Republika Online

sumber :-

Republika Online


Stoner Tercepat di Sesi Pelatihan Bebas Pertama

Posted: 05 Apr 2012 04:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA - Juara dunia Casey Stoner sukses menjadi pebalap yang tercepat pada sesi pelatihan bebas pertama bagi balapan pembuka musim, di Grand Prix Qatar, Kamis waktu setempat atau Jumat WIB.

Pebalap Honda yang berasal dari Australia tersebut mencatatkan waktu 1 menit 56,474 detik dan mengungguli pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo. Sementara pebalap Ducati, Nicky Hayden, tertinggal lebih dari setengah detik dan berada di peringkat ketiga.

Juara Moto GP tujuh kali, Valentino Rossi, yang telah memenangi balap di Qatar sebanyak tiga kali, harus memulai musim dengan menyedihkan. The Doctor hanya mampu mencatatkan waktu terbaik di peringkat kesepuluh, lebih lambat satu detik dari Stoner.

Stoner kini menjadi favorit pada balap Minggu, yang akan dilangsungkan di Sirkuit Losail. Pemuda 26 tahun itu telah empat kali menang dari enam kunjungannya ke Qatar.

Catatan waktu pelatihan bebas pertama:

MotoGP

Moto2

1. Thomas Luthi (Swiss/Suter) 2:01,284. 2. Esteve Rabat (Spanyol/Kalex) selisih 0,402. 3. Pol Espargaro (Spanyol/Kalex) 0,641. 4. Marc Marquez (Spanyol/Suter) 0,784. 5. Simone Corsi (Italia/FTR) 0,980

Moto3

1. Maverick Vinales (Spanyol/FTR Honda) 2:09,762. 2. Louis Rossi (Prancis/FTR Honda) selisih 0,218, 3. Luis Salom (Spanyol/Kalex KTM) 0,539. 4. Miguel Oliveira (Portugal/Honda) 0,623. 5. Sandro Cortese (Jerman/KTM) 1,118

Arab Saudi tidak Kirim Atlet Putri ke Olimpiade London

Posted: 05 Apr 2012 12:53 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Atlet-atlet putri Arab Saudi dilarang untuk berpartisipasi ke Olimpiade London 2012. Menurut laporan surat kabar Arab Saudi, Al Watan, Kamis (5/4), Presiden Komite Olimpiade Arab Saudi, Pangeran Nawaf bin Faisal tidak memberikan lampu hijau.

"Saya tidak mengizinkan atlet-atlet putri untuk berpartisipasi dalam Olimpiade saat ini," kata Nawaf seperti dilaporkan Al Watan. Komite Olimpiade Arab Saudi pun tidak bisa berkomentar apa-apa atas pernyataan Pangeran Nawaf itu.

Namun, Pangeran Nawaf memberikan kesempatan bagi atlet putri dari negaranya untuk berpartisipasi di Olimpiade London dengan jalur pribadi di luar delegasi resmi Arab Saudi. Hanya saja Komite Olimpiade Arab Saudi terlebih dahulu memastikan partisipasi atlet-atlet putri tersebut tidak bertentangan dengan hukum Syariah Islam yang berlaku.

Salah satu atlet putri Arab Saudi yang 'nekad' berpartisipasi di ajang olah raga bertaraf internasional adalah Dalma Rushdi Malhas. Dia berpartisipasi dalam Olimpiade Remaja yang diadakan di Singapura tahun 2010 lalu. Atlet putri tersebut bahkan memenangkan medali perunggu untuk cabang olah raga berkuda.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah berbicara dengan Komite Olimpiade Arab Saudi terkait pengiriman atlet-atlet putri Arab Saudi ke London. "Kami masih melakukan pembicaraan dan berusaha memastikan partisipasi atlet-atlet putri Arab Saudi," ujar pejabat IOC kepada Associated Press (AP).

Arab Saudi merupakan satu dari tiga negara yang tidak pernah mengirimkan atlet-atlet putrinya ke Olimpiade. Dua negara lainnya yaitu Brunei Darussalam dan Qatar. IOC pun berharap ketiga negara Islan tersebut mengirimkan perwakilan atlet-atlet putrinya untuk berpartisipasi di Olimpiade London untuk kali pertama.

Bulan lalu, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Jacques Rogge, kepada AP menyatakan adanya indikasi positif bahwa Arab Saudi akan mengirimkan atlet-atlet putrinya ke London. Sayangnya, kerajaan Arab Saudi pada akhirnya tidak mengizinkan atlet-atlet putri terbang ke London.

Adanya pengecualian dari pihak kerajaan Arab Saudi, Brunei dan Qatar ini pun menuai kritik dari Kepala Komite Olimpiade Internasional (IOC) bidang Olah raga dan Wanita, American Anita DeFrantz, sejak tahun lalu.

Proposal resmi untuk pengiriman atlet-atlet putri Arab Saudi dijadwalkan agar diserahkan kepada badan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Quebec, Kanada, tertanggal 23-25 Mei 2012.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan