KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Masalah Politik, Argentina Didepak dari Kalender MotoGP 2013

Posted: 23 Nov 2012 03:18 PM PST

KOMPAS.com - MotoGP menunda rencana untuk menggelar balapan di Argentina hingga tahun 2014. Keputusan ini diambil menyusul adanya benturan politik pemerintah setempat dengan pihak sponsor tim Honda.

Event di daratan Amerika Selatan itu, yang akan berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, sudah dijadwalkan menjadi putaran kedua pada kalender MotoGP musim 2013. Balapan bakal dilaksanakan pada 14 April.

Namun, permasalahan timbul akibat kontroversi pemerintah Argentina dengan Repsol, yang merupakan sponsor utama tim Honda MotoGP. Pemerintah Spanyol merekomendasikan bahwa keamanan personel Repsol tak terjamin saat pergi ke Argentina untuk ikut lomba.

Penyelenggara MotoGP, Dorna, sudah menetapkan batas akhir pada 18 November untuk mencari solusi. Tetapi sampai dengan deadline itu, tak ada kepastian sehingga keputusan yang diambil adalah, balapan di Argentina untuk kalender tahun 2013 ditiadakan.

"Pada 20 Juni 2012, pemerintah Spanyol merekomendasikan bahwa tim dan pebalap yang disponsori Repsol tidak akan pergi ke Republica Argentina dengan alasan keselamatan," demikian sebuah pernyataan Dorna, seperti dikutip dari Autosport, Jumat (23/11/2012).

"Oleh karena itu, perayaan di Gran Premio de la Republica Argentina pada 2013 masih ditangguhkan sambil menunggu rekomendasi.

"Batas akhir bagi Dorna Sports, pemegang hak komersial kejuaraan dunia MotoGP, secara resmi mengusulkan kalender MotoGP 2013 kepada FIM adalah 18 November.

"Pada tanggal 20 November, pemerintah Spanyol memberitahu melalui email kepada Sports Dorna mengenai penarikan rekomendasi tersebut, karena waktu untuk presentasi kalender sudah berakhir. Karena itu, tidak ada kemungkinan untuk memasukkan event MotoGP baru."

Dengan dibatalkannya GP Argentina, maka seri pembuka MotoGP musim 2013 di Qatar akan kembali mundur satu pekan menjadi 7 April. Seri kedua akan berlangsung di trek baru Austin pada 28 April.

Dorna menambahkan bahwa masih ada komitmen untuk memasukkan GP Argentina pada kalender MotoGP 2014. Balapan di Argentina terakhir kali berlangsung ketika MotoGP masih menggunakan nama kelas 500 cc, yang dilaksanakan di Sirkuit Buenos Aires pada 1998-99.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Garuda Ingin Awali NBL dengan Mulus

Posted: 23 Nov 2012 03:06 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ketiga liga basket Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2012-2013, bergulir 24 November hingga 2 Desember 2012 di GOR C-tra Arena, Bandung.

Di seri pembuka ini, tim tuan rumah, Garuda Kukar Bandung, berhasrat melewatinya dengan mulus. Pada gim pertama di hari pertama, tim Hangtuah Sumsel IM akan meladeni Stadium Jakarta. Selanjutnya, juara bertahan musim lalu, Satria Muda BritAma Jakarta akan melayani juara pramusim NBL, Pelita Jaya Esia Jakarta.

Laga ketiga adalah Garuda melawan CLS Knights Surabaya. Garuda memiliki motivasi tinggi untuk memenangi laga tersebut. Pada seri pembuka musim lalu, Garuda takluk 46-50 dari Satria Muda BritAma Jakarta. Garuda tidak ingin mengulangi pengalaman buruk itu musim ini.

Menghadapi CLS, Garuda memiliki catatan cukup baik. Pada musim regular tahun lalu, Garuda menyapu bersih kemenangan dari tiga pertemuan dengan CLS. Garuda pula yang ikut mengandaskan harapan CLS Knights di babak Championship Series.

"Namun kami tak boleh sedikit pun lengah. Anak-anak masih bermasalah dengan free throw dan permainan under basket. Dua hal tersebut harus dimaksimalkan, jika ingin kembali mengulang kemenangan melawan CLS," ucap AF Rinaldo, asisten pelatih Garuda dalam siaran pers, Jumat (23/11/2012).

Sebaliknya, CLS pun ingin memberikan yang terbaik. Di bawah kendali pelatih baru asal Filipina, Edward Vergeire Santos, CLS mengandalkan gaya permainan run and gun untuk meredam Garuda.

Coach Dong, sapaan akrab Edward Vergeire Santos, mengatakan, tidak ada instruksi khusus untuk meredam para pemain bintang Garuda, seperti Hendru Ramli.

"Kami tak akan fokus pada satu atau dua pemain. Anak-anak saya instruksikan untuk bermain agresif, dan terus memberikan pressure pada setiap pemain Garuda yang membawa bola," tegas Coach Dong.

Dedikasi untuk Andre Mamuaya Bandung, menggantikan Jakarta yang semula direncanakan untuk kota pembuka. Perubahan ini sebagai bentuk dedikasi untuk almarhum Andre Mamuaya, pemilik Garuda Kukar Bandung, yang wafat pada 21 Agustus lalu akibat kecelakaaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen