KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Djokovic Lengserkan Nadal dari Puncak

Posted: 01 Jul 2011 03:47 PM PDT

LONDON, Kompas.com — Novak Djokovic berhasil mewujudkan impiannya untuk menjadi pemain nomor satu dunia. Keberhasilannya menembus final Wimbledon, Jumat (1/7/2011), memastikan pemain nomor dua dunia tersebut menggeser petenis Spanyol, Rafael Nadal, dari puncak ranking ATP.

Ini adalah salah satu perasaan yang terhebat yang pernah saya rasakan di sebuah lapangan tenis. Impianku menjadi kenyataan, untuk pertama kalinya masuk ke final Wimbledon.

-- Novak Djokovic

Hal ini berarti Djokovic menggeser dominasi Nadal dan Roger Federer, yang selama tujuh tahun bergantian menjadi pemain nomor satu dunia. Dalam daftar ranking ATP yang dikeluarkan pekan depan, Djokovic akan berada di urutan pertama.

Djokovic meraih tiket final grand slam di All England Club tersebut setelah menang 7-6 (4), 6-2, 6-7 (9), 6-3 atas unggulan ke-12 dari Perancis, Jo-Wilfried Tsonga. Di partai puncak grand slam lapangan rumput tersebut, Minggu (3/7/2011), Djokovic akan bertemu unggulan utama Rafael Nadal atau unggulan keempat Andy Murray.

"Sulit bagi saya untuk berkata-kata," ujar Djokovic seusai pertandingan. "Ini adalah salah satu perasaan yang terhebat yang pernah saya rasakan di sebuah lapangan tenis. Impianku menjadi kenyataan, untuk pertama kalinya masuk ke final Wimbledon."

"Saya sudah bekerja keras sepanjang hidupku untuk ini. Saya selalu bermimpi untuk bermain di final Wimbledon sejak saya mulai bermain tenis saat masih berusia empat tahun. Jadi, bisa berada di partai final pada hari Minggu nanti merupakan momen yang fantastis."

Sebenarnya, rekor pertemuan Djokovic dengan Tsonga tak terlalu bagus. Petenis berusia 24 tahun ini sudah kalah lima kali dari tujuh pertemuan sebelumnya dengan Tsonga, yang secara mengejutkan menghentikan langkah peraih enam gelar Wimbledon, Roger Federer, di perempat final.

Namun, di partai semifinal yang berdurasi 3 jam 7 menit ini Djokovic bermain sangat impresif. Dia menguasai jalannya pertandingan sehingga Tsonga tak mampu bangkit dari keterpurukan meskipun sempat mencuri poin di set ketiga.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Djokovic untuk Pertama Kalinya ke Final

Posted: 01 Jul 2011 03:30 PM PDT

Wimbledon

Djokovic untuk Pertama Kalinya ke Final

Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Jumat, 1 Juli 2011 | 22:30 WIB

LONDON, Kompas.com - Novak Djokovic melangkah ke final Wimbledon, setelah menjegal petenis Perancis, Jo-Wilfried Tsonga, dengan 7-6, 6-2, 6-7, 6-3, Jumat (1/7/11). Ini adalah final pertamanya di grand slam lapangan rumput tersebut, dan kesuksesannya juga memberikan garansi pekan depan dia jadi pemain nomor satu dunia.

Unggulan kedua asal Serbia ini tampaknya akan menang straight set ketika sudah unggul di set ketiga. Tetapi Tsonga, yang diperempat final mengempaskan juara enam kali Wimbledon, Roger Federer, bisa bangkit dan memaksa tie-break yang dimenangkannya dengan 11-9.

Namun di set keempat, Tsonga, yang merupakan unggulan ke-12, tak bisa mengimbangi agresivitas Djokovic. Pada game pertama, Djokovic langsung melakukan break, dan terus mengendalikan jalannya pertandingan.

Kini, Djokovic tinggal selangkah lagi mewujudkan ambisinya untuk menambah koleksi grand slam, setelah dua kali menjuarai Australia Terbuka. Lawan yang akan dihadapi di partai final, Minggu (3/7/11), adalah pemenang antara unggulan utama dari Spanyol, Rafael Nadal, dengan unggulan keempat dari Inggris, Andy Murray. Duel Nadal vs Murray baru akan berlangsung.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan