Republika Online

sumber :-

Republika Online


Cara Tepat Penanganan Cedera Olahraga

Posted: 16 Apr 2012 11:50 AM PDT

SPORTKU.COM - Cara tepat penanganan cedera olahraga oleh Dokter FIK-UNJ[Simak juga artikel: penyebab terjadinya cedera dalam olahraga, cara tepat penanganan cedera dalam olahraga, alat dan proses terapi cedera olahraga].

Berbagai kasus cedera yang terjadi di dunia olahraga, dewasa ini cukup meresahkan para pelaku olahraga tersebut. Bahkan hingga detik ini pun masih menjadi mimpi buruk bagi para atlet, termasuk pelatih yang terlibat di dalamnya.

Ironisnya dari berbagai tragedi cedera yang menimpa banyak atlet, ternyata tidak dijadikan sebuah pelajaran. Masih ada para aktifis dunia olahraga yang kurang memahami pentingnya penanganan pertama untuk cedera olahraga, serta rehabilitasi cedera. Esensinya adalah agar kelanjutan dari sebuah program latihan bisa selamat sampai tujuan.

Kami akan membagikan tips serta rekomendasi perlakuan terhadap penderita cedera olahraga secara tepat. Penanganan pertama pada cedera olahraga bisa dilakukan dengan metode RICE:

  • R [Rest]. Bagian tubuh yang mengalami cedera harus diistirahatkan terlebih dahulu / berhenti beraktivitas.
  • I [Ice]. Bagian tubuh yang mengalami cedera dikompres dengan es.
  • C [Compress]. Bagian tubuh yang mengalami cidera sebaiknya dibebat/dibalut dan ditekan agat tidak terjadi pembengkakan.
  • E [Elevation]. Bagian tubuh yang mengalami cedera harus ditinggikan posisinya. Agar transportasi aliran darah bisa lancar kembali.

Selain itu dokter juga akan memberikan obat anti inflamasi non steroid yang berfungsi sebagai anti nyeri dan anti inflamasi/ radang.

Proses rehabilitasi cedera melalui dua fase:

1. Fase Akut

Saat awal terjadinya cedera lakukanlah metode RICE, kemudian berikan obat-obatan guna mengurangi rasa nyeri, serta menggunakan alat bantu.

2. Fase Pemulihan

a. Terapi dengan menggunakan alat-alat modalitas seperti :

  • MWD  [MicroWave Diathermy]
  • USD [Ultra Sound Diathermy]
  • Laser
  • TENS [Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation]
  • EKG [Elektro Kardio Graph]

Alat-alat tersebut bertujuan agar otot-otot yang kaku mampu kembali berelaksasi. Misalnya alat MWD yang bertugas untuk memberikan efek relaksasi pada otot serta mengurangi rasa nyeri.

b. Terapi Latihan

Setelah melakukan latihan terapi pemulihan dengan alat-alat fisiotherapy, langkah berikutnya adalah melakukan conditioning. Maksudnya adalah pasien melakukan terapi latihan beban sebagai penguatan atas cidera yang diderita sebagai penyempurna rehabilitasi. Alat-alat serta berat beban bergantung pada berat / ringannya cedera, serta bagian mana yang terkena cedera.

Pasien yang diberikan treatment dengan alat fisioterapi di atas akan sembuh lebih cepat. Misalnya seorang atlet yang mengalami cedera ringan, apabila dalam teori seharusnya sembuh dalam waktu 10 hari, bisa dipersingkat menjadi lima hari.

NBA Akhirnya Menjual Hornets Kepada Pemilik Tim Football New Orleans

Posted: 16 Apr 2012 11:49 AM PDT

SPORTKU.COM - NBA akhirnya menjual tim New Orleans Hornets kepada pemilik tim Football New Orleans Saints. Tom Benson, owner dari tim Football New Orleans Saints, telah memiliki klub tersebut sejak tiga dekade lalu [1985]. Keputusan Benson untuk membeli Hornets membuat dua tim olahraga professional di New Orleans tersebut kini dimiliki oleh owner lokal.

Pada tahun 2010, mantan pemilik klub Hornets - George Shinn, menjual tim Hornets kepada NBA sampai David Stern secara permanen dapat menemukan pembeli klub tersebut yang berasal dari New Orleans. Proses yang memakan waktu satu setengah tahun tersebut akhirnya berakhir ketika Benson, pria kelahiran New Orleans yang berusia 84 tahun tersebut, setuju membeli Hornets dari NBA.

"Kami telah menemukan pemilik klub yang sempurna," ujar NBA commissioner David Stern. "Tujuan kami memang adalah untuk menjual Hornets kepada orang yang memiliki komitmen luar biasa pada New Orleans."

Proses penjualan tim Hornets telah disetujui oleh Board of Governors NBA. Dikabarkan Benson membeli Hornets dengan harga $338,000,000.

"Kami berharap Hornets bisa menjadi salah satu klub yang paling sukses di NBA, kalau tidak saya tidak akan mau terlibat," ujar Benson. "Pembelian klub Hornets ini adalah hal yang bagus. Saya senang bisa menjadi bagian dari Hornets."

Hornets pindah ke New Orleans dari Charlotte pada tahun 2002, dan sempat bermain dua musim penuh di Oklahoma City. Menurut surat kabar Times-Picayune, Benson ingin mengganti nama tim Hornets agar cocok dengan kota New Orleans. "Kami membutuhkan nama seperti Jazz," ujar Benson.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan