Sindikasi sport.okezone.com

sumber :-

Sindikasi sport.okezone.com


FIA Rilis Regulasi Anyar F1 2012

Posted: 09 Jan 2012 03:00 AM PST

PARIS - Federasi otomotif dunia (FIA) akhirnya merilis regulasi baru yang mengatur overtaking, blocking, dan unlapping pada 2012. Diberlakukannya tata cara anyar ini tentunya untuk menciptakan balapan aman dan fair bagi para pembalap.

Diharapkan, regulasi baru ini bisa menekan manuver merugikan yang berujung menjadi bahan kontroversi di akhir balapan di musim kemarin. Salah satu regulasi yang mengalami perubahan adalah, saat pembalap berupaya mempertahankan posisi.

Untuk trik ini, FIA melakukan sedikit modifikasi di mana pembalap boleh kembali ke jalur balapan saat berusaha melindungi posisinya. Syaratnya, pembalap tersebut harus menyisakan ruang bagi pembalap di belakangnya untuk mendahului. Buntut dari aturan baru ini tidak lepas dari rekondisi persaingan antar tim pada musim 2012.

Sebagaimana dikutip YallaF1, Aturan tidak tertulis ini pun telah dipahami dan telah disepakati para pembalap dengan pengawasan ketat dari stewards yang memiliki wewenang menjatuhkan penalti kepada para peserta atas tindakan mereka di dalam lintasan yanng menimbulkan pertanyaan.

Keputusan FIA ini pun tertuang dalam artikel 20.3 yang berbunyi. "Perubahan manuver lebih dari satu kali untuk mempertahankan posisi tidak diizinkan. Setiap pembalap bisa kembali ke racing line, setelah sebelumnya mempertahankan posisinya di luar garis dan harus memberikan ruang setidaknya selebar satu mobil di antara mobilnya sendiri di pinggir trek saat mendekati tikungan."

Bukan hanya itu, FIA juga mengatur mobil yang dioverlap bisa kembali ke posisinya semula (unlapped) saat safety car keluar. "Jika direktur balapan menganggapnya aman untuk melakukannya, monitor waktu akan mencantumkan pesan: Lapped cars may now overtake. Bagi setiap pembalap yang dioverlap diminta untuk melewati mobil di depannya yang memimpin jumlah lap dan safety car."

Masih dalam pernyataannya, FIA merinci aturan barunya terkait izin mobil yang diovertaking bermanuver saat safety car keluar. FIA meminta agar pembalap tetap berkendara dengan aman dengan batas kecepatan maksimal.

"Setelah menyusul mobil yang jumlah lapnya di depan dan safety car, mobil ini (yang dioverlap) melanjutkan balapan dengan kecepatan sesuai, tanpa overtaking, dan mengambil posisinya kembali di belakang safety car, sementara mereka menyalip. Untuk memastikan hal ini aman, mobil yang memimpin lap harus selalu tetap di racing line, kecuali dengan penyimpangan yang tidak dapat dihindari," tulis pernyataan FIA.

Namun semua ini masih bergantung pada kondisi trek. Jika direktur balapan mempertimbangkan tidak bisa menyalip maka pesan yang tercantum di monitor waktu tertulis: Overtaking will not be permitted. Artinya, mobil yang berada di belakang safety car, tidak boleh bermanuver sampai proses unlapped mobil paling terakhir selesai. (edo)

Full content generated by Get Full RSS.

Clijsters Berharap Bisa Fit

Posted: 09 Jan 2012 02:21 AM PST

BRISBANE - Badai cedera nampaknya tidak pernah berhenti menghampiri petenis putri Belgia. Baru-baru ini, Clijsters harus kembali berurusan dengan tim medis lantaran mengalami cedera saat tampil di ajang Brisbane International beberapa hari lalu.
 
Imbas dari cederanya, Clijsters harus mengundurkan diri dari pertandingan semifinal kontra Daniela Hantuchova. Dari hasil scan MRI awal, Clijsters didiagnosa mengalami kejang otot tensor fascia lata, otot di luar bagian pinggul, yang menyebabkannya merasakan sakit saat bergerak ke depan.
 
Kendati dibalut cedera, Clijsters optimistis bisa tampil pada 16 hingga 29 Januari 2012 mendatang di ajang Australia Open. Dia merasa, kondisinya kini telah baikan dan siap mempertahankan gelar yang direbutnya di Negri Kanguru pada tahun lalu.
 
"Dengan satu ini (cedera), saya semacam memiliki perasaan baik-baik saja," kata Clijsters dikutip Eurosport, Senin (9/1/2012). Mantan petenis peringkat satu dunia itu pun berharap banyak, proses pemulihannya berjalan sesuai rencana agar tidak merusak persiapannya untuk tampil optimal di Melbourne.
 
"Jika semuanya datang baik-baik saja. Seharusnya kurang dari sepekan untuk sembuh. Saya merasa pinggul saya lebih keras hingga mencapai titik di mana saya tidak bisa bergerak ke depan dengan bagian atas tubuh saya," sambungnya.
 
Untuk mencegah kondisi yang kian kompleks, Clijsters pun mengungkapkan akan terus berupaya memperbaiki kebugarannya. "Pilihan cerdasnya, tidak membuat hal itu lebih buruk dan mencoba semuanya dengan benar untuk Melbourne," tuntas petenis 28 tahun itu.
(edo)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan