perak tersebut cukup realistis meski Indonesia sudah tidak pernah berlaga di SEA Games sejak 2003 silam. Namun, kapten timnas putri ini menyebutkan pentingnya ketangguhan mental untuk dapat melalui setiap laga dengan kemenangan.

"Kami belum pernah lawan mereka. Jadi, kami tidak seharusnya takut," ujar guard berusia 26 tahun ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Timnas Basket Putri Ukur Kemampuan di Filipina

Posted: 04 May 2011 02:53 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Tim nasional bola basket putri Indonesia akan melakukan uji coba ke Filipina pada 9 hingga 15 Mei mendatang. Ini menjadi ajang pertama untuk mengukur kemampuan skuat yang akan berlaga di SEA Games XXVI pada November mendatang.

Manajer tim nasional basket putri, Hasan Gozali, mengatakan skuat Merah Putih akan melakoni lima laga melawan tiga tim putri universitas setempat selama satu pekan di Filipina. "Lawannya memang bukan timnas, tapi kita harap mereka cukup memberikan perlawanan tangguh. Pada lima game itu, kita bisa lihat kekuatan skuat setelah tiga bulan latihan," kata Hasan Gozali.

Wulan Ayu Ningrum dan kawan-kawan dijadwalkan akan menghadapi Universitas Fair Eastern pada 10 dan 13 Mei, Universitas Adamson 11 dan 14 Mei, serta Universitas Santo Thomas University pada 12 Mei.

Pelatih timnas basket putri, William Frazier McCommon, mengatakan anak-anak asuhannya sudah bekerja keras selama enam pekan sejak dirinya ditunjuk sebagai pelatih. Sebanyak 14 pemain yang menghuni skuat Merah Putih itu sudah melakoni menu latihan untuk menggenjot fisik, daya tahan, serta mengasah kemampuan taktik, dan teknik.

Karena itu, McCommon berharap para pemainnya akan menunjukan kemampuan terbaiknya ketika uji coba di Filipina. "Setelah ini, kita akan tahu kapasitas tim. Sebab, selama ini kami menghadapi tim pria," ujar pelatih asal Amerika Serikat ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen