KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Mengapa Rossi Bagus di Jerez

Posted: 01 Apr 2011 03:55 PM PDT

JEREZ, Kompas.com - Valentino Rossi tampil cukup menjanjikan pada hari pertama latihan bebas di Sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat (1/4/11). Menurut "The Doctor", perubahan pada sistem elektronik menjadi kunci pembeda pada performa tersebut.

Dua pebalap Honda itu masih terlalu jauh, tetapi dari yang posisi tiga jarak kami tidak begitu jauh. Karena itu, kami bisa bertarung untuk naik podium dan ini menjadi target kami

-- Valentino Rossi

Memang, jika dibandingkan dengan apa yang diraihnya pada seri pembuka di Qatar, dua pekan lalu, hasil Rossi dalam latihan di Jerez ini jauh berbeda. Di Qatar, pebalap Italia tersebut gagal masuk posisi tiga besar dan hanya finis ketujuh saat balapan. Tetapi di Jerez, dia berhasil membesut Ducati Desmosedici GP11 dengan bagus sehingga menempati posisi tiga dan lima dalam dua latihan bebas.

"Ini menjadi hari yang bagus bagi kami, terutama karena kami bisa memperbaiki posisi. Ketiga dan kelima adalah sebuah perubahan jika dibandingkan dengan Qatar, dan saya cukup bahagia--pagi ini lebih banyak dibandingkan sore," ujar Rossi.

"Kami harus mencoba dan memperbaikinya untuk besok, karena di Qatar, kami juga memulainya dengan cukup bagus tetapi kami tak mampu memperbaikinya. Tetapi saya suka trek ini dan saya lebih suka Ducati di sini, di Jerez, dibandingkan dengan di Qatar, sehingga saya senang.

"Saya memiliki grip yang lebih bagus dan motor lebih mudah untuk dikendarai dibandingkan dengan saat di Qatar."

Rossi mengatakan, Ducati belum melakukan update, tetapi perubahan pada sistem elektronik cocok dengan gayanya.

"Kami melakukan perubahan pada beberapa sistem--kami memulainya dengan bekerja pada elektronik, saya memberikan beberapa saran mengenai apa yang saya suka dari motor ketika mengegas," ujarnya.

"Kami sudah banyak berubah. Tetapi perangkat keras motor masih sama. Dan juga, trek ini lebih bagus bagi saya, saya lebih menyukainya daripada Qatar."

Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP ini menepis anggapan bahwa dia menjiplak karakter Yamaha yang dipakainya selama tujuh musim terakhir. Menurutnya, mereka harus terus berusaha memperbaiki Ducati atau mengadaptasinya.

Dengan hasil dua kali latihan bebas ini, Rossi cukup yakin bisa naik podium pada balapan akhir pekan nanti. Target yang lebih realistis adalah finis di posisi tiga, karena sulit untuk menyaingi duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner, yang sangat mendominasi.

"Dua pebalap Honda itu masih terlalu jauh, tetapi dari yang posisi tiga jarak kami tidak begitu jauh," jelas mantan pebalap Honda dan Yamaha ini. "Karena itu, kami bisa bertarung untuk naik podium dan ini menjadi target kami."

Juara dunia sembilan kali grand prix ini pun menjelaskan tentang kondisi fisiknya. Dia mengatakan bahwa sudah ada perubahan yang lebih bagus sejak tampil di Qatar pada 20 Maret lalu, meskipun bahunya belum terlalu kuat.

"Sayang, tenaganya tidak terlalu cukup tetapi tampaknya sudah banyak berubah sehingga ini sangat penting untuk menghadapi balapan hari Minggu nanti--saya sedikit kehilangan tenaga dari lap ke lap," tambahnya.

Sirkuit Jerez termasuk salah satu favorit Rossi. Di sini dia meraih enam kemenangan selama tampil di kelas premier, dan sekarang sedang mengincar kemenangan ketujuh.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pedrosa Tercepat, Honda Tak Tergoyahkan

Posted: 01 Apr 2011 01:07 PM PDT

JEREZ, KOMPAS.com — Duo Repsol Honda belum tergoyahkan pada latihan hari pertama di Jerez, Spanyol, Jumat (1/4/2011). Pada latihan bebas kedua, mereka tetap tampil dominan dengan catatan waktu yang terpaut cukup jauh dibandingkan dengan para rivalnya.

Kali ini giliran Dani Pedrosa menjadi yang terdepan dengan catatan waktu terbaik 1 menit 40,101 detik. Dia mengungguli rekan setimnya, Casey Stoner, yang pada latihan bebas pertama menjadi tercepat. Waktu mereka hanya terpaut 0,188 detik.

Mirip dengan latihan bebas pertama, kali ini pun duo Honda itu unggul dengan gap yang cukup jauh dengan peringkat tiga, Jorge Lorenzo. Pebalap Yamaha yang berstatus juara dunia ini tertinggal 0,522 detik dari Pedrosa, yang berencana setelah GP Spanyol ini akan menjalani operasi untuk sembuhkan gangguan pada lengannya.

Sementara itu, Valentino Rossi yang pada latihan sebelum berada di urutan tiga harus melorot dua strip. Pebalap Ducati ini menghuni peringkat lima karena kalah dari rekan senegaranya dari Italia, Marco Simoncelli (Honda Gresini).

Di belakang Rossi ada Randy de Puniet (Pramac), Ben Spies (Yamaha), Nicky Hayden (Ducati), Hiroshi Aoyama (Honda Gresini), dan Karel Abraham (Cardion AB Motoracing). Mereka melengkapi komposisi 10 besar latihan bebas 2 ini.

John Hopkins, yang menggantikan posisi Alvaro Bautista (sedang dalam proses pemulihan cedera akibat kecelakaan di Qatar), belum mampu menunjukkan hasil yang bagus. Pebalap tim Rizla Suzuki ini menghuni posisi 16, satu strip lebih bagus dari sang juru kunci, Toni Elias (LCR Honda).

Latihan bebas ketiga akan dilakukan pada Sabtu (2/4/2011) sore pukul 15.10-15-55 WIB. Setelah itu, pada pukul 18.55-19-55 WIB akan dilakukan kualifikasi untuk menentukan posisi pebalap ketika melakukan start pada balapan hari Minggu pukul 19.00 WIB.

- Hasil latihan bebas 2 GP Spanyol

1. Dani Pedrosa  ESP Repsol Honda Team  1m 40.101s
2. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 1m 40.289s
3. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 1m 40.623s
4. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 1m 40.701s
5. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 1m 40.956s
6. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 1m 40.982s
7. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 1m 41.053s
8. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 1m 41.058s
9. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 1m 41.292s
10. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 1m 41.304s
11. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 1m 41.337s
12. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 1m 41.407s
13. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 1m 41.665s
14. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 1m 41.810s
15. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 1m 41.854s
16. John Hopkins USA Rizla Suzuki MotoGP 1m 42.305s
17. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 1m 42.690s

Fastest FP1 time:
Casey Stoner AUS Repsol Honda 1m 39.551s

2010 Spanish Grand Prix (May 2):
Pole position:
Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 1m 39.202s
Fastest race lap:
Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 1m 39.731s (record)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen