KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Rossi Puas dengan Uji Coba GP12

Posted: 09 Apr 2011 02:44 PM PDT

JEREZ, KOMPAS.com — Valentino Rossi mendapat kesempatan pertama untuk merasakan Ducati GP12 yang dipersiapkan untuk menghadapi MotoGP 2012. "The Doctor" melakukan uji coba mesin versi baru berkapasitan 1.000 cc tersebut di Sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat (8/4/11) waktu setempat.

Saya suka GP12 ini. Menurut saya, ini lebih menyenangkan. Ini adalah pertama kalinya kami berada di trek sehingga kami memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Tetapi mesinnya lebih bagus

-- Valentino Rossi

Motor tersebut diberi seragam lengkap Marlboro dan satu perubahan yang paling mencolok dibandingkan dengan Desmosedici GP11 adalah penambahan knalpot slash-cut.

Mulai musim 2012, ada pertarungan baru yang mengizinkan penggunaan ukuran mesin maksimum 1.000 cc. Untuk saat ini, mesin yang digunakan di kelas MotoGP adalah 800cc. Meskipun demikian, belum ada konfirmasi selengkapnya, apakah boleh menggunakan sepenuhnya ukuran maksimum 1.000 cc tersebut.

Meskipun demikian, Ducati sudah mulai mengadakan uji coba mesin baru itu. Hanya saja, karena tim uji Ducati sedang konsentrasi untuk mengembangkan mesin GP11, Rossi dibantu oleh beberapa mekanik balap timnya dan insinyur untuk tes GP12 itu.

Juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut memulai aksinya di atas GP12 setelah pukul 11.00. Dia mencobanya selama enam putaran. Karena tak ada masalah, uji coba itu berlanjut di mana Rossi berhasil melahap 50 putaran.

"Saya senang," ujar Rossi usai uji coba tersebut. "Saya suka GP12 ini. Menurut saya, ini lebih menyenangkan, lebih menyenangkan untuk ditunggang. Ini adalah pertama kalinya kami berada di trek sehingga kami memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Tetapi mesinnya lebih bagus."

"Ini sangat menyenangkan, dan Anda dapat melakukan beberapa slide yang bagus. Ini adalah motor yang akan kami gunakan pada musim depan. Jadi sangat penting–dan juga sangat bagus–menjadi orang pertama yang tampil di trek."

Ducati menjadi tim pertama yang memberikan kesempatan kepada para pebalapnya untuk mencoba motor 2012. Setelah Rossi melakukannya pada hari Jumat, giliran Nicky Hayden (juara dunia 2006) yang mencoba GP12 di Jerez pada Sabtu.

"Kami memilih para pebalap dari pabrik kami–hari ini Vale, besok Nicky–untuk lebih dulu mencoba motor dalam tes pertama ini karena kami pikir masukan mereka sangat penting untuk memulai pekerjaan kami dalam pengembangan ke arah yang benar," ujar bos teknik Ducati, Filippo Preziosi.

"Bisa bekerja dengan Vale selama sehari penuh lebih merupakan permintaan dari kebanyakan teknisi. Kami mengumpulkan masukan yang akan kami terjemahkan ke desain lebih lanjut dan pengembangan untuk motor tahun depan."

"Hal yang positif adalah bahwa pilihan teknis dibuat untuk GP12 dalam tahap perencanaan awal, pada tahun 2010–dan aku merujuk terutama untuk mesin, yang masih big-bang, dan sampai ke paling belakang–yang didukung oleh Valentino."

"Ini memberikan kami kepuasan yang besar, dan kami optimistis tentang pekerjaan yang masih harus dilakukan. Kami tahu bahwa pesaing kami juga bekerja keras untuk mengembangkan motor 2012 mereka, tetapi itu justru membuat tantangan yang lebih baik. "

Akhir pekan lalu, Hayden membawa Ducati untuk pertama kalinya naik podium pada MotoGP musim 2011 dalam balapan basah di Jerez. Ketika Rossi jatuh saat akan menyalip Casey Stoner untuk memperebutkan posisi kedua, Hayden justru bisa mengambil keuntungan dari kecelakaan yang dialami beberapa pebalap di depan sehingga dia finis ketiga.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Hamilton: McLaren Tak Perlu Kecewa

Posted: 09 Apr 2011 02:03 PM PDT

Gagal "Pole Position" di GP Malaysia

Hamilton: McLaren Tak Perlu Kecewa

Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Sabtu, 9 April 2011 | 21:03 WIB

SEPANG, KOMPAS.com — Lewis Hamilton mengatakan, tak ada alasan bagi McLaren untuk kecewa dengan hasil kualifikasi GP Malaysia, Sabtu (9/4/2011). Pasalnya, dalam sesi memperebutkan grid start di Sirkuit Sepang tersebut, McLaren telah memperlihatkan bahwa mereka terus memangkas gap waktu dengan Red Bull Racing sejak seri perdana di Australia dua pekan lalu.

Dalam kualifikasi yang berlangsung ketat tersebut, Sebastian Vettel akhirnya meraih pole position. Pebalap Red Bull itu mampu menggeser Hamilton menjelang akhir Q3 meskipun selisih waktunya sangat tipis, yaitu 0,1 detik. Bandingkan dengan apa yang terjadi di Melbourne di mana Red Bull unggul 0,8 detik atas McLaren.

"Saya tidak berpikir kami boleh kecewa," ujar Hamilton. "Tampil di balapan terakhir, kami melakukan sebuah pekerjaan yang fantastis untuk terus mendekati Red Bull."

"Saya bangga memperoleh beberapa bagian baru pada akhir pekan ini dan kami bisa bahagia dengan hal tersebut. Saya ingin sekali berada di barisan depan dan berada di pole position, tetapi pebalap ini bisa melewatinya."

"Kami sudah bisa merapatkan jarak di sini. Lapnya tidak sempurna sehingga saya harus memperbaikinya."

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen