Republika Online

sumber :-

Republika Online


SEA Games -- Gelora Sriwijaya Sudah Siap Digunakan

Posted: 27 Sep 2011 04:49 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang di Sumatera Selatan (Sumsel) telah siap digunakan untuk perhelatan SEA Games XXVI di Indonesia, 11-22 November mendatang. Pengelola Aset Pemerintah Provinsi Sumsel Rusli Nawi menjamin kesiapan stadion tersebut."Renovasi stadion itu bisa dikatakan telah rampung, dan saat ini tinggal menjaga saja agar saat digunakan tetap layak dipakai, seperti menjaga rumput lapangan bola tetap hijau dan area sekitar tetap bersih serta tertata rapi," kata Rusli di Palembang, Rabu (28/9).

Pihak kontraktor saat ini fokus untuk melakukan penghijauan di area sekitar stadion, setelah ratusan pohon yang ditanam sebelumnya menjadi mati karena musim kemarau.
Dia menambahkan, untuk menjaga hasil renovasi pihaknya juga melarang penggunaan stadion itu sebelum SEA Games berlangsung. "Pemprov Sumsel sangat menjaga penampilan Stadion Jakabaring karena akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan SEA Games, sehingga tidak boleh digunakan kegiatan lain seperti latihan sepak bola," kata dia.

Dia menuturkan, kualitas rumput stadion harus dijaga agar tidak rusak sebelum digunakan, sehingga melarang klub asal Sumsel Sriwijaya FC untuk berlatih di sana.
Rusli menambahkan, untuk mempercantik area sekitar stadion terdapat beberapa penambahan yang dilakukan, seperti pembuatan gapura bebentuk kapal dengan bahan besi bertuliskan "Gelora Sriwijaya The Stadium" pada bagian depan.

Kemudian, dilakukan pengecatan halaman bagian depan stadion (koridor) untuk tempat tiang bendera negara-negara peserta SEA Games dipasang serta pembuatan taman-taman baru di sekeliling stadion.
Saat ini bagian tribun Stadion Jakabaring telah dicat berwarna biru dan tampak mengkilat dari kejauhan.
Area bagian dalam stadion juga telah dibuat steril dan tidak bisa diakses kecuali oleh para pekerja.

Pada bagian dalam stadion, terlihat kursi-kursi tribun masih berbungkus plastik dan bagian dinding telah dicat ulang. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring atau dikenal dengan sebutan Stadion Jakabaring ini nantinya akan digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI, 11-22 November 2011. Stadion ini sempat digunakan pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional XVI tahun 2004 lalu.

Stadion ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, karena bertaraf internasional dengan kapasitas menampung 36.000-40.000 orang. Tribun utama di sisi barat dan tribun dilindungi oleh atap yang ditopang dua pelengkung baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang.

SEA Games -- Mesin Penghitung Skor Dipasang

Posted: 27 Sep 2011 04:39 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Persiapan Sea Games ke 26 semakin terus digenjot menjelang November mendatang. Mesin penghitung skor untuk lapangan tembak Jakabaring yang akan digunakan pada SEA Games ke-26 telah tiba di Palembang beberapa hari lalu. ''Kami tengah menunggu petugas dari Jakarta untuk memasangnya,'' kata Kepala Proyek PT Prambanan Dwipaka, Agung Sugiono, Rabu (28/9).

Dia menjelaskan, mesin bermerek "Total Station" yang berasal dari Italia itu telah dirakit oleh pabrik pembuatnya. "Setelah dipesan kurang lebih satu bulan, akhirnya tiba juga di Palembang. Sebelumnya kami sempat khawatir karena tes event direncanakan digelar pada pertengahan Oktober nanti. Sementara untuk memasangnya membutuhkan waktu dua pekan,'' keluhnya.

Seluruh lapangan tembak akan dipasang mesin penghitung skor, beserta pendukungnya seperti papan skor dan target menembak. "Dengan menggunakan 400 pekerja, telah dituntaskan penyelesaian pembangunan lapangan tembak jarak 10 meter, 25 meter, dan 50 meter. Sembari menunggu tenaga pemasangnya, telah dituntaskan pembuatan instalasi," ujarnya.

Sekretaris Umum Perbakin Pengprov Sumsel, Dolok Saribu meyakini bahwa pemasangan alat pengukur waktu dengan sistem komputerisasi tersebut akan selesai tepat waktu, sebelum uji coba lapangan dimulai pada 16 Oktober nanti. "Alat penghitung waktu ini merupakan syarat untuk menggelar event SEA Games, untuk menghindari kecurangan dalam perhitungan manual. Perhitungan skor pun bisa langsung diketahui dan tertera di layar monitor," katanya.

Mendekati hari penyelenggaraan SEA Games, 11 November 2011, pengerjaan venue lapangan tembak di Jakabaring Sport City kini dipercepat. Para pekerja harus kerja lembur hingga malam dan penyelesaian bangunan telah mencapai 80 persen. Lapangan tembak dengan luas area 1.600 hektare ini akan menjadi lapangan tembak termegah di Asia, karena dilengkapi arena shooting range terpanjang di Asia, yaitu 600 meter, perkantoran, toko perlengkapan senjata, dan tempat penyimpanannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen