KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


2.012 Pembawa Obor Menuju Innsbruck

Posted: 21 Dec 2011 03:09 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.102 pembawa obor selama 18 hari membawa obor Olimpiade Musim Dingin Remaja 2012 ke Innsbruck, Austria.

Sesuai tradisi, api obor berasal dari pantulan sinar matahari pada cermin parabola di Kuil Hera di Stadion Panathinaiko, Olimpia Kuno, Olimpia, Yunani. Pada malam tahun baru, api obor akan menginap di Wina , ibu kota Austria.

Sesuai tradisi, api obor berasal dari pantulan sinar matahari pada cermin parabola di Kuil Hera di Stadion Panathinaiko, Olimpia Kuno, Olimpia, Yunani. Pada malam tahun baru, api obor akan menginap di Wina , ibu kota Austria.

Obor dibawa berkeliling Austria mulai 27 Desember 2011 hingga 13 Januari 2012. Api akan tiba di Stadion Bergisel pada 13 Januari kemudian untuk menyalakan kaldron hingga 22 Januari. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah bagi dua olimpiade sebelumnya yakni Olimpiade Musim Dingin 1964 dan 1976.

Apri dan lari berantai membawa obor menyimbolkan nilai-nilai dan ideal isme pada Gerakan Olimpiade. Mereka melambangkan kesempurnaan, persahabatan, dan penghormatan. Mereka juga menyalakan gairah dan keajaiban Olimpiade Musim Dingin Remaja Pertama.

Intinya, lari berantai membawa obor merupakan inspirasi harapan baru, impian baru, terutama di kalangan kaum muda dan mendorong seluruh dunia untuk mendapat pengalaman di Olimpiade Remaja bersama para atlet yang berlaga, kata residen Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge ketika hadir di Olimpia.

Hadir pula dalam upacara pengambilan api obor, Menteri Olahraga Austria Norbert Darabos, Presiden Komite Olimpiade Austria Karl Stoss, CEO Innsbruck 2012 Peter Bayer, dan Ketua Panitia Olimpiade Innsbruck Richard Rubatscher, Ketua Komisi Koordina si Innsbruck 2012 merangkap Presiden Federasi Internasional Ski Gian-Franco Kasper, Ketua Komisi Obor Spyros Zannias,serta Presiden Komite Olimpiade Yunani Spyros Capralos. 

Full content generated by Get Full RSS.

Perempuan Kini Pilih Muay Thai

Posted: 21 Dec 2011 12:56 PM PST

Bela Diri

Perempuan Kini Pilih Muay Thai

Ida Setyorini | Agus Mulyadi | Rabu, 21 Desember 2011 | 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Olahraga bela diri asal Thailand, muay thai, kini populer sebagai olah fisik yang dapat membakar kalori banyak dalam waktu relatif singkat.

Muay thai menjadi pilihan mereka yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk olah tubuh. Di sejumlah klub kebugaran di beberapa negara, terutama negara maju, muay thai menjadi pilihan kaum perempuan.

Sebanyak 70-75 persen peserta muay thai diikuti kaum perempuan. Biasanya mereka ke pusat kebugaran pagi hari.

"Umumnya, perempuan, seperti para ibu rumah tangga, memiliki banyak kesibukan sehingga mereka memilih muay thai yang menuntut konsentrasi penuh dan membakar banyak kalori, yakni dapat mencapai 1.000 kalori per jam," kata Stephan Fox (48), Sekretaris Jenderal Federasi Internasional Muaythai Amatir (FIMA) dan Wakil Presiden World Muaythai Council (WMC) di Jakarta, Rabu (21/12/2011) sore.

Stephan Fox datang ke Indonesia untuk memberi pelatihan kepada 190 instruktur fitnes dari Fitness First Indonesia di Assembly Hall, Graha Bapindo, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Menurut dia, para penggemar muay thai lainnya adalah para eksekutif atau pimpinan perusahaan.

Mereka tidak punya banyak waktu dan ingin olah tubuh yang menyeluruh. Muay thai merupakan olahraga yang efisien dan sangat disiplin. Seluruh tubuh bergerak, mulai dari tangan, kaki, pinggul, perut, hingga kepala sehingga kalori yang terbakar pun lebih banyak.

Jika memilih muay thai, mereka tidak bisa melaksanakannya sambil mendengarkan musik atau sibuk memainkan alat komunikasi apa pun. "Itu sebabnya, mereka suka muay thai karena menuntut konsentrasi," kata Stephan Fox.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen