KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Serena Sabet Gelar Kelima, Radwanska Harus Menunggu Lagi

Posted: 07 Jul 2012 04:03 PM PDT

LONDON, Kompas.com - Petenis Amerika Serikat, Serena Williams, merebut gelar kelimanya di Wimbledon, Sabtu (7/7/2012). Unggulan keenam tersebut meraih trofi grand slam lapangan rumput di All England Club ini, setelah menang rubber set 6-1, 5-7, 6-2 atas unggulan ketiga dari Polandia, Agnieszka Radwanska.

Dengan gelar ini, Serena membuktikan bahwa dirinya belum habis. Kekuatan pukulan yang menjadi andalannya bekerja dengan sangat baik dalam laga kali ini, sehingga dia bisa menjegal Radwanska, yang masih harus menunggu lagi untuk meraih trofi grand slam.

Serena, yang kini mengoleksi 14 gelar grand slam, memperlihatkan dominasinya di set pembuka. Mantan pemain nomor satu dunia ini dengan cepat unggul 5-0, sebelum Radwanska merebut poin di game keenam, dan selanjutnya Serena menyelesaikan set pertama dalam waktu 36 menit untuk menang 6-1.

Di set kedua, Radwanska bangkit dan sukses membuat Serena frustrasi. Meskipun pukulannya "tak bertenaga", tetapi cross court dan down the line yang diperlihatkan pemain nomor tiga dunia ini membuat Serena kesulitan mengejar bola. Alhasil, dia berhasil melakukan break di game ke-12 sekaligus menang 7-5, untuk memaksa rubber set.

Pada set penentuan, Serena kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Meskipun sempat mengalami kesulitan saat tertinggal 1-2, Serena bisa keluar dari tekanan untuk menyamakan skor menjadi 2-2, dan selanjutnya tak terbendung lagi. Dia menyapu empat game terakhir untuk menang 6-2, yang ditutup dengan backhand winner.

Hasil ini membuat Radwanska, yang menjadi petenis Polandia pertama dalam kurun waktu 73 tahun yang tampil di final grand slam, gagal naik ke posisi nomor satu dunia. Dia justru "membuka" jalan bagi petenis Belarusia, Victoria Azarenka, yang disingkirkan Serena di semifinal, menjadi pemain nomor satu WTA, menggeser si cantik asal Rusia, Maria Sharapova.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Alamsyah Kembali Rebut Gelar International Challenge

Posted: 07 Jul 2012 03:48 PM PDT

SURABAYA, Kompas.com - Pebulu tangkis unggulan utama tunggal putra Alamsyah Yunus kembali merebut gelar juara turnamen Victor Indonesia International Challenge 2012 di GOR Sudirman Surabaya, Sabtu (7/7/2012) malam. Alamsyah tampil sebagai yang terbaik setelah mengalahkan wakil Pelatnas Wisnu Yuli Prasetyo dalam pertandingan tiga game selama 70 menit dengan skor 20-22, 21-16, 21-10.

Gelar juara ini menjadi yang kedua bagi Alamsyah dalam tiga kali beruntun penampilannya di final Indonesia Challenge. Sebelumnya dia juara pada 2010 dengan mengalahkan Andre Kurniawan, sementara pada final 2011 kalah dari Tommy Sugiarto.

"Kemenangan kali ini terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke-26. Saya sangat termotivasi untuk merebut juara dan berhasil," katanya usai pertandingan.

Alamsyah mengakui, pertandingan melawan Wisnu Yuli merupakan yang terberat sepanjang turnamen ini dan harus diselesaikan dengan tiga game.

"Kualitas permainan Wisnu sangat bagus, tapi game ketiga kondisi dia terlihat menurun sehingga saya lebih mudah menekannya," ujar pemain yang kini berperingkat 30 dunia itu.

Setelah unggul pada game pertama, Wisnu Yuli berusaha kembali tampil menyerang di game kedua, tetapi Alamsyah beberapa kali mampu mematahkan serangannya. Kondisi fisik yang terus menurun setelah dua hari beruntun bermain tiga game, membuat Wisnu Yuli mulai kesulitan mengimbangi permainan reli yang diterapkan lawannya sehingga menyerah 16-21.

Bahkan pada game penentuan, Wisnu Yuli makin sulit mengembangkan permainan karena terus mendapat tekanan dari Alamsyah.

"Saya sudah berusaha menekan, tapi Alamsyah memang tipe pemain yang tidak gampang dimatikan. Ke depan, saya masih harus membenahi kondisi fisik," kata Wisnu Yuli.

Dengan kekalahan Wisnu Yuli, Pelatnas Cipayung harus puas dengan perolehan dua gelar juara yang sebelumnya diraih dari nomor tunggal putri dan ganda putri.

Secara keseluruhan, tuan rumah Indonesia mengoleksi empat gelar juara di turnamen berhadiah total 20 ribu dollar AS, sementara Korea Selatan menempatkan tiga wakilnya di partai final hanya membawa pulang satu gelar dari nomor ganda campuran.

Pasangan Lee Jae Jin/Yoo Hyun Young menjadi jawara dengan menundukkan ganda tuan rumah Tri Kusumawardhana/Variella Aprilsasi 19-21, 21-13, 21-12.

Hasil lengkap final Indonesia Challenge 2012:

1. Ganda putra: Ricky Karanda/Muhammad Ulinnuha (INA) v Yanathan Suryatama/Hendra AG (INA) 21-12, 12-21, 21-16
2. Tunggal putri: Hera Desi (INA) v Bae Seung Hee (KOR) 21-16, 21-18
3. Ganda campuran: Lee Jae Jin/Yoo Hyun Young (KOR) v Tri Kusumawardhana/Variella Aprilsasi 19-21, 21-13, 21-12
4. Tunggal putra: Alamsyah Yunus (INA) v Wisnu Yuli Prasetyo (INA) 20-22, 21-16, 21-10
5. Ganda putri: Pia Zebadiah/Rizki Amelia (INA) v Lee Se Rang/Yoo Hyun Young (KOR) 21-17, 19-21, 21-13.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan