ANTARA - Olahraga

sumber :-

ANTARA - Olahraga


Inggris dan Prancis wakili Grup D ke perempatfinal

Posted: 19 Jun 2012 01:37 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Kendati kalah 2-0 dari Swedia yang sudah lebih dulu tersingkir, Prancis tetap lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2012 mendampingi juara Grup D Inggris yang mengandaskan upaya tuan rumah Ukraina.

Debut Wayne Rooney di putaran final Piala Eropa 2012 berbuah manis setelah gol semata wayangnya di awal babak pertama laga penentuan Inggris vs Ukraina membawa Inggris lolos sekaligus menjadi juara grup.

Umpan Steven Gerrard gagal ditepis kiper Ukraina dan bola melambung ke sebelah kanan gawang segera disambut kepala Rooney yang bebas tanpa penjagaan siapa pun.

Inggris pun unggul 1-0 atas  Ukraina.

Sementara dalam laga Prancis dan Swedia, Zlatan Ibrahimovic dan Sebastian Larsson membuat Swedia mengungguli Prancis 2-0. Gol akrobatik Ibrahimovic pada menit 54 membuka gol Swedia dalam laga yang bisa disebut hanya untuk menjaga gengsi Swedia yang dua kali kalah pada laga-laga sebelumnya.

Hasil ini tak berarti apa-apa buat Swedia selain menebalkan kebanggaan semata, sekaligus tak menggeser peluang Prancis ke babak perempatfinal karena aman dengan poin 4 setelah hasil Inggris vs Ukraina yang justru membuat nyaman Prancis.

Inggris keluar sebagai juara grup dengan mengemas poin 7, sedangkan Prancis menyusul di urutan dua dengan poin 4.  Tuan rumah sendiri terpaku di nilai 3 karena tak bisa setidaknya mengimbangi Inggris yang berubah agak bertahan di babak kedua.

Inggris akan ditantang sesama mantan juara dunia dan Eropa Italia pada perempatfinal nanti, sedangkan Prancis akan menjajal jawara Eropa Spanyol.

Laga Inggris vs Italia dan Prancis vs Spanyol akan menjadi dua dari tiga laga "real final" pada turnamen akbar se-Eropa ini. (*)

Inggris melaju ke perempatfinal

Posted: 19 Jun 2012 01:35 PM PDT

Donetsk (ANTARA News) - Inggris sukses melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan Ukraina 1-0 di laga terakhir Grup D Piala Eropa 2012.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Rooney akhirnya berhasil memenuhi ekspektasi. Satu sundulan dari umpan Gerrard melesak ke sudut kanan gawang Ukraina yang tak terjaga membuahkan gol pembuka untuk Inggris. Senyum lebar terkembang di wajah Rooney yang awalnya miskin keceriaan di babak pertama.

Semangat Inggris tergenjot dengan gol pembuka ini. Beberapa peluang emas berhasil dibuat Inggris untuk mengoyak gawang yang dijaga Pyatov namun masih gagal dieksekusi menjadi gol tambahan untuk The Three Lions.

Milevskiy nyaris menyamakan kedudukan, bola tidak mampu dihalau Hart di menit ke-63. Namun Ukraina gagal bersorak sorai karena John Terry segera membuang bola yang nyaris masuk ke gawang Inggris.

Permainan semakin memanas dan lebih agresif dari babak pertama. 

Milner memberi peluang gol, Rooney gagal memanfaatkannya dan bola kembali ditangkap Cole. Namun tembakan Cole berhasil ditepis Pyatov.

Di menit ke-70 Theo Walcott pun diturunkan menggantikan James Milner. Ukraina juga melepas senjata ampuhnya, Shevchenko turun ke lapangan menggantikan Devic. Sang tuan rumah jelas berharap Shevchenko bisa membawa kemenangan untuk Ukraina. 

Tuan rumah kembali menguji kemampuan Joe Hart di menit ke-75 lewat Konoplyanka. Hart terbukti masih bisa melindungi gawang Inggris.

Oleh Blokhin yang ketar-ketir segera mengotak-atik timnya. Milevskiy kini digantikan Butko. Sementara Garmash kini duduk di bangku cadangan digantikan Nazarenko.

Dia mencoba menggoyahkan gawang Hart namun tembakannya melambung ke atas mistar.

Danny Welbeck pun digantikan Andy Carroll di menit ke-83.

Wayne Rooney pun digantikan Alex Oxlade-Chamberlain empat menit kemudian. 

Ukraina hingga detik terakhir gagal menyamakan kedudukan. Masih ada tiga menit waktu tambahan sebagai kesempatan bagi tuan rumah untuk mengubah nasib.

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tidak berubah. Inggris unggul 1-0 atas Ukraina. 

Lima kartu kuning bertebaran di babak ini, Steven Gerrard, Ashley Cole, Yaroslav Rakitskiy, dan Anatoly Tymoschuk, dan Andriy Shevchenko.

Menurut data statistik ESPN, tingkat akurasi tendangan Ukraina paling rendah se-Piala Eropa 2012, hanya 17 persen.

Walau Ukraina mendominasi penguasaan bola sebanyak 57 persen dengan 16 peluang, sang tuan rumah gagal melaju ke perempat final. (nan)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan